Rowo Jombor, tempat rekreasi menikmati sunset di Klaten - WisataHits
wisatahits

Rowo Jombor, tempat rekreasi menikmati sunset di Klaten

Rowo Jombor adalah salah satu destinasinya Waduk di Klaten Jawa Tengah yang Menarik untuk Dikunjungi. Waduk ini menawarkan pemandangan alam yang indah, spot sunset terbaik dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas fasilitas wisata.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Krakitan, Kec. Bayat, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Klaten merupakan wilayah yang menjadi bagian dari provinsi Jawa Tengah yang menawarkan banyak pilihan destinasi wisata alam. Jika Anda pernah mendengar tentang Rowo Jombor, pengetahuan wisata Anda tidak perlu diragukan lagi. Itu nama yang ada di daftar kebanggaan lingkungan, pemandangan yang dikelilingi oleh perbukitan hijau adalah daya tarik utama.

Rowo Jombor sendiri merupakan waduk yang dibuat untuk mengurangi dampak banjir saat musim hujan. Keberadaannya difungsikan untuk menampung air dari sungai-sungai yang tidak lagi ditampung, agar tidak meluap ke pemukiman penduduk. Namun karena pesona lingkungan alamnya, banyak orang yang akhirnya mulai menjadikannya sebagai tujuan wisata.

Apa hebatnya reservoir buatan? Ini harus menjadi apa yang ada dalam pikiran Anda saat ini. Pelajari lebih lanjut tentang pesona dan kecantikannya di bawah ini.

Atraksi Rowo Jombor

Atraksi Rowo JomborKredit Gambar: Agenda Instagram untuk Solo

1. Pemandangan perbukitan

Daya tarik utama yang dimiliki adalah pemandangan perbukitan yang indah dan juga sangat menyegarkan mata. Keberadaannya menjadi penghias sepanjang bentangan waduk. Dari ujung ke ujung, pemandangan rimbunnya rerimbunan bukit yang menghijau begitu indah dan tiada habisnya.

Pemandangan indah di sekitar waduk selalu menarik pengunjung untuk singgah dan menghabiskan waktu melintasinya. Keindahan ini tidak hanya bisa dibayangkan, Anda bisa menikmatinya secara langsung dengan datang berkunjung langsung saat berada di kawasan tersebut. Ini tentu menjadi kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.

2. Restoran Terapung

Selain memiliki suasana yang sangat menawan dan pemandangan alam dengan dedaunan hijau di perbukitan sekitarnya, ada kelebihan lain dari tempat ini, yaitu adanya warung makan terapung. Jika Anda pernah mendengar tentang pasar terapung di Kalimantan Selatan, Anda juga bisa menemukan lokasi dengan konsep serupa di Jawa.

Usulan restoran terapung ini menjadi daya tarik pengunjung untuk datang dan merasakan sensasi kuliner yang berbeda dari biasanya. Ada beberapa menu seafood yang bisa Anda nikmati sambil berkeliling tangki air dengan menggunakan perahu. Tentu rasa dan rasanya akan berbeda saat memakannya dari warung di daratan seperti pada umumnya.

Alamat dan Arah Lokasi Rowo Jombor

Alamat Rowo JomborKredit gambar: Google Maps Syndi Oktariyani

Bagi Anda yang baru mendengar keberadaan tempat wisata ini, alamat lengkapnya ada di Desa Krakitan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Posisinya sangat dekat dengan pasar Jimbang, bagi warga sekitar tentunya sudah tidak asing lagi dengan lokasinya. Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung atau berencana berkunjung, Anda dapat menggunakan peta sebagai alat bantu.

Namun, ada juga alternatif lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengikuti beberapa rute terdekat dari wilayah asal Anda. Jika Anda berasal dari wilayah Surabaya dan sekitarnya, Anda bisa memulai perjalanan ke wilayah Jawa Tengah dimulai dengan jalan menuju wilayah Ngawi.

Kemudian dilanjutkan ke Kartosuro melalui jalan To Ngawi. Lanjut ke Klaten, lalu Jimbung dan Rowo Jombor.

Jika memulai dari Yogyakarta, maka Anda bisa memilih jalur pertama menuju Maguwo, melewati Kalasan, dan juga Prambanan. Setelah itu lanjut ke Jagonlan, lalu Klaten dan finish di area terdekat yaitu Jimbung, lalu sampai di tempat tujuan.

Jika Anda warga sekitar Klaten, tentu hal ini menjadi kabar gembira karena waktu tempuh akan lebih singkat. Anda bisa memulainya dari jalan Alun-Alun sampai ke bukit Sidoguro. Setelah itu, Anda hanya perlu berjalan kaki melewati area stasiun Klaten menuju SDN I Jimbung. Dari situ belok kanan di perempatan menuju pasar Jimbung, lokasinya tidak jauh dari sana.

Harga Tiket Masuk Wisata Rowo Jombor Klaten

Tiket Rowo JomborKredit Gambar: Google Maps Yogapangestu Wibowo

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Rowo Jombor, Anda perlu menyiapkan uang untuk tiket masuknya, yaitu Rp 5.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk sewa tempat pemancingan, serta parkir. Namun, biasanya hal ini termasuk dalam perhitungan yang murah dan ramah kantong. Karena Anda tidak dibatasi waktu dalam berkunjung.

Jam operasionalnya berbeda-beda, setiap spot biasanya memiliki kondisi yang berbeda-beda. Jika ingin menikmati restoran terapung, Anda bisa datang pada jam 9 pagi dan sebelum jam 9 malam. Sedangkan bagi Anda yang datang untuk tujuan memancing, Anda bisa datang kapan saja karena buka 24 jam sehari tanpa batas waktu.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Rowo Jombo

Kegiatan Rowo JomborKredit gambar: Google Maps Siswanto Cespo

1. Perburuan Foto

Siapa disini yang punya hobi fotografi? Kabar gembira bagi siapa saja yang suka berburu tempat untuk foto, karena wisata alam yang indah ini menjadi pilihan tempat yang menyimpan banyak spot untuk diabadikan. Pemandangan dari waduk itu sendiri juga cukup menjadi latar belakang yang indah. Apalagi dengan hijaunya perbukitan yang mengelilinginya, tentu sangat tepat menjadi objek utama.

Selain itu, aktivitas di masyarakat sekitar juga bisa dijadikan poin menarik dalam bidikan Anda. Banyak sekali jenis pemandangan dan fenomena alam seperti sunrise dan sunset yang juga bisa diabadikan. Tentunya tempat ini bisa menjadi surganya para fotografer apalagi harga tiket masuknya juga sangat murah. Selain itu, jam berkunjung juga tidak dibatasi.

2. Memancing

Hampir semua waktu luang yang Anda miliki dapat difasilitasi karena berbagai kegiatan menarik dapat dinikmati di sini. Selain sebagai salah satu tempat terbaik bagi para fotografer atau orang yang suka mencari spot foto, juga sangat cocok bagi Anda yang hobi memancing. Anda bisa memancing di Rowo Jombor hanya dengan Rp 10.000.

Biasanya orang yang datang mencari ikan melakukannya sampai gelap. Menurut pengelola, tempat ini buka 24 jam sehari tanpa batasan apapun. Jadi bagi Anda yang sibuk dan bekerja hingga sore hari sebelumnya masih bisa datang dan memancing di malam hari. Anda dapat membawa pancing sendiri dari rumah atau menyewanya di lokasi.

3. Wisata kuliner

Jangan khawatir kehabisan ide untuk menghabiskan waktu liburan di Rowo Jombor, karena akan ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana, termasuk bagi yang suka makan. Ada warung terapung yang menjual berbagai jenis olahan hasil laut. Harga dan sensasi yang ditawarkan berbeda dan layak untuk diputar balik.

Apalagi menjelang sore hari, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya di kawasan waduk. Anda bisa menemukan pedagang yang menjajakan cilok, siomay dan berbagai jajanan pinggir jalan lainnya yang tentunya cocok dinikmati sambil menunggu matahari terbit di tepi waduk. Kegiatan ini sangat sederhana, ramah dan tentunya penuh.

4. Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit

Saat sore menjelang, Anda akan melihat banyak orang berhenti dan bersantai di sekitar waduk sambil menunggu indahnya cahaya matahari terbenam. Warna langit jingga kemerahan menyiratkan cahaya yang menenangkan jiwa semua orang yang memandangnya. Selain itu, pepohonan dan perbukitan di sekitarnya menambah keindahannya.

Tangki Rowo Jombor benar-benar dibangun di tempat yang tepat dengan tempat yang menarik. Bahkan kegiatan seperti ini juga bisa dilakukan di sana. Seperti menjadi tempat dengan sejuta fungsi dan pesona.

Beginilah cara orang menghabiskan sore hari, menikmati angin sepoi-sepoi, menatap jauh ke perbukitan dan melihat secara langsung semburan cahaya yang luar biasa saat matahari terbenam.

5. Ikuti tur perahu

Waduk yang luasnya 198 hektar ini bisa dijelajahi dengan menyewa perahu. Anda dapat menghemat uang untuk membayar sewa dan menjelajahi setiap sudut. Biasanya tiket yang dikenakan untuk fasilitas tersebut hanya berkisar Rp 10.000,- per orang, dengan syarat satu perahu diisi 9 orang.

Jika Anda tertarik untuk melakukan aktivitas ini, sebaiknya datang pada pagi hari karena tidak terlalu panas dan masih sejuk. Jika tidak bisa, Anda juga bisa datang nanti sore, sambil menikmati sunset. Terakhir, jangan datang saat musim hujan, air akan meluap dan pengelola tidak akan memberikan izin untuk melakukan aktivitas ini karena cukup berbahaya.

Fasilitas yang tersedia di Rowo Jombor Klaten

Fasilitas Rowo JomborKredit gambar: Google Maps di ackub

Mengenai peralatan yang tersedia cukup lengkap karena terdapat tempat parkir mobil yang luas dan dapat menampung kendaraan roda dua atau empat. Selain itu, ada juga toilet sebagai fasilitas umum yang bisa digunakan. Jika Anda ingin menunaikan ibadah wajib bagi umat Islam yaitu shalat fardu, Anda bisa menggunakan mushola yang telah disediakan.

Demikian uraian singkat tentang pesona dan keunggulan wisata Rowo Jombor Klaten. Tentunya lebih hemat membawa peralatan penunjang dari rumah daripada harus menyewa, seperti joran dan juga kamera untuk berfoto. Jika Anda berkunjung selama pandemi, ingatlah untuk mengikuti protokol kesehatan untuk memastikan liburan yang aman.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button