Gondola Pantai Timang, destinasi wisata ekstrim di Jogja, berani coba? - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Gondola Pantai Timang, destinasi wisata ekstrim di Jogja, berani coba? – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pengunjung menjajal gondola di Pantai Timang, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. (jogjaprov.go.id)

Solopos.com, JOGJA — Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata paling populer. Kawasan ini memiliki destinasi wisata yang cukup lengkap mulai dari destinasi wisata alam, budaya, seni dan belanja. Selain itu, Jogja juga memiliki wisata ekstrim yang bisa memacu adrenalin.

Salah satu tempat wisata ekstrim di Jogja adalah Pantai Timang dengan tempat wisata gondola dan jembatan gantung.

AksiJos! Petani dan peternak Klaten bisa menjadi pendukung kedaulatan pangan

Destinasi ini terletak di Pantai Timang, Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Gondola Pantai Timang menjadi salah satu destinasi wisata ekstrim di Jogja yang paling terkenal. Butuh perjuangan untuk sampai ke Pantai Timang karena jalannya penuh bebatuan, tikungan tajam dan tanjakan terjal. Jarak dari kota Jogja ke pantai ini sekitar 80 km.

Dikutip dari jogjaprov.go.idNama Timang berasal dari bongkahan batu besar yang memecah ombak di tengah lautan. Batu besar ini disebut Pulau Timang. Sedangkan gondola atau kereta gantung yang melintasi Pulau Timang sudah ada sejak tahun 1997. Saat itu, para nelayan menggunakan gondola untuk mencari hasil laut berupa lobster. Hal ini terjadi karena tidak memungkinkan bagi nelayan untuk menyeberang dengan perahu karena ombak dan air cukup kuat.

Karena banyaknya wisatawan yang tertarik, pengelola pantai ini menjadikan gondola kayu sebagai salah satu daya tarik di Pantai Timang.

Baca juga: Adu Banteng di Lereng Sambeng Gunungkidul, Pengendara Motor Patah Kaki

Gondola yang menghubungkan Pantai Timang dengan Pulau Timang ini terbuat dari kayu akasia, katrol dan tali yang kuat. Penggunaan tali karena lebih terasa terkena air laut dibandingkan besi dan baja.

Gondola Pantai Timang, salah satu destinasi wisata ekstrim di Jogja, diresmikan pada tahun 2012. Sejak saat itu, semakin banyak wisatawan yang datang untuk mencoba objek wisata yang memacu adrenalin ini.

Namun, untuk menikmati gondola ini Anda harus bersabar. Karena gondola hanya bisa diisi oleh satu orang. Wisatawan meluncur di sepanjang trek sepanjang 98 meter di ketinggian 9-11 meter di atas permukaan laut. Jangan heran jika angin laut atau ombak besar bertiup, gondola kayu akan bergoyang.

Baca Juga: Mulai 2023, Bus Wisata ke Jogja Harus Parkir di Terminal Giwangan

Keunikan gondola di Pantai Timang adalah tenaga manusianya menggunakan tali dan katrol bukan tenaga mesin. Namun, gondola terbukti aman.

Kalaupun ekstrim, wisatawan yang datang ke tempat ini tidak akan kecewa dengan pemandangan yang didapat. Setibanya di Pulau Timang, wisatawan akan dibuat takjub dengan pemandangan laut yang sangat indah.

Bagi yang takut naik gondola, wisatawan juga bisa mencoba berjalan di jembatan gantung untuk menuju Pulau Timang. Jembatan gantung ini tidak kalah ekstrimnya. Jembatan gantung ini terletak di sebelah gondola. Jembatan gantung ini selesai dibangun pada Maret 2017.

Baca Juga: Lelang Gagal, Pembangunan Gedung DPRD Gunungkidul Tertunda Rp 42 Miliar

Jembatan gantung ini juga merupakan wahana ekstrim di Jogja. Jembatan gantung ini terbuat dari kayu dengan panjang 120 meter dengan tali sebagai penyangganya. Jika Anda berjalan di jembatan ini dan ada angin laut, jembatan ini akan bergoyang.

Tiket masuk Pantai Timang hanya Rp 10.000 per orang. Biaya parkirnya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Untuk naik gondola, tarifnya Rp 200.000 per orang. Untuk menyeberangi jembatan Anda perlu membayar Rp100.000 per orang.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button