Harga Tiket Masuk dan Tempat Wisata Pantai Pamayangsari - WisataHits
wisatahits

Harga Tiket Masuk dan Tempat Wisata Pantai Pamayangsari

Harga Tiket Masuk Pantai Pamayangsari : Gratis Jam Buka : 07:00 – 19:00No. Telepon: GratisAlamat: Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat., Indonesia, 46189

Pantai Pamyangsari destinasi rekreasi keluarga berupa wisata bahari alam yang dipenuhi perahu nelayan. Selain berfungsi sebagai kawasan wisata, kawasan ini juga digunakan untuk pelelangan ikan. Banyak nelayan yang menjual langsung hasil tangkapannya kepada pengunjung di sekitar tempat wisata. Keuntungan membeli ikan di sini adalah harganya murah dan ikannya segar.

Di sekitar kawasan ini terdapat dua menara yang menjadi ikon Pantai Pamayangsari. Ini terdiri dari menara cahaya dan menara observasi. Melalui salah satu menara tersebut, pengunjung dapat melihat keindahan laut dari ketinggian. Misalnya menyaksikan panorama sunset yang memancarkan cahaya dari ufuk barat.

Harga Tiket Masuk Pantai Pamayangsari

Mengunjungi Pantai Pamayangsari tidak perlu membayar biaya masuk. Wisatawan dapat masuk dan keluar dengan bebas tanpa harus membayar sepeser pun.

Harga Tiket Masuk Pantai Pamayangsari
Tiket masuk Gratis

Jam buka

Pantai ini selalu buka 24 jam sehari. Bahkan jika pengunjung yang datang mulai menumpuk di sore hari.

Jam buka
Setiap hari 07.00 – 19.00

Pantai Pamayangsari

Sejak awal keindahan Pantai Pamayangsari sudah terkenal seantero Kabupaten Tasikmalaya. Sejak tahun 1973 hingga saat ini hampir tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Tak heran jika kawasan sekitar pantai menyimpan berbagai pesona dan daya tarik yang menakjubkan. Diantaranya adalah Thanksgiving at Sea, Breakwaters, Twin Towers dan Fish Auction.

Atraksi Ritual Syukur Laut

Daya tarik utama dari pantai ini adalah Ritual Pengucapan Syukur Laut, sebuah prosesi pelepasan sesaji ke laut yang di tempatkan dalam sebuah kapal yang disebut Jepang. Bagian dalamnya berisi 7 bunga dengan 2 ekor sapi. Terdiri dari kepala sapi dan bule munding atau kambing hitam.

Biasanya Syukuran Laut berlangsung pada awal bulan Muharram pada tahun Hijriah. Para nelayan akan menggelar sesajen dan mencoba berebut air di sekitar jampana. Masyarakat setempat percaya bahwa air yang dituangkan ke dalam bejana tersebut akan membawa rejeki yang melimpah.

Toh, prosesi syukuran di tepi laut sudah usai. Selain itu, warga akan menggelar acara hiburan seperti pertunjukan dangdut dan kesenian daerah. Kemudian pada malam hari ada pasar malam dengan berbagai wahana seru. Semua acara ini diprakarsai oleh pemuda setempat.

Baca: Tiket dan Wahana Ampera Tasik Water Park

Menara kembar

View menara kembar dari pantai Pamayangsari.Pantai Pamayangsari memiliki ikon menara kembar berupa menara mercusuar dan menara observasi. Foto: Googlemap/Asep Apandi Saputra

Salah satu hal ikonik dari pantai ini adalah adanya 2 menara yang berdiri kokoh. Ini adalah menara mercusuar dan menara pengawas. Penduduk setempat biasanya menyebutnya Menara Kembar. Posisinya berada di ujung pantai bersebelahan dengan pemecah gelombang.

Dari dua menara tersebut, pengunjung hanya diperbolehkan masuk ke menara observasi. Bangunannya beton dan ada tangga melingkar di dalamnya. Satu set tangga bisa menjadi jalan untuk mencapai lantai atas. Memang sedikit melelahkan, tapi semua terbayar dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Sesampainya di puncak, wisatawan bisa melihat hamparan laut biru dengan ombak yang bergulung. Kemudian di sisi lain Anda juga bisa melihat beberapa rumah penduduk setempat dan areal persawahan. Karena keindahan alamnya, tempat ini sering menjadi pilihan spot foto. Atau bisa juga menjadi tempat bersantai sambil menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi.

Baca: Tiket & Wahana TEEJAY Waterpark Tasik

Pemecah Gelombang Eksotis

Batu pemecah gelombang pantai Pamayangsari.Lokasi spot pemecah batu menawarkan sensasi berfoto dengan latar belakang hamparan laut biru yang luas. Foto: Googlemap/Risye Barbara

Daerah sekitar pantai memiliki area pemecah batu karang. Bentuknya berupa bongkahan batu besar yang berada di sekitar pantai. Fungsi utama dari batu ini adalah untuk memblokir gelombang pantai selatan yang terkenal. Tujuannya, selain untuk mencegah abrasi pantai, juga untuk memudahkan para nelayan memarkir perahu.

Batuan ini membentang di sepanjang pantai dari barat ke timur. Hingga berakhir di 2 menara kembar tadi. Tidak jarang wisatawan datang ke kawasan bebatuan ini untuk berfoto. Selain lebih dekat dengan laut, bebatuannya sendiri juga memiliki tampilan yang eksotis.

Baca: PANTAI SINDANGKERTA Tasik: tiket dan berbagai aktivitas

Pelelangan ikan

Aktivitas jual beli ikan di Pantai Pemayangsari.Pusat penjualan ikan termurah di Kabupaten Tasikmalaya. Foto: Googlemap/Elegi Zuhri

Selain menawarkan keindahan laut, ternyata Pantai Pamayangsari juga menjadi pusat pelelangan ikan. Di sini pengunjung bisa membeli ikan langsung dari para nelayan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan tidak menguras kantong.

Setiap hari kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin membeli ikan. Jika tidak ingin ketinggalan, lebih baik datang sekitar pukul 10.00 pagi. Karena pada jam tersebut para nelayan baru saja pulang dari melaut. Tentunya membawa hasil tangkapan ikan yang masih segar.

Menariknya, ikan yang dibeli lebih awal bisa diproses di hari yang sama. Pengunjung bisa membawanya ke warung-warung terdekat di sekitar pantai. Wisatawan tinggal memberikan ikan dan menunggu beberapa menit hingga makanan selesai dimasak.

Pemandangan matahari terbenam yang bagus

Pesona Pantai Pamayangsari tidak berhenti pada keindahan lautnya saja, kawasan ini juga memiliki panorama sunset yang sangat indah. Menjelang sore, pengunjung bisa menikmati cahaya keemasan yang memancar dari arah barat. Dimana saat itu matahari hendak meninggalkan singgasananya.

Pemandangan matahari terbenam muncul dari setiap sudut pantai. Namun tempat yang paling cocok untuk melihatnya adalah di puncak menara observasi. Di sana, pengunjung bisa melihat matahari terbenam dengan mata telanjang. Ukuran matahari nampaknya sangat besar dan seolah-olah jaraknya begitu dekat.

Meredakan

Meskipun wisata ini tidak memungut biaya tiket masuk pengunjung. Namun fasilitas penunjang yang tersedia sudah cukup. Mulai dari tempat parkir mobil yang cukup luas, toilet yang bersih, dan keberadaan beberapa tempat makan. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, bisa menyewa penginapan di sekitar pantai.

Lokasi Pantai Pamayangsari

Alamat lengkap Pantai Pamayangsari terletak di Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Ke pantai ini, wisatawan bisa naik kendaraan umum dari terminal Indihiang Tasik. Rute perjalanan yang dipilih adalah Tasikmalaya – Cipatujah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button