Tiket dan Atraksi KEBON GOA - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi KEBON GOA

Harga Tiket Masuk Gua Kebon: Rp.6.000 Jam Buka: 08:00 – 17:00 Nomor Telepon: -Alamat: Dusun VII, Krembangan, Panjatan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55655

Goa Kebon merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Objek wisata dengan perpaduan keindahan air terjun dan pemandangan alam yang asri memanjakan mata. Udara segar dan lokasi yang jauh dari kota akan langsung menghilangkan penat.

Tebing goa di sekitar air terjun semakin mempercantik kawasan wisata ini. Jika puas berada di bawah air terjun, pengunjung bisa langsung menikmati kolam terapi ikan. Sambil menunggu waktu pulang kampung, berfoto di tempat wisata ini menjadi hal yang wajib dilakukan.

Harga tiket masuk Goa Kebon

Pada awalnya, tidak ada biaya masuk ke Goa Kebon. Nah, untuk mengembangkan wisata alam ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000. Biaya parkir sepeda motor Rp 2000 dan mobil Rp 5000.

Harga tiket masuk Goa Kebon
Tiket Rp 6.000

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata Waduk Sermo

Jam Buka Goa Kebon

Wisata alam ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore setiap hari.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 17.00

Tempat Wisata Goa Kebon

Air Terjun di Goa Kebon, Kulon ProgoAir terjun dari mata air yang mengalir di mulut goa. – Foto: Instagram/goakebonkulonprogo

Menuju air terjun, pengunjung disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Kebun warga di kanan kiri membuat perjalanan tidak terlalu melelahkan. Penduduk setempat ramah, menjadi teman yang menghibur di sepanjang jalan.

Perjalanan dari tempat parkir menuju Goa Kebon harus melalui beberapa anak tangga. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Anak tangga ini mengarahkan pengunjung ke mulut goa dengan air terjun yang mengalir.

Tidak perlu khawatir tentang parkir, karena ada halaman yang luas. Tidak hanya sepeda motor dan mobil, beberapa bus besar juga bisa sampai di tempat ini dengan mudah. Penduduk setempat mengklaim bahwa Air Terjun Goa Kebon tidak pernah kering bahkan di musim kemarau. Air yang mengalir di air terjun Goa Kebon berasal dari mata air Sendang Kiai Pitu.

Diklaim tidak pernah kering, seseorang harus sedikit berhati-hati saat berkunjung saat musim hujan. Pada musim ini, debit air di tempat ini cenderung berlebihan. Selain itu, airnya cenderung keruh dan kotor. Di musim panas, selain sejuk, aliran airnya sangat jernih. Sayangnya, ada larangan ketat untuk minum air di tempat ini. Pasalnya, airnya mengandung jeruk nipis yang tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi.

Goa Kebon tidak hanya menawan dengan air terjun di mulut goa. Bagian dalam goa tidak kalah indah dengan susunan bebatuan stalagmit dan stalaktit yang bertemu di tengah goa. Namun, hingga saat ini, tidak ada yang mengetahui kedalaman gua tersebut.

Baca: Tiket dan Atraksi MUDAL RIVER PARK Kulon Progo

Wisata alam dan pendidikan

Kawasan Gua Kebon, Kulon ProgoSejumlah kegiatan dilakukan di kawasan tersebut. – Foto: Instagram/goakebonkulonprogo

Terletak di sebelah barat kota Yogyakarta, kawasan wisata ini menawarkan ketenangan yang dekat dengan alam. Keindahan pemandangan sekitar dijamin bisa membantu menghilangkan stres pengunjung.

Tidak hanya menawarkan wisata alam, disini juga menawarkan wahana outdoor. Beberapa wahana yang tersedia antara lain Campground, Outbound, Fish Therapy, Flying Fox, dan Pool.

Salah satu kegiatan yang menarik di sini adalah berkemah. Perkemahan ini menawarkan area berkemah untuk membuat api unggun di malam hari. Kegiatan dapat berlangsung dengan mengatur waktu dan tanggal kedatangan kepada pengelola.

Selain untuk berwisata, kawasan ini juga bisa digunakan untuk berbagai acara. Beberapa di antaranya adalah paket buka puasa saat puasa atau paket pernikahan di tempat.

Baca: Perkebunan Teh Wisata Nglinggo Green Hills

Spot foto cantik di Goa Kebon

Spot Foto Favorit di Air Terjun Goa Kebon, Kulon ProgoMengagumi keindahan air terjun di mulut goa, spot foto favorit pengunjung ini patut untuk dicoba. – Foto: Google Maps/Rida Oktavian

Rasanya tidak enak jika tidak berfoto saat berkunjung ke Goa Kebon. Di kawasan ini, pengunjung bisa berfoto di depan spot yang didesain khusus dengan tulisan “Wisata Alam Goa Kebon”. Spot foto ini berbentuk potongan kayu setengah lingkaran.

Spot foto wajib lainnya adalah tepat di pintu masuk goa. Terbuat dari bambu berbentuk pintu, pengunjung bisa langsung melihat tulisan “Selamat Datang di Wisata Alam Goa Kebon”.

Menangkap indahnya area sekitar, pengunjung juga bisa berfoto di depan air terjun yang mengalir melalui mulut goa. Duduk menghadap gua atau berdiri membelakangi air terjun adalah pose yang paling populer. Tidak hanya dari depan, pengunjung juga bisa masuk ke dalam goa untuk mengabadikan momen jalan-jalan. Batu-batu di dalam gua tersusun secara alami dalam latar belakang foto yang indah.

Meredakan

Meski termasuk wisata alam dan wisata edukasi, fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Ada toilet yang bersih dan terawat, kemudian ada mushola dan tempat parkir yang cukup luas.

Lokasi dan alamat Goa Kebon

Wisata gua ini terletak di Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata alam dan wisata edukasi ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta yang mengarah ke barat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button