Prodi Bahasa Arab UM ditempati oleh 32 Prodi Bahasa Arab di Indonesia untuk menandatangani perjanjian kerjasama - WisataHits
Jawa Tengah

Prodi Bahasa Arab UM ditempati oleh 32 Prodi Bahasa Arab di Indonesia untuk menandatangani perjanjian kerjasama

Malang, Tugumalang.id – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Negeri Malang tersanjung bermitra dengan 32 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang mengikuti kegiatan bertajuk “Rakernas dan lokakarya tentang praktik terbaik kurikulum PBA berbasis MBKM, Bedah Instrumen Lamdik APS dan Akreditasi Internasional (AQAS)’.

Rakernas dilaksanakan di El Hotel Kartika Wijaya Batu Jl. dari pada. Pangdam Sudirman No. 127 Pesanggarahan Batu, Malang, Jawa Timur, Rabu s/d Jumat tanggal 24 s/d 26 Agustus 2022 dari pukul 0800 WIB hingga 2200 WIB. Kegiatan PPPBA & SEMILOKA RAKERNAS ini bertujuan untuk mewujudkan program pelatihan bahasa Arab yang unggul dan maju di Indonesia.

Panitia kegiatan ini adalah prodi PBA UM, UIN, UNISMA dan UMM. Direktur Kursus PBA UM, Dr. Hanik Mahliatussikah telah dipercayakan dengan kegiatan tersebut sebagai Chief Executive.

105 peserta dari 81 prodi PBA hadir dalam Raker & Workshop Nasional tersebut. Masih ada lebih dari 60 program studi yang tidak bisa mengikuti di kampusnya masing-masing karena acara yang sama.

Hadir dalam acara ini para direktur kursus/Kajur/Kadep beserta sekretarisnya serta tim kurikulum dan mata kuliah membosankan. Dr. Tulus Musthofa, MA selaku Ketua IMLA’ Indonesia bersama dengan Dr. Dedih Wahyudin M.Ag selaku Ketua Umum PPPBA Indonesia turut memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Pembicara dalam Rakernas & Workshop ini adalah Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum, dari PBA Universitas Negeri Malang, Dr. Abd Syakur, M.Pd, dari UMS, Dr. Nurhadi, MA, dan UIN Sunan Kalijaga serta Dr. Singgih Kuswardono, MA dari Universitas Negeri Semarang dan Prof DR Yayan Nur Bayan dari Universitas Normal Indonesia.

Pada hari pertama setelah pembukaan, dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) antar program studi dan antara program studi dengan asosiasi/Ikatan Program Studi PBA Indonesia. Malam harinya dilanjutkan dengan Materi Best Practice Kurikulum PBA berbasis MBKM, FGD Kurikulum dan Hasil Presentasi FGD, kemudian dilanjutkan ke Presentasi Materi APS Lamdik dan dilanjutkan dengan Presentasi Materi Akreditasi Internasional AQAS.

Program studi PBA Universitas Negeri Malang ditugaskan untuk memberikan materi Praktek terbaik Kurikulum MBKM dan akreditasi AQAS internasional. Penugasan ini tidak dapat dipisahkan dengan pengalaman gelar ini dalam pelaksanaan MBKM yang terus berlanjut sejak Kementerian meluncurkan MBKM pada tahun 2020, pengalaman menerima beasiswa gelar pusat keunggulan (CoE) atas pelaksanaan MBKM pada tahun 2021.

Dr. Hanik Mahliatussikah selaku Ketua Program Studi PBA Universitas Negeri Malang juga diminta berbagi pengalamannya dalam akreditasi internasional AQAS guna meningkatkan motivasi dan semangat prodi PBA lainnya untuk akreditasi internasional.

Pengalaman prodi PBA UM mendorong pimpinan prodi PBA UM dari berbagai daerah di Indonesia untuk bekerjasama dengan prodi PBA UM. Sebagai program studi yang sudah ada sejak lama yaitu sejak tahun 1965, Program Studi PBA UM juga telah menerima berbagai tawaran kerjasama.

Karena kemajuan bahasa Arab di Indonesia tidak hanya terlihat melalui satu mata kuliah saja, tetapi harus dihasilkan dari banyak mata kuliah. Dengan kerjasama ini, diharapkan kelulusan program studi bahasa Arab dapat lebih meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Pada hari terakhir, Jumat 26 Agustus 2022, setelah kegiatan selesai dilaksanakan city tour di tempat wisata Selecta Batu. Kegiatan ini merupakan kegiatan refreshing setelah 2 hari penuh materi yang menguras konsentrasi, tenaga dan pikiran peserta Rakernas dan Workshop.

Kegiatan ini berhasil meningkatkan keakraban para peserta yang rata-rata adalah direktur kursus. Dengan keakraban ini, diharapkan kerjasama dan kerjasama yang akan dilakukan dapat lebih mudah diwujudkan hingga tercapainya tujuan bersama yaitu peningkatan kualitas program studi PBA di Indonesia.

Penerbit: jatmiko

Source: tugumalang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button