Tiket dan Aktivitas TIRTA GANGGA - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas TIRTA GANGGA

Tiket dan Aktivitas TIRTA GANGGA

Harga tiket masuk Taman Tirtagangga: Rp 15.000 hingga Rp 50.000. Jam buka: 07:30-18:30 WIB. Nomor telepon: -. Alamat: Jalan Raya Desa Adat Abang, Ababi, Abang, Karangasem, Bali, Indonesia, 80852.

Istana Air Tirta Gangga merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang menawan di Karangasem. Cagar budaya ini dibangun oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1946. Taman air ini juga berfungsi sebagai tempat pemujaan dan pemandian.

Nama Tirta Gangga terinspirasi dari Sungai Gangga, sungai suci umat Hindu di India. Air di tempat ini dianggap keramat karena merupakan mata air alami dari dalam tanah.

Harga tiket masuk ke Tirta Gangga

Untuk bisa berkeliling kawasan cantik istana air ini, pengunjung harus membeli tiket masuk. Harga tiket masuk tempat wisata ini masih relatif terjangkau, berlaku untuk segala usia dan semua periode kunjungan.

Harga tiket masuk ke Tirta Gangga
Tiket masuk domestik dewasa Rp 25.000
Tiket masuk nasional untuk anak-anak berusia 5 hingga 12 tahun Rp 15.000
Tiket masuk internasional Rp 50.000
Jukung/perahu tradisional Rp 20.000
Tiket masuk ke kolam renang Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk Pura Besakih Karangasem dan Aneka Aktivitas

Informasi penting sebelum mengunjungi Tirta Gangga:

  • Wajib mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menghormati jarak.
  • Pengunjung harus mengunduh dan memiliki aplikasi PeduliLindungi.
  • Lakukan pemindaian kode QR di tempat wisata.

Bagi wisatawan mancanegara, silahkan baca artikel ini untuk informasi lengkap tentang istana air ini (biaya masuk asing dan kegiatan utama).

Jam buka

Taman hiburan istana air ini beroperasi setiap hari, hari kerja, dan akhir pekan. Buka dari pagi hingga sore hari.

Waktu operasional
Senin minggu 07.30 – 18.30

Beragam kegiatan wisata

Tirta Gangga semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kunjungan wisatawan rata-rata mencapai 1.000 orang per hari, kebanyakan wisatawan mancanegara.

Gerbang masuk ke istana air yang menyerupai gerbang ini dijuluki oleh wisatawan sebagaiGerbang surga‘. Beroperasi sebagai tempat ibadah, wisatawan harus selalu memperhatikan etika saat memasuki Wisata Pantai Raja Karangasem.

Menikmati keindahan panorama taman

Keindahan taman istana air tirta ganggaKeindahan taman Istana Air Tirta Gangga semakin lengkap dengan patung-patung batu dan ornamen di atas kolam. Foto: Google Maps/Alin Herlana

Terletak di tengah persawahan dan perbukitan hijau, Tirta Gangga sangat indah dengan panorama alamnya. Suhu tempat wisata ini sejuk dengan udara segar karena berada di ketinggian.

Masuk melalui gerbang utama, wisatawan akan disambut oleh keindahan dan kemegahan tempat pemandian yang terjaga dengan baik ini. Sebagaimana diwartakan oleh raja-raja kuno Karangasem, pengelola dan masyarakat sekitar sangat memperhatikan kebersihan tempat tersebut.

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata Pura Lempuyang

Wisatawan juga bisa melihat Gunung Agung karena jaraknya yang cukup dekat. Dalam keadaan aktif, Gunung Agung justru menawarkan daya tarik yang mengundang peningkatan kunjungan. Wisatawan biasanya ingin melihat visual Gunung Agung dengan semburan lahar panas dan abunya.

Pesona kompleks taman Petirtaan

kawasan kompleks istana airBangunan Tirta Gangga berbentuk memanjang dengan berbagai kolam, ornamen dekoratif, patung, dan tanaman yang indah. Foto: Instagram/itamita15

Bangunan Tirta Gangga berbentuk memanjang seluas 1,2 hektar yang terdiri dari tiga tingkat. Bagian-bagiannya meliputi kuil, mata air, bangunan pelindung mata air, dan menara air. Terdapat berbagai kolam besar dan kecil, patung, tempat penangkaran ikan hias dan aneka tanaman.

Unsur taman pada kawasan taman merupakan bentuk hubungan manusia, alam dan budaya yang harmonis. Hal tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Terutama arsitekturnya yang merupakan gaya khas Bali.

Baca: Tiket Masuk Pura Tanah Lot dan Tempat Wisata

Di kompleks yang dibangun oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem ini juga terdapat sebuah pura yang berdiri kokoh. Tirta Gangga dibangun sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat Hindu di Bali. Bagi pemeluk agama Hindu, tempat ini juga berguna sebagai tempat ibadah.

Air suci Tirta Gangga

Taman Istana Air Tirta GanggaTaman Istana Air Tirta Gangga Karangasem.
Foto: Instagram/simonebusi88

Memasuki pelataran taman istana air ini, suasana segar dan asri menyambut wisatawan. Di sisi kanan taman terdapat kolam yang dipenuhi jalan setapak batu hias berbentuk koin dan patung dewa. Jalur batu yang ditata untuk menghindari kolam memungkinkan wisatawan berjalan di zona tengah.

“Tirta” artinya air, sedangkan “Gangga” adalah sungai suci bagi umat Hindu di India. Air di Tirta Gangga jernih dan bersih karena berasal dari mata air alami di sekitar pegunungan. Sumber ini digunakan sebagai air minum dan air suci bagi masyarakat Hindu Bali.

Di taman ini terdapat sebuah kolam dengan banyak ikan mas raksasa. Apalagi ada juga kolam renang yang berguna sebagai tempat berenang. Setelah terkena dampak letusan Gunung Agung pada tahun 1963, pemerintah setempat merenovasinya sesuai dengan struktur arsitektur aslinya.

Berenang

Taman hiburan ini juga menawarkan beberapa jenis kolam renang untuk wisatawan. Kolam renang tersedia untuk dewasa dan anak-anak.

Airnya berasal dari mata air pegunungan alami yang ada di sekitar lokasi wisata. Kejernihan airnya yang bersih membuat aktivitas berenang terasa alami dan menyegarkan.

Di atas perahu

keliling istana air dengan perahuPerahu berkapasitas 3-5 orang ini akan mengantarkan wisatawan ke perairan Tirta Gangga yang mirip sungai dan melintas di bawah jembatan.
Foto: Instagram/bagusbaliardhi

Kompleks Tirta Gangga dengan kolam renang memanjang membentuk jalur bagi wisatawan. Wisatawan dapat melakukan perjalanan kolam dengan perahu.

Berkapasitas 3 hingga 5 orang, perahu ini akan membawa wisatawan menjelajahi perairan yang mirip sungai. Wisatawan juga akan diajak melintasi perairan di bawah jembatan yang menghubungkan kawasan tersebut.

Mengambil gambar

Tangga batu hias berbentuk koin menjadi spot foto yang unik dan menjadi favorit wisatawan di Tirta Gangga KarangasemJalur batu hias berbentuk koin menjadi spot foto yang unik dan menjadi favorit wisatawan di Tirta Gangga. Foto: Instagram/tirtaganggaa

Bagian tengah kolam dilengkapi dengan patung dewa dan ornamen taman. Di sekeliling taman tertata rapi berbagai tanaman dan bunga.

Di dalam kolam juga terdapat ikan hias yang sisiknya berkilauan karena pantulan cahaya. Ikan-ikan ini akan mendekati wisatawan karena sudah terbiasa diberi makan.

Terletak di taman yang asri ini, wisatawan bisa berpose di setiap sudut fotogenik. Salah satu tempat menarik di Tirta Gangga untuk berfoto adalah kaki batu perak di tengah kolam. Wisatawan bisa berpose di atasnya yang memberikan efek mengambang di atas air.

Meredakan

Tempat wisata ini memiliki fasilitas lengkap khas tempat wisata. Seperti area parkir, akomodasi, restoran dan warung makan.

Akses menuju lokasi Istana Air Tirta Gangga

Water Palace dapat diakses dari beberapa lokasi. Memang lokasinya paling dekat dengan kota Amlapura yang merupakan ibu kota Karangasem.

Dari Seminyak : Dari kawasan Seminyak, istana air ini berjarak sekitar 80 kilometer ke arah utara dengan jarak tempuh berkendara sekitar 2,5 jam. Bypass DR. Ida Bagus Mantra.

Dari Ubud: Sementara wisatawan dari kawasan Ubud lebih dekat, sekitar 60 kilometer ke arah timur. Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Kontak dan Lokasi Taman Tirta Gangga

Taman hiburan istana air ini terletak di desa adat Jalan Raya Abang, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali 80852. Berjarak kurang lebih 6 kilometer dari pusat kota Amlapura.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button