GM Utut Adianto terpilih sebagai Presiden FIDE Zone 3.3 Asia - WisataHits
Jawa Tengah

GM Utut Adianto terpilih sebagai Presiden FIDE Zone 3.3 Asia

TEMPO.CO, jakarta – Ketua Umum Federasi Catur Indonesia (Percasi), Grandmaster Utut Adianto, terpilih sebagai Presiden Zona 3.3 Asia dari Federasi Catur Internasional (FIDE). Utut terpilih secara aklamasi pada Kongres FIDE yang diadakan pada Jumat 5 Agustus 2022 di Chennai, India.

Zona 3.3 Asia terdiri dari 17 negara atau perwakilan anggota International Chess Federation (FIDE), yaitu negara-negara ASEAN (Brunai Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor-Leste dan Vietnam) ditambah Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Makau, Mongolia, dan Taiwan.

Pemilihan berlangsung pada Kongres FIDE 2022 yang berlangsung dari 1 Agustus 2022 hingga 8 Agustus 2022 di Leela Palace Hotel, Chennai, India. Puncak agenda Kongres FIDE adalah Pemilihan Presiden FIDE periode 2022-2026 yang akan berlangsung pada 7 Agustus 2022.

Dalam kesempatan itu, GM Utut Adianto, President-elect FIDE Zone 3.3 Asia, berharap dapat menyatukan komunitas catur di kawasan ASEAN dan Timur Jauh. “Saya berharap permainan catur di zona ini juga akan semakin baik ke depannya karena kita memiliki banyak pemain catur yang bagus,” ujarnya.

Sebagai informasi, FIDE membagi 185 negara anggotanya menjadi beberapa zona. Untuk kawasan Asia Oceania hingga Australia yang terdiri dari 52 negara dibagi menjadi zona 3.1 hingga 3.7. Begitu juga dengan Eropa, Amerika, Amerika Latin, Rusia dan Afrika yang terbagi menjadi beberapa zona berbeda.

EIBEN HEIZIER

Baca: Olimpiade Catur 2022, GM Utut Adianti Calon Presiden FIDE Zone 3.3 ASEAN dan Asia Timur

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: sport.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button