Pantai Wohkudu Gunung Kidul, keindahan pantai yang diapit tebing karang - WisataHits
wisatahits

Pantai Wohkudu Gunung Kidul, keindahan pantai yang diapit tebing karang

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Wiloso, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Gunung Kidul yang terletak di bagian selatan provinsi Yogyakarta ini memang merupakan surga pantai di selatan pulau Jawa. Bahkan bisa dikatakan bahwa di antara sekian banyak tempat di pulau itu, kabupaten inilah yang membawa begitu banyak objek wisata bahari. Pantai Wohkudu dengan banyak keindahannya menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Tak hanya menyuguhkan kawasan wisata pasir lembut berhiaskan karang yang menjadi ciri umum kawasan tersebut, namun juga terdapat vegetasi alam yang siap menyambut wisatawan dari berbagai tempat. Tak hanya turis lokal, ternyata ada juga yang datang dari luar negeri.

Pantai ini cukup banyak ditumbuhi rerumputan hijau yang begitu sejuk dipandang mata. Selain itu, tampilan lingkungan tidak kalah indahnya dengan beberapa objek di sekitarnya. Lokasinya juga tidak terlalu jauh, cukup dekat dengan tempat wisata lainnya.

Atraksi Pantai Wohkudu

Atraksi milik Pantai WohkuduKredit Gambar: Instagram Street Life Street

1. Dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya

Hal inilah yang membuat Pantai Wohkudu sangat menarik bagi wisatawan. Untuk itu, Anda tidak perlu pergi terlalu jauh jika berjalan jauh dari beberapa pantai di sekitarnya. Kawasan Gunung Kidul memiliki banyak sekali pantai, sehingga saat Anda ke sana, Anda tidak hanya mengunjungi satu pantai saja, melainkan beberapa pantai sekaligus.

Beberapa tempat wisata di sekitar yang cukup dekat adalah Pantai Kesirat. Jarak antara keduanya bisa ditempuh dalam waktu sekitar sepuluh menit. Selain itu, ada juga pantai Sandak yang cukup dikenal masyarakat. Mengunjungi tempat ini sendiri memang cukup nyaman karena sejajar dengan banyak pantai lainnya.

Tempat ini juga dekat dengan Tibo Boar, salah satu pantai yang masih alami di daerah tersebut. Cara untuk sampai ke tempat ini jika Anda terus ke timur untuk beberapa kilo lagi Anda akan sampai di Indrayanti. Hal tersebut menjadi pertimbangan ketika orang memutuskan untuk datang ke tempat wisata yang satu ini.

2. Keadaan pantai yang masih alami

Mengunjungi Pantai Wohkudu, wisatawan akan dibawa ke tempat yang masih sangat terjaga. Titik ini seperti kawasan yang ditumbuhi vegetasi liar yang berdampingan dengan beberapa bentang alam seperti bebatuan besar dan karang. Suasana disana juga terkesan tertutup karena terumbu karang yang mengelilinginya.

Karang memang menjadi ciri khas daerah di sana. Namun, karang di tempat ini sangat berbeda karena bentuknya memanjang dari pulau hingga ke laut di kedua ujungnya. Tampaknya melakukannya sebagai hamparan pasir ditutupi dengan batu-batu tinggi yang menjulang tinggi di atas.

Ada juga vegetasi alami yang tumbuh di daerah tersebut. Pohon kelapa tumbuh tinggi dan menghiasi pemandangan pantai. Tumbuhan lain juga hidup di karang. Hal ini membuat pemandangannya cukup indah bagi wisatawan.

Di perbatasan antara pasir dan air laut, batu-batu kecil tampak muncul dari bawah seolah-olah itu adalah benteng alami untuk melindungi tempat itu. Secara keseluruhan, pantai ini masih mempertahankan keasliannya, sehingga cocok jika Anda ingin mencoba sensasi baru dari objek wisata bahari di Yogyakarta bagian selatan ini.

3. Lanskap yang mempesona saat ini

Aktivitas di Pantai WohkuduKredit gambar: Twitter Perbarui Jogja

Tampilan alam yang mengelilingi tempat ini cukup menarik perhatian masyarakat. Perpaduan koral di kedua sisinya dengan lautan di depannya menyerupai pemandangan citra sebuah negara di negeri dongeng. Inilah mengapa Pantai Wohkudu begitu mempesona bagi banyak orang.

Air laut yang jernih seolah menyatu dengan ufuk biru di atasnya. Objek yang mempesona ini sangat baik dijadikan sebagai tempat persinggahan yang sangat nyaman bagi banyak orang. Dengan pepohonan yang tumbuh di pinggir pantai, wisatawan yang datang bisa leluasa mampir di bawahnya.

Telapak tangan hijau akan melambai tertiup angin. Suasana menjadi lebih tenang dan ini adalah perasaan yang didambakan bagi siapa saja yang ingin menghabiskan liburan di tepi pantai. Tepian daratan yang berbatasan langsung dengan laut ini memang menjadi titik sempurna bagi Anda yang ingin menikmati suasana damai dan teduh.

4. Pasir putih lembut

Pantai Wohkudu memiliki hamparan pasir putih cemerlang yang seolah memantulkan sinar matahari. Daerah ini juga cukup luas dari pinggir lapangan dengan tanah keras dengan air laut dengan rangkaian ombak. Itu sebabnya banyak wisatawan yang senang datang ke sini karena bisa leluasa bermain di area pasir yang lembut.

Jangan khawatir jika Anda datang ke tempat wisata ini, area berpasirnya cukup luas untuk dijadikan arena bermain. Di ujung yang sering tersapu ombak laut, terdapat banyak karang. Hal inilah yang memaksa pengunjung untuk berhati-hati dan memakai sepatu untuk perlindungan.

Namun, di ujung yang lain, hanya beberapa karang yang ditemukan. Bahkan, hampir tidak ada penyusup yang bisa melukai kaki mereka jika menyentuh pasir ini secara langsung. Dengan begitu, wisatawan bisa leluasa menikmati pasir putihnya yang lembut dan bisa mengajak anak-anak kecil bermain bebas dengan membentuknya menjadi berbagai hal.

Alamat Pantai Wohkudu, Lokasi, Rute dan Harga Tiket

Alamat Pantai WohkuduKredit Gambar: Google Maps Diy Hajar

Tempat wisata megah ini terletak di kecamatan Panggang, daerah yang dijuluki “surga pantai” Gunung Kidul. Cara menuju ke sana cukup mudah dilakukan. Dari kawasan Wonosari, pengunjung harus menuju ke Piyungan dan menuju kawasan Patul.

Di sana Anda akan menemukan lapangan terbang Gading dan berbelok ke kanan menuju Playen Market. Perjalanan dilanjutkan menuju Paliyan dan berlanjut hingga mencapai Girikarto. Dari sana, pengunjung dapat dengan mudah menemukan tanda yang menunjuk langsung ke Pantai Wohkudu.

Untuk mengakses lebih jauh ke pantai ini, perlu membayar biaya sebelum memasukinya. Sama seperti kebanyakan tempat wisata di sana, retribusinya sangat murah. Itu 3000 hanya untuk mereka yang menggunakan kendaraan roda dua ketika mereka berada di sana. Sedangkan yang menggunakan mobil harus membayar 5.000.

Petugas yang menarik “tiket” itu berjaga-jaga di pos-pos dalam perjalanan menuju ke sana. Nominalnya sangat murah karena tidak perlu membayar biaya parkir kendaraan. Karena tidak banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan, parkir juga sederhana.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Wohkudu

Tempat Wisata Pantai Wohkudu, Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Wisata Jogja21

1. Perkemahan

Ternyata tempat ini juga menjadi salah satu destinasi terpopuler bagi para traveller yang suka berkemah untuk menginap di suatu tempat. Pantai Wohkudu bisa menjadi alternatif yang sangat cocok untuk melakukan hal tersebut. Ini karena formasi alamnya relatif datar dan tidak terlalu curam.

Wisatawan yang datang bisa mendirikan tenda di seluruh kawasan. Pedalaman yang dalam, di mana banyak tumbuh-tumbuhan alami tumbuh, bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk melakukan ini. Selain itu, area berpasir juga tak kalah menarik untuk dijadikan alas tidur yang nyaman.

Pasirnya cukup nyaman untuk membentuk dasar tenda. Tidur di sana saat berkemah memungkinkan Anda membuat perapian.

2. Nikmati keindahan alam

Dengan panorama yang begitu tidak menyenangkan cukup dibiarkan begitu saja, menikmati setiap momen berada di sana sungguh sesuatu yang wajib dilakukan oleh siapa saja yang berkunjung. Wisatawan bisa menikmati sejuknya air laut atau pasir putih yang lembut.

Selain itu, bebatuan yang megah juga menjadi salah satu pemandangan alam yang bisa dijadikan tumpuan untuk mencoba memanfaatkan hembusan angin yang datang. Ini juga merupakan titik yang baik bagi pengunjung untuk melakukan kegiatan fotografi.

Vegetasi hijau yang asri di sana juga merupakan elemen penting. Hal ini karena tanaman memberikan suasana teduh yang akan menenangkan hati dan pikiran menjadi lebih jernih.

3. Melihat keindahan matahari terbenam

Aktivitas Menarik di Pantai WohkuduKredit gambar: Twitter @detikcom

Tergelincirnya matahari tentu akan diapresiasi di sebuah pantai, salah satunya di lokasi ini. Jika cuaca cerah dan tidak banyak awan yang menutupi langit di atas, maka bukan hal yang mustahil bagi pengunjung untuk melihatnya.

Semburat cahaya jingga adalah sesuatu yang akan menyapa pengunjung saat senja mendekat. Dan hal inilah yang seringkali menarik minat berbagai kalangan karena pemandangannya justru akan semakin indah. Seolah-olah tempat ini menjadi dua kali lebih mulus dari sebelumnya.

4. Mencari potret yang indah

Seperti tempat wisata lainnya, mengabadikan momen adalah hal yang harus dilakukan setiap orang. Tak terkecuali saat mengunjungi tempat wisata ini. Dengan pemandangan yang begitu indah, sayang sekali jika tidak dijadikan sebagai background foto yang diambil. Ditambah lagi, saat matahari terbenam, ini adalah momen yang tepat untuk diabadikan.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Akomodasi yang paling dekat dengan pantaiKredit gambar: Twitter pegipegiyuk

1. Rumah Kaca di Pantai Kukup

Lokasinya memang tidak terlalu dekat dengan pantai Wohkudu, namun bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin bermalam. Harga sewa per malamnya tidak terlalu mahal dengan beberapa peralatan yang memadai meski sederhana.

2. Villa Pandan Wangi

Sama seperti hostel sebelumnya, tempat ini juga dekat dengan tempat wisata lainnya yaitu Pantai Kukup. Meski begitu, tempat ini cukup menjanjikan karena harganya yang cukup murah namun fasilitasnya cukup berkualitas.

3. Hotel Bintang Baron

Meski letaknya cukup jauh dari pantai yang indah, namun tetap bisa menjadi pilihan saat Anda singgah di sana. Harga sewa per malam cukup murah dengan beberapa fasilitas yang dapat digunakan secara bebas oleh pelanggan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Wohkudu

Fasilitas di Pantai WohkuduKredit Gambar: Google Maps Diy Hajar

Beberapa fasilitas yang dapat digunakan pengunjung adalah beberapa bilik toilet. Apalagi ada juga beberapa tempat makan yang siap menjamu para tamu. Beberapa olahan seafood khas sering dipesan di menu. Memang fasilitasnya tidak banyak, namun pengunjung tidak perlu khawatir karena sembako sudah tersedia di sana.

Gunung Kidul memang salah satu daerah yang paling mempesona dengan banyak pantai. Di antara sekian banyak tempat wisata, Pantai Wohkudu merupakan alternatif yang menjanjikan dengan pemandangan alam yang akan memukau semua orang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button