Gubernur Khofifah dorong Trenggalek optimalkan pesona alam pesisir selatan Jawa - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Gubernur Khofifah dorong Trenggalek optimalkan pesona alam pesisir selatan Jawa – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

Gubernur Khofifah dorong Trenggalek optimalkan pesona alam pesisir selatan Jawa – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

Gubernur Khofifah mendorong Trenggalek mengoptimalkan pesona alam pesisir selatan Jawa

Diunggah pada : 24 Januari 2023 17:39:15 3

Gubernur Khofifah saat berkunjung ke Pantai Mutiara di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Senin (23/01/2023).

Ruang Berita Jawa Timur – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong Pemerintah Kabupaten Trenggalek mengoptimalkan potensi wisata yang ada di sepanjang pantai Trenggalek.

Menurutnya, Trenggalek di pesisir selatan Jawa ini memiliki banyak destinasi wisata tepi pantai yang memukau. Gubernur Khofifah meyakini dengan pengelolaan yang baik, eksotisme alam Trenggalek akan menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Bila objek wisata dikelola dengan baik, infrastruktur pendukung pariwisata diperbaiki dan ditambah, kemudian amenity dan event, serta promosi yang masif, maka saya yakin jumlah wisatawan yang datang ke Trenggalek juga akan meningkat pesat,” kata Gubernur Khofifah dalam sambutannya. kunjungan ke Pantai Mutiara, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Senin (23/01/2023).

Gubernur Khofifah tiba didampingi Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin usai meresmikan warga tetap Kampung Indah Permai di Desa Sumurup dan Jembatan Mukus dan Jembatan Bendoroto-Bangun di Trenggalek.

Gubernur Khofifah mengatakan, sektor pariwisata merupakan salah satu yang potensial untuk dikembangkan sebagai mesin pertumbuhan ekonomi daerah, sumber pendapatan asli daerah dan penciptaan lapangan kerja.

“Saya yakin seiring berkembangnya pariwisata, sektor lain juga akan ikut terdorong, mulai dari hotel atau homestay, transportasi, gastronomi, souvenir dan masih banyak lagi. Di hilir tentunya kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat,” imbuhnya.

Ia mengatakan kawasan pesisir selatan Jawa yang terbentang dari Banten hingga Banyuwangi dengan bentangan lebih dari 1.500 kilometer itu terkenal dengan pemandangannya yang indah. Pantai yang terkenal dengan ombaknya yang tinggi, namun memiliki eksotisme alam yang tiada duanya.

“Gunakan media sosial untuk mempromosikan potensi wisata Anda. Isi, penilaian keindahan alam, kuliner, mitos, keramahan masyarakat, hingga laporan pengunjung. Bikin turis penasaran,” katanya.

“Mari kita promosikan keindahan pantai selatan Jawa Timur agar semakin dikenal. Tidak hanya di dalam negeri tetapi juga internasional,” imbuhnya.

Gubernur Khofifah mengatakan selain destinasi pantai, Trenggalek juga memiliki desa wisata yang tidak kalah bagusnya. Salah satunya adalah Desa Wisata Pandean di Kecamatan Dongko. Desa ini bahkan masuk dalam 50 besar desa Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek sendiri, lanjutnya, menargetkan hingga 2023 akan muncul hingga seratus desa wisata. Saat ini ada 70 desa wisata yang dipromosikan dan dikembangkan melalui program bantuan pemerintah setempat.

Kepala Desa Tasikmadu Wignyo Handoyo mengatakan, pengelolaan Desa Wisata Pantai Mutiara dilakukan secara swadaya dari masyarakat setempat oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Wignyo mengucapkan terima kasih atas kunjungan Gubernur Khofifah ke Pantai Mutiara.

“Mudah-mudahan dengan kehadiran gubernur kita bisa memperkenalkan wisata pantai Mutiara kepada masyarakat luas,” pungkasnya. (merah)

#Khofifah Indar Parawansa #Gubernur Jawa Timur #Pantai Mutiara Trenggalek

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button