Sendang Geulis Kahuripan, pesona pemandian alam super jernih di Bandung - WisataHits
wisatahits

Sendang Geulis Kahuripan, pesona pemandian alam super jernih di Bandung

Sendang Geulis Kahuripan, pesona pemandian alam super jernih di Bandung
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 07.00–17.00 WIB, Alamat: Ganjarsari, Kec. Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Banyak orang menghabiskan uang hanya untuk menyegarkan pikiran mereka. Namun dengan mengunjungi Sendang Geulis Kahuripan yang terletak di Kabupaten Bandung Barat ini, Anda bisa menghilangkan penat, penat dan menyegarkan pikiran tanpa mengeluarkan banyak biaya. Tempat wisata ini memiliki nuansa alam yang sangat kental, lokasinya berada di bawah bukit dengan banyak pepohonan yang hijau dan rindang, sehingga aman dari longsor.

Selain itu, udara yang dihasilkan juga segar dengan kadar oksigen tinggi tanpa polusi. Suasana sejuk dengan pemandangan alam yang asri dan eksotik siap menemani wisatawan. Kolam alami dengan air jernih dari pegunungan menjadi spot favorit pengunjung. Aliran air jatuh dari puncak bukit, perlahan turun melewati bebatuan bergerigi namun menjadi tempat yang nyaman.

Air kemudian mengalir ke dasar bukit yang berbentuk seperti kolam. Proses pergerakan air mengeluarkan suara yang membuat suasana semakin hening. Selain itu, udara segar juga dapat dirasakan oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut. Bagi yang penasaran dengan tempat ini, kami telah menyiapkan beberapa ulasan penting untuk Anda ketahui.

Objek Wisata Sendang Geulis Kahuripan

Objek Wisata Sendang Geulis KahuripanFoto Sendang Geulis Kahuripan di Google Maps

Persahabatan dengan alam selalu menarik dan mampu menghadirkan kedamaian, kenyamanan dan ketenangan jiwa, karena alam selalu menampakkan keindahannya yang bersahaja. Begitu juga dengan tempat wisata alam Sendang Geulis Kahuripan. Saat berwisata ke tempat wisata ini, badan dan pikiran segar, karena suasana pedesaan dengan banyak sawah dan ladang, serta pepohonan rindang yang menyejukkan hati.

Berbeda dengan perkotaan, bangunan infrastruktur yang tinggi dan kokoh seolah menunjukkan keangkuhan dan keangkuhan penghuninya. Ketika ketegangan batin mulai menghampiri dan emosi lepas kendali, saat itulah Anda harus mulai mencari ketenangan pikiran dengan berlibur di alam. Tempat itu memiliki pesona tersendiri yang patut untuk dilihat.

✦ Memiliki air yang bersih dan jernih

Air merupakan kebutuhan dasar manusia di seluruh dunia. Bahkan sekitar tujuh puluh persen bumi dikelilingi oleh air. Sangat sulit mencari air minum saat ini, apalagi di tengah kota, karena banyak air yang sudah tercemar. Menemukan air yang bersih dan jernih hanya ada di pegunungan, karena ada mata air sebelum menuju ke lautan.

Anda dapat melihat, merasakan dan menikmati wisata alam Sendang Geulis Kahuripan ini. Tempatnya berada di kawasan perbukitan yang masih alami, tidak ada aktivitas disana yang merusak keindahan alam. Air yang bersih dan jernih dapat dinikmati setiap hari. Kebersihan dan kejernihan airnya terjaga karena selalu searah dengan arah menuju lautan.

✦ Garis batu yang indah

Ketika Anda melihat batu-batu yang disusun dengan hati-hati menjadi sebuah bangunan yang indah, rasa kagum dan bangga menyertai mereka yang membuat dan melihatnya. Begitu juga saat anda berlibur ke tempat ini, panorama alam yang menyapa anda, desiran angin yang bertiup serta udara yang segar dan sehat menjadi daya tarik tersendiri.

Apalagi perbukitan berbatu yang tampak dari jauh membuat takjub setiap orang yang melihatnya. Batuan ini memiliki tekstur yang tidak rata, ciri khas batuan alam. Namun, cara menyusun semuanya memberikan tampilan yang eksotis. Setiap pengunjung yang datang tak hanya terkagum-kagum dengan kejernihan airnya, tapi juga susunan bebatuannya.

✦ Mengandung banyak oksigen

Kesehatan adalah sesuatu yang mahal, karena menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati penyakit. Jika kesehatan hilang karena sakit, maka kesehatan nampaknya sangat mahal. Contoh oksigen untuk kebutuhan orang sakit, berapa harga oksigen, dari ratusan ribu hingga jutaan.

Bagi mereka yang sehat dan tinggal di perkotaan, oksigen yang tersedia cenderung tidak murni karena banyak mengandung polusi. Salah satu daya tarik Sendang Geulis Kahuripan adalah mengandung banyak oksigen. Tapi sayang sekali karena oksigen tidak bisa dikondisikan. Jumlah oksigen di sana berasal dari pepohonan hijau yang menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen di sekitarnya.

✦ Adanya foto bawah air

Orang sering mengambil gambar dari atas bukit. Memotret menggunakan drone sudah banyak dilakukan oleh para fotografer profesional. Ketika Under Water Photos atau mengambil foto di dalam air, itu yang dilakukan oleh sedikit orang. Kegiatan ini cukup sulit dilakukan, selain membutuhkan peralatan yang mahal dan canggih, juga membutuhkan kondisi air yang bersih dan jernih.

Di Sendang Geulis Kahuripan hal tersebut bisa anda lakukan karena terdapat kolam air yang bersih dan jernih. Bahkan dasar kolam terlihat jelas berserakan dengan batu-batu kecil dan ikan-ikan yang berenang. Persiapkan kamera terbaik dan tercanggih kemudian cari foto bawah laut terbaik dari tempat wisata tersebut. Hasil foto dokumentasi di tempat akan menjadi kenangan tersendiri sampai tua nanti. Bisa juga digunakan untuk menghiasi media sosial yang Anda miliki saat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamatnya adalah Sendang Geulis KahuripanFoto oleh Radithya H di Google Maps

Berbagai tempat wisata alam di Bandung sangat menarik untuk dibahas dan dikunjungi, karena Bandung merupakan daerah yang indah dan menarik bagi wisatawan. Salah satu tempat eksotis tersebut adalah Sendang Geulis Kahuripan. Jika ingin mengunjungi tempat ini, sebaiknya bersama teman atau keluarga. Ini karena berbagai aktivitas yang dilakukan lebih mengasyikkan jika dilakukan bersama mereka.

Tempat istimewa ini terletak di kawasan khusus yaitu Desa Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jarak tempuh ke tempat ini sekitar 35 km dari pusat kota Kabupaten Bandung, sementara hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja. Jarak dan waktunya tidak terlalu jauh, bahkan tidak terasa lama karena sepanjang perjalanan Anda akan ditemani oleh pemandangan yang indah dan menawan.

Selain itu, beberapa ruas jalan menuju lokasi tidak begitu lebar dan belum diaspal sehingga saat musim hujan tiba, kawasan tersebut menjadi becek. Apapun kendaraan yang Anda gunakan, sepeda motor dan mobil bisa melintasi kawasan tersebut. Namun, lebih disarankan menggunakan sepeda motor karena cepat untuk sampai ke sana. Rute yang harus dilalui harus menggunakan bantuan Google Maps.

Harga tiket masuk dan jam buka

Di sinilah tempat wisata Sendang Geulis Kahuripan unik dan menarik. Tempat ini memiliki pemandangan kualitas Eropa yang bagus dan indah, namun harga tiketnya sangat murah. Biaya masuk ke tempat ini hanya Rp 10.000 per orang saja. Sedangkan harga tiket kendaraan roda dua Rp 3.000, dan mobil Rp 5.000.

Berlibur di tempat ini tidak perlu menunggu dompet tebal atau ATM penuh uang banyak, cukup manjakan diri Anda dengan waktu luang bersama teman-teman. Untuk jam bukanya, Anda bisa datang setiap hari sesuai dengan waktu yang telah dialokasikan. Namun untuk waktunya silahkan pilih antara pukul 07:00 dan 17:00 WIB. Di luar jam tersebut, lokasi wisata masih atau sudah ditutup.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Hal yang dapat dilakukan di Sendang Geulis KahuripanFoto oleh Pexpaadventure di Instagram

Sebelum pergi ke tempat wisata, penting untuk mengetahui kegiatan apa saja yang bisa dilakukan. Jangan pelit informasi, sehingga sesampainya di lokasi, persiapan Anda kurang dan kecewa nantinya. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan selama menginap di Sendang Geulis Kahuripan agar persiapanmu lebih maksimal!

1. Berenang menyegarkan di Sendang Geulis Kahuripan

Setiap orang pasti pernah berendam di air, bahkan waktu kecil dia sering melakukannya, karena orang sering melakukan kegiatan ini. Misalnya berendam di kolam renang, di sungai yang dangkal atau di tempat lain. Ada tempat berendam yang menyegarkan, asyik dan menarik, dengan pesona alam yang indah. Apalagi udaranya juga segar dan sejuk serta menambah gemercik air yang turun dari bukit bebatuan.

Hal ini tentu memberikan nuansa dan suasana tersendiri. Tempat tersebut merupakan objek wisata yang sedang kita bahas kali ini. Sebuah kawasan yang memamerkan pesona alam yang eksotis dan membuat mata seakan tak mau berkedip. Air yang bersih dan jernih tidak hanya membuat tubuh segar, tetapi juga menenangkan hati dan pikiran.

2. Berenang di kolam alami

Berenang di kolam merupakan hal umum yang sudah sering dilakukan, atau di sungai juga sudah sering dilakukan. Berenang di kolam alami dengan air yang bersih dan jernih masih jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Apalagi jika kejernihan airnya menampakkan bebatuan di dasar kolam dan ikan-ikan kecil yang berenang.

Selain berendam di Sendang Geulis Kahuripan, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah berenang di kolam alami yang berada di dasar bukit. Rasakan perasaan spesial saat berada disana, bagaimana saat manusia bersahabat dengan alam, alam memanjakanmu dan seakan memelukmu seperti sahabat lama yang baru bertemu.

3. Bersantai di tempat tidur pohon

Bukan hanya aktivitas yang berhubungan dengan air saja yang bisa dilakukan. Selain aktivitas di atas, Anda bisa bersantai di atas pohon sambil menikmati udara segar dan pemandangan alam yang tersaji untuk Anda. Situasinya sangat mendukung untuk kegiatan ini, apalagi jika kegiatan tersebut dapat menenangkan pikiran.

Sayangnya, pihak pengelola tidak menyediakan peralatan untuk kegiatan ini. Wajar saja, karena Sendang Geulis Kahuripan dimaksimalkan untuk kegiatan yang berhubungan dengan air. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa perlengkapan bersantai dari rumah, seperti tikar dan bantal.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Sendang Geulis KahuripanFoto Ngubek Ngubek Indonesia di Google Maps

Selain berbagai hal penting yang disebutkan di atas, fasilitas penunjang dan pelengkap yang tersedia di sana pun cukup lengkap. Fasilitas yang dimaksud antara lain toilet yang berfungsi dengan baik. Silakan gunakan untuk keperluan air, baik saat ingin buang air besar maupun buang air kecil.

Fasilitas selanjutnya yang tersedia di kawasan wisata alam ini adalah ruang ganti. Walaupun sebenarnya bisa ganti baju di toilet, tapi ruang ganti selalu disediakan agar privasi tetap terjaga. Ada juga kantin yang cocok sebagai tempat bersantai sambil menikmati pesona alam yang ada. Selain itu, ada juga saung sebagai tempat istirahat jika lelah beraktivitas di tempat wisata yang indah ini. Gunakan fasilitas tersebut dengan baik dan selalu jaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan pengunjung lainnya.

Setiap objek wisata memiliki daya tarik tersendiri, setiap orang harus mengetahuinya. Begitu juga dengan Sendang Geulis Kahuripan yang hits di Bandung Barat dengan berbagai pesona yang telah dipaparkan. Ingatlah untuk mempersiapkan semuanya, mulai dengan memeriksa kendaraan Anda, memeriksa dompet Anda dan berbagai isinya. Semoga perjalanan anda menuju lokasi aman, lancar dan sukses.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button