Landmark Zero Park Kilometer Semarang Diresmikan, Ini Fiturnya - WisataHits
Jawa Tengah

Landmark Zero Park Kilometer Semarang Diresmikan, Ini Fiturnya

Semarang, IDN Times – Pemerintah Kota Semarang (Pemkot) bekerjasama dengan Kementerian Keuangan dalam pembangunannya Fitur tamasya Taman Nol Kilometer Semarang. Upaya tersebut untuk pengembangan destinasi wisata Kota Lama Semarang.

1. Sebagai patokan saat mengukur jarak antar wilayah

Landmark Semarang Zero Point Park Diresmikan, Ini FungsinyaPekerja menyelesaikan persiapan sebelum upacara ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (13 Maret 2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/HP.)

Sebelumnya, lokasi titik nol kilometer di Kota Semarang sedikit diketahui karena letaknya yang tersembunyi berseberangan dengan Kantor Pos Johar Semarang. Kini Pemkot Semarang dan Kementerian Keuangan bahu-membahu membangun Zero Park Kilometer di depan Gedung Keuangan Negara I Semarang di Jalan Pemuda No 2.

Perlu dicatat bahwa banyak orang yang sering keliru mengira bahwa titik nol KM Kota Semarang berada di pusat kota seperti Tugu Muda atau Simpang Lima Semarang. Namun, ternyata Fitur tamasya Letaknya tidak jauh dari kawasan kota tua Semarang.

Sedangkan titik nol sendiri berfungsi sebagai tolak ukur jarak antar wilayah, baik antar kota maupun antar negara, sebagai acuan lokasi pembangunan berbagai infrastruktur di suatu wilayah.

Baca Juga: Hotel Dibya Puri Terkenal Berhantu Sedang Direnovasi Wali Kota Semarang

2. Membangun kawasan wisata di dalam dan sekitar Kota Tua

Landmark Semarang Zero Point Park Diresmikan, Ini Fungsinyainstagram.com/ludfian_pradipta?

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Sekda Kota Semarang Iswar Aminudin mengatakan pihaknya bekerja sama dengan semua pihak orang yang tertarik di Kota Semarang untuk membangun kota tua dan sekitarnya.

“Kami melihat Kampung Melayu sudah dibangun, Johar sudah dibangun, Alun-Alun juga sedang digarap sehingga menjadi kekuatan. penuh (Atraksi) di kota tua,” katanya, Senin (24 Oktober 2022).

Harapannya, lanjutnya, titik nol KM Semarang akan lebih dikenal oleh wisatawan atau masyarakat luas. Dengan kata lain Fitur tamasya Taman nol kilometer ini menjadi landmark karena wisatawan sering salah mengira titik nol KM Kota Semarang dengan Tugu Muda atau Simpang Lima Semarang.

Terimakasih banyak (Terima kasih) kami kirimkan ke Perbendaharaan atas banyak hal yang telah dilakukan. Bahkan Dirjen Perbendaharaan Negara (dulu) menyumbangkan banyak tanah yang kini menjadi Taman Pierre Tendean. Tanah ini dulunya dipenuhi pohon seng dan pisang. Namun setelah dikabulkan oleh Kementerian Keuangan, teman-teman dikukuhkan oleh Pemkot Semarang. Ada beberapa aset Perbendaharaan lain yang bisa dihibahkan dan diatur agar lebih optimal,” tambah Iswar.

3. Konfirmasi Semarang sebagai tujuan wisata populer

Landmark Semarang Zero Point Park Diresmikan, Ini FungsinyaKawasan segitiga emas Jalan Pandanaran Kota Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kedepannya, ada pembahasan tentang pembangunan air mancur di taman ini. Dengan demikian, akan semakin banyak ikon pariwisata yang akan memperkuat identitas kota Semarang sebagai destinasi wisata populer di Indonesia.

Sementara itu, Muhammad Taufik Hidayat, Kepala Sekretariat Kementerian Keuangan, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada pemerintah dan masyarakat Kota Semarang.

“Karena Gedung Keuangan Negara Semarang I terletak di kawasan kota lama yang menjadi tujuan wisata, maka kami melakukan pembenahan dan penataan di depan gedung keuangan yang juga merupakan titik 0 Semarang ini,” ujarnya.

Baca Juga: Kampung Melayu Semarang Selesai Direnovasi, Pasang Batu Andesit Mirip Kota Tua

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button