Kedung Pedut, 4 hal menarik dan unik dari air terjun populer di Kulon Progo Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Kedung Pedut, 4 hal menarik dan unik dari air terjun populer di Kulon Progo Yogyakarta

PeekLifestyle Celebrities – Kedung Pedut adalah tempat wisata populer di daerah Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat wisata ini adalah air terjun yang juga dikenal dengan nama Curug Kedung Pedut.

Nama “Kedung” berarti genangan air atau kolam sedangkan “Pedut” berarti kabut. Tempat wisata ini terkenal dengan tempatnya yang indah dan asri. Belum lagi warna airnya yang indah membuat semua orang terpesona. Warna air terjun ini bahkan terbagi menjadi 2 warna di sini, yaitu putih dan hijau.

Bukan tanpa alasan warna putih tersebut disebabkan oleh derasnya aliran air dari air terjun. Sedangkan warna hijau air terjadi sebagai refleksi dari batuan dasar sungai yang terpancar oleh matahari.

Destinasi wisata ini terletak di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Bunga, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ingin tahu informasi lebih lanjut tentang atraksi di tiket masuk tempat wisata ini? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Atraksi Kedung Pedut

gmaps/Wisata Jogja

Foto : gmaps/Jogja Tour

Ada berbagai hal menarik yang menjadi daya tarik Air Terjun Kedung Pedut. Mari kita lihat baris berikut.

1. Berenang di air terjun

wisata gmaps/jogja21

Foto : wisata gmaps/jogja21

Mengunjungi wisata air terjun membuat rasanya tidak lengkap tanpa bermain air. Anda juga bisa berenang dan bermain air di lokasi Kedung Pedut. Airnya jernih dan dingin, sehingga Anda akan betah berlama-lama di sini. Jika Anda tidak bisa berenang, jangan khawatir, beberapa juga menyewakan pelampung dan simpai agar Anda bisa bermain di sana. Pelampung disewa mulai dari harga Rp 10.000 saja.

Namun jika Anda membawa anak-anak tentunya akan membutuhkan dukungan ekstra karena ada bagian kolam yang memiliki kedalaman yang cukup tinggi untuk anak-anak. Dapat diundang untuk bermain di pinggiran dengan catatan masih ditemani dan diawasi.

Selain itu, ternyata air terjun ini tidak hanya satu, tapi ada banyak. Jadi Anda bisa menjelajah satu per satu untuk merasakan sensasi berbeda dari masing-masing kolam.

2. Suasana alam yang sejuk

gmaps/Mumtaz Mahfud

Foto: gmaps/Mumtaz Mahfud

Tentunya seperti tempat wisata air terjun, akan dikelilingi oleh pepohonan rindang di sebelah kanannya. Membuat lokasi ini tampak tersembunyi di antara pepohonan yang tinggi menjulang. Oleh karena itu, jangan heran jika suasananya akan sejuk dan sejuk.

Sangat cocok bagi anda yang penat dari aktivitas sehari-hari dan ingin bersantai sejenak dengan mengunjungi tempat wisata alam yang menawarkan keindahannya.

3. Tempat foto

gmaps/Haruyuki

Foto: gmaps/Haruyuki

Perjalanan tidak pernah lengkap tanpa mengabadikannya dalam gambar. Di sini Anda juga bisa mencari berbagai spot foto menarik untuk mengabadikan momen Anda saat mengunjungi salah satu wisata populer di Kulon Progo ini.

Selain itu, pengelola juga telah menyediakan berbagai spot foto lucu yang bisa dijadikan background saat berfoto. Jika Anda menyukai fotografi, Anda juga bisa mengasah kemampuan Anda di sini dengan memotret keindahan alam di sekitar air terjun.

4. Wisata Keluar

gmaps/Ahmad Syaifudin

Foto: gmaps/Ahmad Syaifudin

Keseruan tempat wisata yang satu ini sepertinya tidak ada habisnya. Karena ada juga wisata outbond yang bisa kamu coba. Ada flying fox yang bisa Anda coba untuk menguji adrenalin Anda. Meski begitu, Anda akan dibuat takjub dengan keindahan alam sekitar yang bisa Anda lihat dari atas.

Anda akan dipandu melewati air terjun dan melihat secara langsung betapa mempesonanya air terjun yang jatuh ke dalam kolam hingga akhirnya mengalir ke area kolam.

Tiket Masuk dan Fasilitas Air Terjun Kedung Pedut

gmaps/Damayt

Foto: gmaps/Damayt

Jika Anda tertarik untuk mengikuti wisata yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket. Karena harga tiketnya relatif murah. Hanya dengan membayar Rp 15.000 saja sudah bisa masuk dan menikmati suasana alam di sekitar Kedung Pedut lho.

Sebaliknya jika membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tarif Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor. Tempat parkirnya juga cukup lengkap. Di sini fasilitas yang disediakan cukup lengkap.

Mulai dari beberapa ruang ganti, kantin yang menawarkan berbagai makanan khas daerah untuk dicoba, toilet bersih dan mushola yang bisa digunakan pengunjung muslim untuk beribadah.

Selain itu, terdapat juga kios-kios yang menjual berbagai oleh-oleh yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh setelah mengunjungi Air Terjun Kedung Pedut.

Rute ke lokasi

gmaps/Wisata Jogja

Foto : gmaps/Jogja Tour

Dibutuhkan waktu sekitar 32 menit untuk mencapai tempat ini jika Anda datang dari kawasan Kota Kulon Progo. Jaraknya sekitar 13,3 km. Itu dekat dan cukup terjangkau. Di sisi lain, jika Anda datang dari daerah Yogyakarta, akan memakan waktu sedikit lebih lama, sekitar 1 jam.

Dari Tugu Yogyakarta, Anda bisa menuju ke barat hingga sampai ke perempatan Ring Road Barat Demak Ijo. Setelah itu, ambil Jalan Godean hingga sampai di Pasar Godean. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di Pasar Kenteng.

Kemudian lanjutkan lagi menuju Pendakian Menoreh hingga tiba di pertigaan dan ambil arah menuju Gua Kiskendo. Lalu ada pertigaan dan ambil kiri sejauh 4 km. Tidak jauh dari sana terdapat Gorjogan Mudal, lalu belok kiri hingga sampai di air terjun Kembang Soka. Nanti ada petunjuk arah yang akan membawa anda ke tempat wisata Kedung Pedut

Atau bisa juga menggunakan google maps, lokasinya cukup akurat. Meski Anda akan berjalan melewati area yang berbeda, pemandangan di sekitar air terjun akan menghilangkan kepenatan Anda di sepanjang perjalanan. Jika Anda membawa kendaraan sendiri, pastikan rem berfungsi dengan baik. Karena jalan menuju lokasi cukup menanjak, maka perlu konsentrasi dan rem kendaraan yang berfungsi dengan baik agar tetap aman.

Tips berkunjung ke Curug

gmaps/Syani Soeparno Putri

Foto: gmaps/Syani Soeparno Putri

Saat mengunjungi air terjun alami, ada beberapa tips yang tim IntipSeleb rekomendasikan. Suasana alamnya sejuk, ada baiknya membawa baju tebal seperti jaket agar tidak kedinginan. Anda juga bisa membawa baju ganti jika memang ingin bermain air di sekitar air terjun.

Selain itu, area air terjun yang basah dapat menyebabkan beberapa area menjadi licin karena berlumut. Ada baiknya memakai sandal gunung, sandal karet atau sepatu agar tidak terpeleset. Jika kemudian membawa bekal, ada baiknya Anda membawa kantong plastik besar untuk menyimpan sampah.

Budayakan membuang sampah pada tempatnya agar tempat wisata ini tetap asri dan asri tanpa tercemar sampah.

Demikian rangkaian informasi yang dihimpun tim IntipCeleb terkait Kedung Pedut Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk informasi tentang harga tiket, dll., harap diperhatikan bahwa ini dapat berubah seiring waktu.

Namun, kami berharap apa yang disajikan dalam artikel ini dapat menjadi tolak ukur Anda selama berlibur di Kulon Progo. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan Selamat Berlibur! (jra)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button