Harga tiket, fakta dan mitos - WisataHits
Jawa Tengah

Harga tiket, fakta dan mitos

Harga tiket, fakta dan mitos

semarang

Kabupaten Semarang merupakan daerah dengan banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah kompleks Candi Gedong Songo dengan arsitektur dan pemandangan yang indah.

Salah satu hal yang menarik dari Candi Gedong Songo adalah jumlahnya. Kompleks candi di sini hanya berjumlah lima, bukan Songo atau sembilan seperti namanya. Karena sisanya hanyalah puing-puing.

Sejarah Candi Gedongsongo

Dikutip dari situs Peta Budaya Kemendikbud, kompleks Candi Gedong Songo diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Sanjaya. Pasalnya, Candi Gedong Songo yang berlatar belakang agama Hindu ini memiliki kemiripan arsitektur yang sama dengan kompleks candi di Dieng, Wonosobo.

Seseorang bernama Loten mengungkapkan keberadaan candi ini pada tahun 1740 M. Kemudian, pada tahun 1840 M, Gubernur Thomas Stamford Rafflesia melaporkan kompleks tersebut sebagai candi Pitoe karena hanya tujuh yang ditemukan. Kemudian arkeolog Belanda Van Stein Callenfels pada tahun 1908 dan Knebel pada tahun 1911 menemukan dua candi lagi dan namanya menjadi Kompleks Candi Gedong Songo.

Pemugaran Candi Gedong Songo dilakukan secara bertahap pada tahun 1931 yang diawali oleh Dinas Purbakala pada masa penjajahan Belanda. Pada tahun 1972-1982 pemerintah Indonesia juga melakukan pemugaran.

Kemudian pada tahun 1997 dilakukan penataan kompleks oleh Balai Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jawa Tengah. Kompleks Candi Gedong Songo ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya nasional melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 195/M/2015 pada tanggal 26 Oktober 2015.

Keunikan kompleks Sembilan Candi

Mengambil nama Candi Gedong Songo, banyak yang mengira akan ada sembilan candi. Namun, ternyata hanya lima kompleks candi yang masih utuh.

Pembagiannya dari Gedung Candi I sampai dengan Gedung Candi V yang berada paling atas. Lainnya adalah puing-puing atau reruntuhan.

Dikutip dari buku Hasil Pemugaran dan Temuan Benda Cagar Budaya PJP I, kelima candi tersebut adalah:

1. Candi Gedong I
Candi Gedong I terletak paling dekat dengan pintu masuk kompleks candi. Berada di ketinggian 1.209,40 meter di atas permukaan laut.

2. Candi Gedong II
Lokasi bagian candi ini berada di ketinggian 1.264,64 meter di atas permukaan laut dan berjarak sekitar 337 meter barat laut Candi Gedong I.

3. Candi Gedong III
Lokasi Candi Gedong III berjarak sekitar 117,5 meter dari Candi Gedong II.

4. Candi Gedong IV
Terletak di sebelah barat Kelompok Candi Gedong III, candi ini merupakan kelompok terbesar di Kompleks Candi Gedong Songo.

5. Candi Gedong V
Candi Gedong V terletak di atas bukit sekitar 1.310 meter di atas permukaan laut. Di kawasan ini terdapat candi utuh dan reruntuhan dua candi lainnya.

Kunjungan ke Candi Gedong Songo

Terdapat tiket masuk untuk mengunjungi Candi Gedong Songo yang diperuntukkan bagi pengunjung berusia lima tahun ke atas. Udara di kompleks candi ini sejuk karena berada di daerah pegunungan.

Untuk mengelilingi semua candi akan membutuhkan stamina yang lebih karena letaknya yang berjauhan. Tapi jangan khawatir, ada jasa sewa kuda untuk menjelajahi kompleks Candi Gedong Songo.

Biaya masuk ke Candi Gedong Songo

  • Wisatawan Domestik Rp 15.000
  • Turis asing Rp 75.000

jam operasi

Sewa menunggang kuda

  • 70.000-110.000 IDR tergantung jarak tempuh.

Pelajari mitos kompleks candi Gedong Songo.

Simak video “Semarang dilanda banjir, warga diimbau tidak keluar rumah.”
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button