Jeep Adventure menjadi daya tarik baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Garut - WisataHits
Jawa Barat

Jeep Adventure menjadi daya tarik baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Garut

PORTAL JABAR, CAB. GARUT – Petualangan Jeep adalah salah satu tempat wisata paling populer akhir-akhir ini. Sensasi mengendarai jeep melalui jalur yang agak ekstrim menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini.

Atraksi wisata jeep adventure ini kini bisa dinikmati di Kabupaten Garut yang salah satunya disediakan oleh Komunitas Kelompok Jip Anak (Kujang) Garut melalui program Jap Jip atau Jajap ku Jeep.

Menurut pengamat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut Tatang, keberadaan objek wisata jeep adventure ini merupakan daya tarik baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Garut.

Salah satu jalur yang ada di Kabupaten Garut yaitu Gunung Guntur sangat potensial untuk tempat wisata dengan menggunakan mobil SUV ini.

“(Pesan) untuk pengelola Jeep Adventure Garut semoga lebih ditingkatkan lagi dari segi pelayanannya, agar wisatawan tidak hanya merasa mengendarai jeep saja, tetapi wisatawan bisa lebih merasakan seperti apa pelayanannya.” Selain duduk di dalam jeep, wisatawan bisa merasakan keindahan alam. Tetap berikan pelayanan yang ramah agar semakin memuaskan wisatawan,” kata Tatang di sela-sela pemetaan jalur baru jeep adventure di kawasan kaki Gunung Guntur. Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Kamis (11/ 17) 2022).

Menurutnya, jeep adventure di Garut sangat bagus dan Tatang melihat potensi akan terus tumbuh dan berkembang karena tidak semua daerah memiliki daya tarik tersebut.

“Di Jawa Barat tidak semua kabupaten memiliki (jeep adventure), di Garut dengan jeep adventure sangat mendukung pengembangan wisata garut khususnya wisata alam. Harapannya dengan adanya jeep adventure tour di Garut ini akan lebih dipromosikan, dikembangkan lebih lanjut, dan lebih mendukung pengembangan pariwisata Garut khususnya wisata alam,” harapnya.

Kepala Desa (Kades) Pasawahan, Deden Kuswandi, mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Jap Jip di Desa Pasawahan yang juga telah berkontribusi dalam pengembangan pariwisata di desanya. Ia berharap acara ini dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk menikmati keindahan alam Desa Pasawahan.

“Mudah-mudahan ini bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat di Desa Pasawahan ini, terutama untuk pembangunan ekonomi mereka, ekonomi kerakyatan mereka,” ujarnya.

Untuk tracknya sendiri, tambah Deden, saat ini grupnya sedang membuat track baru untuk menambah variasi. Ia berharap jalur Jap Jip bisa menjangkau beberapa air terjun atau cascade, yakni Curug Cikoneng, Curug Citiis dan Curug Cisawer.

Ia pun mengajak masyarakat bekerja sama dengan masyarakat dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Pasawahan untuk lebih mengembangkan pariwisata di desa tersebut.

“Dukungan itu bisa dari kolaborasi, kolaborasi dengan Jap Jip, nanti akan dibuatkan MoU dengan Bumdes supaya lebih jelas ke depannya,” ujarnya.

Direktur Bumdes Pasawahan Deni Tanjung mengatakan, pihaknya telah lama bekerja sama dengan komunitas Jeep, khususnya komunitas Jap Jip yang dipandang sangat potensial karena berada di bawah naungan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Garut berdiri. .

“Di mana ketua komunitas ini adalah ketua asosiasi hotel dan restoran, yang jelas sangat membantu untuk menjadi tujuan wisata yang pada akhirnya akan memanfaatkan kawasan wisata lahar Gunung Guntur, yang diharapkan dapat menyaingi Merapi, kami akan menginformasikan. oleh komunitas Jap Jip sangat mendukung,” katanya.

Deni mengatakan, karena kontur Gunung Guntur merupakan pegunungan vulkanik, maka pihaknya dan komunitas Jap Jip menyebut paket wisata ini dengan nama “Lava Tour Gunung Guntur” dimana terdapat beberapa destinasi, yang juga menjadi nilai plus karena melewati beberapa kawasan air terjun tersebut. seperti Curug Citiis dan Curug Cikoneng.

Ia berharap masyarakat Garut mendapatkan dukungan untuk wisata jeep adventure ini ke depannya. Ia juga meminta dukungan masyarakat Garut, khususnya masyarakat di sekitar Desa Pasawahan untuk mengedepankan Sapta Pesona, khususnya keramahan masyarakat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button