Ada jalan buka tutup menuju Kemuning Karanganyar, ini jalur alternatif Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ada jalan buka tutup menuju Kemuning Karanganyar, ini jalur alternatif Solopos.com

SOLOPOS.COM – Para pengendara berdiri di jalur jalan Sudimoro-Candi Sukuh di Kecamatan Ngargoyoso, Kegubernuran Karanganyar, Kamis (22/12/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, perbaikan jalur wisata di kawasan Kecamatan Ngargoyoso, lebih tepatnya di ruas Candi Sukuh Sudimoro, masih terus dilakukan. Pengguna jalan harus menyeberang dengan sistem terbuka dan tertutup atau menggunakan jalan alternatif.

Kepala Dinas Bina Marga (Kabid) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Karanganyar Margono optimistis perbaikan jalan Nataru akan rampung. Meski sudah selesai, jalan tersebut belum sepenuhnya bisa dilalui (dua lajur) saat itu karena harus menunggu di salah satu lajur agar beton benar-benar mengeras.

Green Tokopedia Promotion mengajak UMKM dan Pemda untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

“Pengerjaan konkrit jalur wisata Ngargoyoso di ruas Candi Sudimoro-Sudikuh diharapkan selesai di Nataru. Tapi untuk menggunakannya, kita harus menunggu sampai umur beton,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Pengunjung dari arah Karangpandan menuju kawasan wisata Kemuning tetap bisa menyeberang jalan namun harus antre karena diberlakukan sistem buka-tutup. Hanya satu trek yang dapat digunakan. Jika tidak ingin antre, pengguna jalan bisa memilih jalur alternatif.

Baca Juga: Jembatan Kaca Sky Hills Kemuning Karanganyar akan diresmikan pada malam pergantian tahun

Sementara pengawasan Solopos.com Pekerjaan grouting masih dilakukan di salah satu jalur di ruas jalan tersebut pada Kamis (22/12/2022). Antara lain di depan area resto Mbak Ning I.

Sistem buka-tutup diterapkan dari kawasan ini hingga pertigaan Nglorog atau di depan Salon Yayuk. Pengguna jalan dari segala penjuru harus antre untuk melintas.

Sedangkan bagi yang ingin menghindari jalan ini bisa mengambil jalur ke Kemuning via Mojogedang dari arah Solo. Sedangkan bagi pengendara yang datang dari arah Karangpandan dapat menggunakan jalur alternatif.

Warga Ngargoyoso Pringgo Novianto mengatakan, jalur alternatif dari Karangpandan yang bisa ditempuh pengguna jalan yang sudah masuk ke kawasan Ngargoyoso adalah melalui jalur Sompak-Ngranten Wetan-Guwosari-Ngadioro-Tagung-Berjo-Pabongan dan Dusun Nglorog.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Paling Populer dan Unik di Karanganyar

“Tapi jalannya cukup sempit dan berliku. Jaraknya lebih jauh dari Sudimoro-Nglorog,” ujarnya.

Perlu diketahui, sekitar Rp 6 miliar dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui bantuan keuangan (Bankeu) digunakan untuk perbaikan jalan Ngargoyoso ruas Sudimoro-Candi Sukuh sepanjang kurang lebih 1 kilometer. Perbaikan berupa cor dan ada juga yang diaspal.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button