Bukit Paralayang Watugupit, tempat terbaik untuk menikmati panorama sunset di Jogja - WisataHits
wisatahits

Bukit Paralayang Watugupit, tempat terbaik untuk menikmati panorama sunset di Jogja

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 05.00–18.30 WIB, Alamat: Giricahyo, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Sekitar sore hari, saat matahari mulai terbenam, biasanya waktu itulah yang dinanti-nanti banyak orang. Apalagi saat cuaca bagus, keindahan matahari sore pasti akan lebih terasa. Dan lagi, menikmati sunset dari atas laut pasti akan membuat momen romantis yang tercipta semakin kuat.

Bukit Paralayang Watugupit di Gunung Kidul bisa menjadi tempat yang indah untuk melihat sunset atau matahari terbenam. Tempat wisata ini akan memanjakan mata Anda dengan pemandangan pantai Parangtritis dari ketinggian dan sunset.

Kabupaten ini sudah sangat populer di kalangan penduduk Yogyakarta dan sekitarnya. Menyenangkan untuk bepergian dengan keluarga, teman atau sendirian. Keindahan alam yang begitu memukau dari tempat wisata di tempat wisata ini pasti akan memberikan pengalaman berwisata yang tak terlupakan.

Atraksi Bukit Paralayang Watugupit

Atraksi Bukit Paralayang WatugupitKredit Gambar: Google Maps Soul Incubator

1. Lihat Atlet Paralayang

Salah satu daya tarik bukit paralayang ini adalah melihat para atlet paralayang terbang di atas pantai. Jika Anda tertarik, Anda juga bisa mencoba olahraga ekstrim ini. Tidak perlu khawatir dengan keamanan, karena Anda akan dipandu langsung oleh ahlinya. Dan Anda bisa menikmati keindahan pantai dari atas.

2. Panorama yang menakjubkan di atas bukit

Bukit dengan lokasi tepi pantai ini memberikan perasaan yang sangat menakjubkan. Anda akan langsung terkagum-kagum dengan keindahan alam yang hadir dengan sendirinya dan akan ingin berlama-lama di kawasan ini ketika baru saja menginjakkan kaki di atas bukit. Keindahan Pantai Parangtritis yang terlihat jelas benar-benar membuat mata tidak bisa terpejam.

3. Bukit Gupit

Bukit Paralayang tidak sendirian. Bukit ini ditemani oleh bukit lainnya yaitu Bukit Gupit. Bukit ini terletak di sebelah tempat wisata ini. Anda juga bisa melihat panorama yang indah dari bukit ini, Bukit Gupi menampilkan pemandangan Sendang Beji, Pura Gembirowati, Pasanggrahan Gembirowati dan masih banyak lagi.

4. Perasaan puncak tebing

Perasaan tebing yang begitu indah menghadap ke hamparan laut biru yang luas akan membuat Anda merasa damai di bukit ini. Tempat wisata ini sangat cocok dinikmati bersama teman, keluarga bahkan kekasih. Nuansa kawasan wisata ini sungguh menciptakan suasana romantis yang menawan.

5. Titik Pemandangan Matahari Terbenam Terbaik

Atraksi yang dimiliki Bukit Paralayang WatugupitKredit gambar: Google Maps Maryadi Maryadi

Jika Anda datang pada sore hari, jangan lewatkan menyaksikan keindahan matahari terbenam dari sudut bukit. Anda bisa menemukan pemandangan yang luar biasa seperti dalam lukisan di tempat ini. Matahari terbenam di sisi barat bukit ini terlihat jelas dengan rona jingga dari pantulan air laut yang membuat suasana seketika menjadi romantis.

6. Pantai Parangtrite

Pantai yang berada di bawah bukit paralayang bisa membuat Anda semakin jatuh cinta dengan kawasan wisata ini. Keindahan pemandangan pantai dari atas bukit sangat menawan. perpaduan antara hamparan air laut yang berpadu dengan semilir angin yang sejuk bisa menenangkan pikiran.

7. Penempatan Instagrammable

Saat ini banyak anak muda yang mencari tempat wisata dengan view yang instagramable tentunya. Bukit ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mencari tempat wisata yang Instagrammable. Anda bisa mendapatkan foto-foto menarik di kawasan wisata ini.

8. Kios Tunggal

Kawasan wisata Bukit Paralayang ini memiliki fasilitas warung dengan desain kursi dan meja yang unik dan menarik. Saat berada di toko ini pasti akan menambah kesan estetis dan romantis yang cocok sebagai tempat bersantai dan melepas lelah sambil berbincang dan bercanda bersama teman, sahabat bahkan kekasih.

Alamat dan rute menuju lokasi

Jalan Menuju Bukit PlaayangKredit gambar: Twitter Gummymongia

Yogyakarta memang sudah terkenal memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata di Yogyakarta adalah Bukit Paralayang Jogja yang terletak di Purwosari, kawasan Gunung Kidul. Tempat wisata ini berjarak sekitar 30 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta.

Untuk menuju bukit ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, jasa taksi online atau jasa ojek online. Anda juga bisa menggunakan jasa rental mobil untuk rombongan.

Jika Anda memulai dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil Jalan Panembahan Senopati hingga perempatan Gondomanan. Sampai di perempatan, belok kanan dan terus menuju Jalan Brigjn Katamso sampai bertemu lampu lalu lintas. Setelah itu, Anda hanya perlu langsung menuju Jalan Parangtritis.

Anda akan menempuh perjalanan panjang di Jalan Parangtritis, yang memakan waktu sekitar satu jam sampai Anda menemukan pintu masuk pantai Parangtritis. Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Bukit Paralayang. Anda akan melewati jalan menanjak sampai Anda mencapai bukit. Tidak jauh dari sana, Anda akan langsung menemukan tempat parkir.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket masuk Bukit PalarayangKredit gambar: Google Maps goezt sw

Seperti biasa, ketika Anda memasuki kawasan wisata dan menikmati pemandangan yang indah, Anda perlu membayar tiket masuk. Namun anda tidak perlu khawatir, karena untuk memasuki kawasan Bukit Paralayang Watugupit tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda tidak lagi dikenakan tiket atau biaya. Anda hanya perlu membayar sekali di bagian direct debit. Biaya retribusinya juga sangat murah yaitu hanya Rp 5000 per orang. Selain itu, biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000,- untuk kendaraan roda empat.

Kawasan wisata ini bisa menjadi alternatif liburan yang bersahabat saat Anda berada di Yogyakarta. Meski dikatakan cukup murah, Anda bisa mendapatkan panorama alam yang sangat menakjubkan. Anda bisa sejenak melepaskan beban pikiran dan berlibur di kawasan perbukitan yang indah ini.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di bukit paralayang

Aktivitas Menarik Bukit ParalayangKredit Gambar: Google Maps annisa nur istiana

1. Bersantai dan nikmati pemandangan

Sebaiknya Anda menyisihkan sebagian waktu Anda untuk bersantai agar semua beban menjadi ringan. Saat-saat istirahat dan relaksasi sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk mengembalikan semangat bekerja. Anda bisa bersantai sejenak dengan berlibur di perbukitan paralayang dan mengembalikan semangat kerja serta menghilangkan penat.

2. Berburu Foto

Tempat wisata di atas bukit ini tidak hanya memiliki tampilan alam yang indah dan juga terawat dengan baik oleh pengelolanya. Tak heran jika fasilitas di sekitar Bukit Paralayang tertata rapi dengan berbagai spot foto menarik.

3. Melihat panorama pantai Parangtritis

Anda bisa menikmati keindahan pantai Parangtritis yang berada di bawah perbukitan ini. Sensasi semilir angin yang sejuk berpadu dengan hamparan laut yang biru akan menjadi pengalaman menarik yang bisa anda dapatkan di kawasan wisata ini.

4. Piknik

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah piknik. Anda bisa piknik bersama keluarga atau teman. Dengan membawa karpet dan beberapa jajanan Anda bisa piknik sambil menikmati suasana alam yang disuguhkan untuk Anda. Jika Anda malas membeli makanan, Anda bisa saja membawa tikar dan membeli makanan dari penjual makanan yang tersedia.

5. Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit

Bukit Paragliding Jogja merupakan kawasan wisata yang menawarkan pemandangan yang sangat mengesankan di sore hari. Saat sore hari, saat cuaca cerah, Anda bisa menikmati waktu matahari terbenam di tempat ini. Suasana tenang dan romantis akan tercipta ketika semburat jingga di langit barat berpadu dengan hamparan pantai Parangtritis.

Apalagi jika Anda datang di pagi hari, Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbit di bukit ini. Anda bisa datang sekitar pukul 05.30 pagi untuk bisa menyaksikan matahari terbit yang tak kalah indah dengan panorama matahari terbenamnya.

6. Jalan-jalan di Pantai Parangtritis

Kegiatan menarik di Bukit ParalayangKredit gambar: Google Maps GHoLiB

Di bawah bukit ini juga terdapat pantai Parangtritis yang indah. Anda bisa turun jalan-jalan di pantai ini untuk merasakan sensasi lain selama liburan di kawasan wisata ini. Selain jalan-jalan, Anda juga bisa bermain air laut di Pantai Parangtritis.

7. Nikmati kopi sambil menikmati keindahan alam

Udara di atas bukit yang sejuk dan sejuk sangat cocok untuk menyeduh kopi yang bisa menghangatkan tubuh. Di sini Anda bisa menemukan beberapa vendor yang menyediakan kopi atau teh. Pasti sangat menyenangkan bisa menyeruput secangkir kopi sambil menikmati panorama alam yang tersaji di sekitar bukit.

8. Cobalah paralayang

Bukit ini menjadi favorit para pecinta paralayang. Di sini Anda akan bertemu banyak atlet paralayang berlatih. Anda bisa mencoba aktivitas paralayang di Bukit Paralayang Watugupit. Pengelola menawarkan jasa sewa parasut paralayang bagi yang ingin mencoba.

9. Cicipi jajanan sambil mengagumi keindahan alam

Menikmati jajanan atau jajanan sambil mengagumi keindahan alam adalah hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa menyantap jajanan sambil menikmati keindahan bukit serta hamparan air laut yang sangat indah dari atas bukit.

Fasilitas yang tersedia di kawasan perbukitan

Fasilitas Bukit PlaayangKredit gambar: Google Maps Ikramullah Sultana

Fasilitas dan pelayanan di suatu lokasi wisata sangat diperlukan untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Fasilitas yang ada di Bukit Paralayang sudah mencukupi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung. Fasilitas Bukit Paralayang benar-benar dikelola dengan baik oleh pengelola.

Kawasan wisata ini juga terus dikembangkan untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Hal ini dapat dibuktikan dengan fasilitas yang disediakan. Fasilitas tersebut antara lain lahan parkir yang sangat luas untuk menampung ribuan kendaraan, warung dan penjual makanan, tempat ibadah yang tersedia serta fasilitas sanitasi yang bersih.

Fasilitas lain di kawasan wisata ini seperti kolam renang di dekat pantai yang bisa digunakan oleh anak-anak. Tepat di atas bukit, terdapat tangga yang dapat memudahkan pengunjung. Ada juga bangku-bangku yang bisa digunakan untuk duduk-duduk sambil menikmati panorama keindahan pantai dari atas. Anda tidak perlu khawatir celana kotor dengan bundle bench ini.

Nah, itulah hal-hal menarik di kawasan wisata Bukit Paralayang Watugupit Gunung Kidul, Jogja. Sebuah bukit dengan panorama pantai yang indah yang bisa memanjakan mata setiap orang yang ada disana. Kesimpulannya, tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau namun dengan biaya masuk yang cukup terjangkau.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button