Pantai Sedahan, Panorama Alam yang Eksotis di Gunung Kidul Jogja - WisataHits
wisatahits

Pantai Sedahan, Panorama Alam yang Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Pantai Sedahan salah satu pantai populer dan menawan di Gunung Kidul, Jogja yang patut untuk dijelajahi. Objek wisata yang tersembunyi di antara perbukitan karang ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut, ombak khas pantai selatan dan cocok dijadikan sebagai tempat camping.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Gunung Kidul menawarkan deretan pantai yang indah untuk dijelajahi, termasuk Pantai Sedahan. Pantai ini disebut-sebut sebagai permata tersembunyi di lingkungan ini karena keindahannya belum banyak dikenal dan disentuh. Bagi Anda yang sedang mencari destinasi baru untuk dijelajahi di Gunung Kidul, Jogja, pantai ini sangat direkomendasikan. Lokasinya yang cukup tersembunyi juga menyembunyikan pesonanya yang luar biasa.

Sebelum memutuskan untuk berlibur di pantai ini, ulasan singkat dan jelas tentang berbagai aspek pantai ini bisa menjadi panduan Anda. Dari informasi ini, setidaknya Anda bisa mengetahui dasar-dasar dan atraksi yang membuat pantai ini begitu menakjubkan.

Atraksi Pantai Sedahan

Aktivitas di Pantai SedahanFoto dari Google Maps Valisca Ulir

Tempat wisata tepi laut ini menawarkan daya tarik yang tidak jauh dari pemandangan hamparan laut dan pantai pasir putihnya. Selain itu, ada berbagai atraksi lain yang bisa ditemukan di Pantai Sedahan.

1. Bukit karang yang menyembunyikan Pantai Sedahan

Daya tarik yang paling membuat penasaran adalah bukit karang yang berdiri kokoh di sisi kanan dan kiri pantai. Keberadaan dua bukit karang ini seolah menyembunyikan keberadaan pantai pasir putih ini.

Selain itu, dari kedua bukit ini, pengunjung umumnya menikmati pemandangan pantai yang lebih luas. Meski untuk mencapai puncak bukit karang ini membutuhkan perjuangan, namun saat berada di puncak, Anda bisa melihat pemandangan pantai ini dari perspektif yang lebih luas, yang jauh lebih menakjubkan.

2. Pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang eksotis

Saat mengunjungi objek wisata pantai, pemandangan momen sunset atau sunrise merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Inilah daya tarik lain yang ditawarkan oleh pantai yang terletak di desa Jepitu ini.

Pemandangan sunset atau matahari terbit bisa dinikmati tepat di tepi pantai atau dari atas bukit karang di kedua sisi pantai. Kedua bukit karang ini biasanya menjadi spot favorit pengunjung untuk menikmati sunset.

3. Pantai tempat penyu mendarat

Atraksi Pantai Sedahan LainnyaFoto dari Google Maps Husein Arbi

Anda tidak harus jauh-jauh datang ke Bali jika ingin melihat penyu bertelur. Pantai Sedahan yang masih sangat bersih dan asri seringkali menjadi tempat pendaratan penyu sekaligus tempat bertelur.

Beberapa jenis penyu langka bahkan sering terlihat bertelur di sekitar pantai ini. Namun, sebaiknya pengunjung tidak mengganggu proses bertelur atau mengambil telur penyu untuk menjaga keawetannya. Anda tinggal melihat dan menikmati aktivitas penyu ini dari jauh.

4. Air laut yang jernih dan pasir putih

Tidak lengkap rasanya jika Anda pergi ke pantai tanpa memanfaatkan pemandangan yang menanti Anda. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih halus. Ditambah dengan air laut yang jernih dengan ombak yang tidak begitu besar semakin mempercantik pemandangan di pantai ini.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket Pantai Sedahan

Alamat Pantai SedahanFoto dari Google Maps Muhammad Gege Idhar Dewangga

Pantai Sedahan terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke lokasi pantai ini sekitar 85 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 27 menit dengan kendaraan bermotor.

Dari pusat kota Yogyakarta, berjalanlah ke timur melalui Jl.KH. Ahmad Dahlan menuju Jl.Panembahan Senopati 9. Setelah sampai perempatan, terus melewati Jl.Brigjen Katamso sampai perempatan berikutnya, ke arah timur menuju Jl.Kolonel Sugiono.

Setelah sampai di pertigaan ke selatan lewat Jl Sisingamangaraja lurus terus sampai ketemu Jl Imogiri Barat. Jika menemukan pertigaan, ambil arah timur menuju Jl Bakulan Imogiri, setelah melewati pertigaan, pilih barat menuju Jl Imogiri Silouk.

Setelah jalan terus, barulah melewati Jl.Panggang Siluk. Sampai di pertigaan ke timur, lewati Jl.Wonosari Panggang Festival. Kemudian dilanjutkan ke Jalan Pantai Selatan Jawa. Setelah sampai di sini akan ada pertigaan lagi, menuju ke selatan lalu langsung menuju Jalan Wediombo Jungwok. Langsung menuju Pantai Jungwok. Ikuti jalan ini dari Pantai Jungwok untuk sampai ke lokasi Sedahan yang Anda tuju.

Setiap pengunjung yang masuk ke Pantai Sedahan akan dikenakan tiket masuk. Harganya sangat terjangkau, Rp 5.000 untuk tiket masuknya. Jika membawa kendaraan sendiri, Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor.

Karena pantai ini menawarkan fasilitas camping, Anda harus membayar biaya sebesar Rp 10.000 per tenda. Jika tidak membawa tenda, tidak perlu khawatir karena disini juga terdapat persewaan tenda dengan harga yang bervariasi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sedahan

Aktivitas di Pantai SedahanKredit gambar: Facebook Adeliana Pupita Ningsih

Pantai ini belum begitu dikenal oleh wisatawan. Namun, itu adalah daya tarik yang tidak dapat diperoleh dari pantai lain yang sudah populer. Anda juga tidak perlu khawatir jika berkunjung ke pantai ini karena ada banyak aktivitas menarik dan menyenangkan yang bisa dilakukan di sini.

1. Manfaatkan lokasi eksotis

Pantai Sedahan memiliki daya tarik berupa dua bukit karang yang mengapit di kanan dan kiri. Hal inilah yang membuatnya semakin eksotis, karena Anda akan mendapatkan kesan berada di pulau pribadi dan tersembunyi.

Hamparan air laut yang jernih berwarna kebiruan diapit oleh dua bukit karang, serta pantai pasir putih yang halus akan memberikan perasaan yang menenangkan. Anda juga bisa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto dengan latar belakang pantai dan dua bukit karang yang membatasinya.

2. Saksikan panorama matahari terbenam dan matahari terbit

Aktivitas seru yang wajib kamu lakukan di pantai ini adalah menikmati pemandangan sunset dan sunrise dari atas bukit karang. Pendakian ke puncak ini membutuhkan perjuangan, namun pemandangan sunset dari sini malah lebih mempesona.

Hal yang sama juga bisa dicapai saat melihat pemandangan matahari terbit. Jangan lupa untuk mengabadikan pengalaman tak terlupakan ini dalam bidikan kamera. Dijamin, Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

3. Berkemah di sekitar pantai

Anda bisa menikmati pemandangan Pantai Sedahan lebih lama saat berkemah. Ada beberapa tempat yang bisa Anda pilih sebagai tempat berkemah. Selain camping di pinggir pantai, spot camping favorit ada di bukit karang yang berbatasan dengan pantai ini.

4. Memancing di Bukit Karang

Aktivitas menarik di Pantai SedahanKredit gambar: Facebook Vonny Jesicha Pobela

Saat berkemah, tidak ada salahnya mencoba sensasi memancing dari satu sisi puncak bukit karang di pantai ini, yaitu di sisi timur. Tempat ini adalah tempat memancing favorit karena banyak pemancing yang menangkap ikan besar di sini. Anda tetap harus berhati-hati karena karangnya licin, apalagi sehabis hujan.

5. Jalan-jalan di pantai

Nah, kalau kamu suka jalan-jalan, aktivitas pantai ini juga bisa jadi salah satu rekomendasi aktivitas seru. Lokasi pantai yang dekat dengan pantai lain memungkinkan Anda untuk menjelajahi pantai-pantai tersebut sekaligus bahkan dengan berjalan kaki.

Akomodasi Murah Dekat Pantai Sedahan Lokasi

Akomodasi di Pantai JungwokKredit gambar: Google Maps Rochmat Purwanto

Menemukan akomodasi terdekat dengan Pantai Sedahan tentunya akan memudahkan Anda selama berkunjung. Ada beberapa pilihan akomodasi yang terletak di dekat pantai ini.

1. Pondok & Restoran Joglo Wediombo

Pilihan akomodasi pertama ini menawarkan harga terjangkau dengan kamar yang bisa ditempati dua orang. Fasilitas kamar yang lengkap beserta berbagai fasilitas penunjang lainnya seperti sarapan pasti akan membuat Anda semakin nyaman. Dari lokasi hostel ini menuju Pantai Sedahan hanya membutuhkan waktu 9 menit dengan mobil.

2. Lembah Bukit Hut

Hostel bintang satu ini merupakan tipe hotel bintang satu yang tentunya memungkinkan Anda untuk menginap dengan harga per malam yang sangat terjangkau. Meski terjangkau, fasilitas yang Anda nikmati tidak akan mengecewakan.

Dengan tarif menginap mulai dari 50.000 per malam, Anda sudah bisa mendapatkan kamar dengan tempat tidur dan kasur yang nyaman, walaupun tidak ada AC namun tetap disediakan kipas angin di sana. Belum lagi kamar mandi pribadi yang pastinya akan membuat Anda semakin nyaman.

3. Akomodasi & Restoran ROOSYTA

Penginapan lain yang dapat ditemukan di dekat pantai yang indah ini adalah ROOSYTA Lodging & Restaurant. Seperti namanya, penginapan ini juga merupakan tempat makan yang biasanya sering dikunjungi wisatawan.

Menginap di sini membutuhkan budget yang lebih tinggi, yaitu sekitar 200.000 per malam. Namun, Anda dijamin akan mendapatkan fasilitas super lengkap dan tentunya akses pantai yang lebih mudah.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sedahan Gunung Kidul

Fasilitas Pantai SedahanFoto dari Google Maps Ahmad Fauzi lubis

Aspek terakhir yang perlu Anda ketahui adalah fasilitas pendukung yang tersedia di sini. Hal ini penting untuk diketahui karena akan sangat mempengaruhi kenyamanan Anda saat menghabiskan waktu berlibur di pantai ini.

Tempat parkir

Bagi pengunjung yang datang dengan membawa kendaraan, keamanan kendaraan tentu menjadi hal yang sangat diperhatikan. Anda tidak perlu khawatir karena di kawasan Pantai Sedahan sudah tersedia tempat parkir. Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 3.000 untuk sepeda motor dan 5.000 untuk mobil.

Toilet umum

Toilet umum juga menjadi salah satu fasilitas yang paling banyak dicari, terutama di sebuah objek wisata. Di kawasan pantai ini juga terdapat toilet umum yang bersih dengan air tawar yang bersih. Perlu diperhatikan bahwa untuk menggunakan toilet umum ini tentunya Anda juga harus membayar biaya yang berbeda.

Tempat Ibadah (Mushola)

Untuk membuat pengunjung lebih nyaman, di pantai yang indah ini juga terdapat mushola. Tempatnya dijamin bersih dengan ketersediaan air bersih untuk wudhu yang melimpah.

tempat-tempat untuk makan

Warung makan juga berjejer di sekitar pantai jika Anda lapar dan perlu mengisi ulang tenaga setelah lelah bermain di pantai. Menu yang dijual di kedai ini tidak variatif, hanya mie instan dan kopi. Namun, itu tentu cukup untuk menyumbat perut.

Demikian ulasan lengkap Pantai Sedahan di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta berupa atraksi, aktivitas menarik yang bisa dilakukan, lokasi dan rute menuju fasilitas yang tersedia. Anda pasti membutuhkan informasi ini sebelum menjelajahi kisaran ini lebih jauh sebagai referensi untuk persediaan dan persiapan yang mungkin Anda perlukan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button