Gunung Sewu telah masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark Indonesia. Apa saja tempat wisata yang wajib dikunjungi? - WisataHits
Yogyakarta

Gunung Sewu telah masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark Indonesia. Apa saja tempat wisata yang wajib dikunjungi?

Gunung Sewu telah masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark Indonesia.  Apa saja tempat wisata yang wajib dikunjungi?
Gunung Sevu | Foto: Seputargk.id

Geopark merupakan kawasan dengan berbagai potensi geologi, biologi dan budaya. Geopark memiliki tingkatan mulai dari geopark nasional hingga geopark global.

Saat ini Indonesia memiliki 6 daftar UNESCO Global Geopark termasuk Geopark Gunung Sewu yang diresmikan pada 19 September 2015 dalam sebuah simposium di Totton City, Jepang.

Geopark Gunung Sewu yang dikutip dari majalah IGYF (Indonesian Geopark Youth Forum) merupakan geopark terbesar dari 6 geopark yang ada di Indonesia. Geopark Gunung Sewu meliputi tiga wilayah yaitu Gunungkidul, Yogyakarta; Wonogiri, Jawa Tengah; dan Pacitan, Jawa Timur.

Geopark Gunung Sewu yang telah menjadi Situs Warisan Dunia dan diakui oleh UNESCO. Menurutmu Goodmate bisa pergi ke mana jika ingin mengunjungi Geopark Gunung Sewu? Berikut 10 destinasi menarik yang bisa sobat rencanakan saat berkunjung ke Geopark Gunungsewu.

1. Pusat Informasi Turis (TIK)

Sebelum pergi ke Geosite, ada baiknya Goodmate mengunjungi Pusat Informasi terlebih dahulu untuk mendapatkan penjelasan tentang Geopark dan belajar tentang sejarah terbentuknya Gunung Sewu dan juga Pulau Jawa.

Goodmate bisa mengunjungi dua lokasi, yaitu Tourist Information Center (TIC) yang menjadi pusat informasi geologi kawasan Geopark Gunungewu di Kecamatan Patuk Gunungkidul, dan toko Batu Park di Mulo, Wonosari, Gunungkidul.

Ada ratusan jenis batuan di Etalase Batu Park, bersumber dari kawasan UNESCO Global Geopark Gunung Sewu. Batuan tersebut berasal dari Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan hingga Kebumen.

2. Gunung api tua Nglanggeran

Gunung Api Nglanggeran | Foto: Eksotisjogja.com

Gunung Api Nglanggren merupakan gunung api purba yang terbentuk sekitar 0,6 hingga 70 juta tahun yang lalu, terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, yang terletak di Pegunungan Baturagung.

Saat ini gunung api purba ini berupa gunung berupa batuan tidak aktif dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Sahabat baik yang datang kesini bisa melihat sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari.

3. Gua Jomblang, Gua Pindul, Gua Kali Suci dan Gua Cokro

Gua Pindul | Foto: detik.com

Gua ini termasuk dalam kawasan Geopark Gunung Sewu. Aktivitas wisata seperti caving dan tubing bisa dilakukan di sini. Namun, Goodmate harus memasuki gua dengan bantuan pemandu wisata untuk memastikan keamanan. Selain itu, Goodmate juga bisa menikmati pemandangan stalagmit dan stalaktit yang juga sangat menawan.

4. Pantai Baron, Pantia Kukup dan Pantai Krakal

Mercusuar Pantai Baron | Foto: Nativeindonesia.com

Pantai di Yogyakarta sering diabaikan. Seolah pantai akan kehilangan kejayaan Pantai Parangtritis. Namun sebenarnya pantai-pantai ini juga memiliki sejuta keindahan dan keunikan, dari mana Goodmate bisa melihat keindahan Pantai Baron dari atas menara.

5. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk | Foto: Datawisata.com

Air terjun ini memiliki beberapa keunikan diantaranya 3 cabang aliran air. Jika saluran airnya tinggi, bahkan bisa memiliki 5 cabang air terjun. Keunikan selanjutnya dari air terjun ini adalah air yang jatuh tidak membentuk kolam secara langsung, airnya mengalir langsung melalui bebatuan kemudian mengalir langsung ke Sungai Oyo.

Keberadaan Sungai Oyo menjadikan Wisata Air Terjun Sri Gethuk seperti Ngarai Verdon Gorge di Prancis. Sebuah sungai yang dikelilingi oleh tebing berbatu terjal berpadu dengan warna hijau yang tenang dari Sungai Oyo. Pengunjung disediakan rakit ekstra nyaman di sepanjang keindahan Sungai Oyo, Gunung Kidul.

Geopark merupakan kawasan wisata yang terbentang luas dan memiliki beberapa geosite atau tempat wisata. Maka wajar jika Goodmates bingung dimana letak Geopark tersebut. Tapi tenang saja Goodmates, jika Goodmates pernah mengunjungi salah satu geosite atau objek wisata yang ada di kawasan Geopark, Goodmates telah mengunjungi salah satu situs warisan dunia di Indonesia yang diakui oleh UNESCO.

Hubungan: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | sejauh ini | CNN Indonesia | Data Pariwisata | Penduduk asli Indonesia | tagar

Source: goodside.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button