Soto Sampah, Masakan Legendaris Yogya yang Sudah Ada Selama Tiga Generasi: Rasanya Luar Biasa Enak - WisataHits
Yogyakarta

Soto Sampah, Masakan Legendaris Yogya yang Sudah Ada Selama Tiga Generasi: Rasanya Luar Biasa Enak

INDOZONE.ID – Tentunya ketika kita mendengar kata sampah, yang kita maksud adalah sesuatu yang kotor dan jorok. Namun, siapa sangka kata sampah berhasil mendongkrak popularitas warung soto legendaris di Yogyakarta.

Berlokasi di Jalan Kranggan No 2, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta, warung soto gamis ini cukup dikenal warga Yogyakarta karena sudah ada sejak lama yaitu sejak tahun 1970.

sup sampahSoto Sampah, kuliner khas Yogyakarta. (Z Kreator/Eko Haryanto)

Pemilik toko saat ini adalah generasi ketiga dari pendiri Warung Soto Sampah. Sekarang dimiliki oleh Juni.

“Kalau disebut Soto Sampah, karena kuahnya banyak mengandung rempah-rempah sebagai bumbunya. Jadi seperti wedang uwuh, mas. Wedang uwuh juga terbuat dari rempah-rempah dan kemudian disebut uwuh. Kalau menu kita ada soto, kuahnya dibumbui bumbu, makanya disebut soto sampah untuk memancing rasa penasaran orang,” jelas Dwi, 35, salah satu pegawai Warung Soto Sampah.

sup sampahSoto Sampah, kuliner khas Yogyakarta. (Z Kreator/Eko Haryanto)

Tidak hanya namanya saja yang unik, jam buka Toko Soto Sampah ini juga terbilang tidak biasa, yakni pukul 07.00-03.00 WIB. Jam operasionalnya sekitar 20 jam sehari atau bahkan lebih.

Menu utama yang ditawarkan oleh Warung Soto Sampah juga sangat menggugah selera. Ada soto daging sapi, soto ayam dan soto lemak yang harganya sama yaitu hanya 10.000 rupiah per porsi.

sup sampahSoto Sampah, masakan khas Yogyakarta. (Z Kreator/Eko Haryanto)

Seperti stan soto lainnya, lauk pauk seperti tahu dan tempe goreng, bakwan, tahu bacem, sate, dan omelet ditawarkan di sini. Lauk ini harganya antara seribu rupiah sampai tiga ribu rupiah saja.

Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, Anda harus mencoba wisata kuliner ini. Lokasi toko ini mudah dijangkau karena tidak genap 200 meter dari ikon Kota Yogya yaitu Tugu Pal Putih.

sup sampahSoto Sampah, masakan khas Yogyakarta. (Z Kreator/Eko Haryanto)

Soto sampah ini bisa Anda nikmati dengan duduk-duduk di warung atau bersantai di meja depan toko sambil menikmati suasana tenang kota Yogya. Warung ini biasanya ramai pada waktu sarapan dan sore hari, sekitar pukul 8 malam WIB hingga larut malam.

Artikel menarik lainnya:

Buat cerita lucumu sendiri dan dapatkan berbagai hadiah menarik! Mari bergabung dengan Z Creators dengan mengklik di sini.

Z PenciptaZ Pencipta

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button