Geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan telah masuk dalam UNESCO Global Geopark - WisataHits
Yogyakarta

Geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan telah masuk dalam UNESCO Global Geopark

TEMPO.CO, jakarta – Kawasan Geopark Maros Pangkep, Sulawesi Selatan resmi masuk dalam daftar UNESCO Global Geoparks (UGG). Ketentuan ini menambah jumlah Geopark di Indonesia yang diakui secara global setelah Geopark Batur, Rinjani, Sewu, Ciletuh, Toba Caldera dan Belitung.

Keputusan itu berdasarkan hasil pertemuan UNESCO Global Geopark Council di Thailand. “Alhamdulillah dalam rapat Dewan UGG diputuskan untuk menerima permohonan Geopark Maros Pangkep sebagai UNESCO Global Geopark,” kata Dedy Irfan, General Manager Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep, seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan, harapan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Maros dan Pangkep akhirnya terwujud setelah bahu membahu dengan masyarakat memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh lembaga internasional UNESCO.

Menurut dia, pengumuman resmi, meski dinyatakan diterima, masih menunggu jadwal untuk disampaikan dalam waktu dekat.

“Jadi kita tinggal menunggu timeline pengumuman resmi UNESCO saja,” jelasnya.

Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari, Ketua Pokja Kedatangan Asesor Geopark Global UNESCO, mengungkapkan kegembiraannya saat kawasan Geopark Maros Pangkep dinyatakan sebagai kawasan UGG. Menurutnya, pencapaian ini jangan sampai menimbulkan euforia, melainkan mengajak semua pihak yang terlibat untuk segera membenahi hal-hal yang masih kurang agar dapat menyandang predikat sebagai bagian dari UGG.

Terkait hal itu, lanjutnya, setelah kepulangan tim dari Thailand, pihaknya akan bertemu untuk menentukan langkah selanjutnya. Karena masih ada 9 rekomendasi dari tim ahli yang perlu ditindaklanjuti.

“Jika tidak terpenuhi atau tidak kita rawat dan tidak memenuhi standar kualifikasi, maka pengakuan ini bisa dicabut oleh UNESCO,” kata Suhartina.

Namun, dengan ditambahkannya Maros Pangkep ke dalam UGG, kawasan Geopark Maros Pangkep telah menjadi destinasi wisata global dan akan mendapat perhatian yang lebih besar baik di bidang pariwisata maupun dalam upaya pemberdayaan masyarakat.

DIBAWAH

Baca Juga: Kapal Listrik Antar Tim UNESCO Inspeksi Kawasan Wisata Karst Di Sulawesi Selatan

Sselalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button