Curup Gangsa, air terjun yang indah dengan pemandangan alam yang menakjubkan di jalur yang benar - WisataHits
wisatahits

Curup Gangsa, air terjun yang indah dengan pemandangan alam yang menakjubkan di jalur yang benar

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Way City, Kec. Kasui, Kab. Jalan Kanan, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Curup Gangsa, salah satu objek wisata air terjun yang sangat indah di Kabupaten Way Kanan Lampung, namun masih banyak yang belum mengetahuinya. Bagi pengunjung, objek wisata ini merupakan surga tersembunyi dari destinasi yang berada di Lampung. Sepanjang jalan, Anda akan menemukan banyak pepohonan rimbun yang menyejukkan mata seperti kopi, lada dan perkebunan lainnya.

Air terjun ini merupakan tempat wisata yang menjadi favorit para wisatawan di sekitar Lampung. Sumber airnya berasal dari Sungai Way Tangkas yang sangat jernih dan bersih. Untuk menuju lokasi air terjun, Anda harus menuruni beberapa anak tangga yang cukup berat. Setidaknya ada 67 anak tangga yang harus Anda daki.

Ketinggian Air Terjun Curup Gangsa sekitar 50 meter dari permukaan tanah. Menariknya, di sekitar lokasi juga terdapat beberapa air terjun kecil yang bisa menambah keindahannya. Pemandangan air terjun ini juga semakin indah mengingat banyak pepohonan yang mengelilinginya.

Atraksi Curup Gangsa

Atraksi Curup GangsaKredit gambar: Twitter Lampung Direktori

1. Pemandangan yang bagus

Curup Gangsa memiliki pesona yang tak terhindarkan bagi pengunjung. Menghadirkan banyak pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan saat anda berlibur di tempat ini. Banyak spot foto yang disediakan terutama air terjun yang dikelilingi oleh air terjun yang lebih kecil.

Ada juga pepohonan rimbun yang menambah keindahannya. Pemandangan akan semakin indah dan menakjubkan jika dilihat dari sungai. Bebatuan sungai yang kandas di sekitar sungai membuat pemandangan semakin indah. Pemandangan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengabadikan momen saat berlibur.

2. Banyak perkebunan kopi dan lada

Sepanjang jalan Anda akan menemukan banyak perkebunan kopi dan lada. Taman ini juga menjadi daya tarik tersendiri karena Anda akan melihat beberapa orang mengelola atau memanen kopi atau lada. Anda juga bisa membantu memetik langsung kopi yang sudah matang untuk diproses.

3. Perjalanan yang menyenangkan

Bagi pengunjung yang berjiwa petualang, wisata alam Curup Gangsa ini sangat cocok untuk Anda. Karena untuk sampai ke air terjun, Anda akan melewati banyak rintangan. Ada juga 67 anak tangga yang harus dituruni untuk sampai ke Air Terjun Panjang dan panjangnya perjalanan membuat Anda menikmati semua yang ditawarkan objek wisata ini.

Lokasinya yang berada di dalam hutan masih memberikan kesan natural. Tentu perjalanan yang dilakukan sangat panjang dan panjang namun rasa lelah selama perjalanan ini akan terobati sesuai dengan keindahan yang disuguhkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curup GangsaKredit gambar: Google Maps Joko Wijaksono

Air Terjun Curup Gangsa lebih spesifik terletak di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Terletak di Kecamatan Kasui, Desa Kotaway. Dari kota Bandar Lampung, lokasi objek wisata ini dapat ditempuh dalam waktu 4-5 jam melalui jalan lintas tengah Sumatera. Setelah itu, masuk melalui desa dan beberapa perkebunan selama sekitar satu jam.

Dalam perjalanan menuju air terjun Anda akan menemukan banyak pemandangan rumah-rumah yang seolah-olah berada di Bali. Karena setiap rumah di desa ini memiliki pura seperti tempat tinggal di Pulau Dewata. Jika sudah menemukan desa ini, Anda akan datang ke Pasar Kasui. Dari tempat ini Anda membutuhkan perjalanan sekitar 5 kilometer lagi.

Perjalanan yang akan Anda tempuh bukannya tanpa rintangan. Karena jalanan di sini kurang bagus, banyak lubang yang akan membuat Anda kesulitan untuk mencapai objek wisata ini. Begitu sampai di objek wisata ini, rasa lelah yang dirasakan selama perjalanan akan diimbangi dengan keindahan dan pesona yang disuguhkan.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi jika ingin mengunjungi objek wisata ini. Jika menggunakan kendaraan 4×4, perjalanan akan berhenti di Pasar Kasui karena tidak memungkinkan untuk dilalui. Di Pasar Kasui, tersedia pangkalan ojek untuk mengantar Anda ke tempat tujuan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saat mengunjungi Curup Gangsa.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Gangsa CurupKredit gambar: Google Maps M. Saipudin

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, Anda harus membayar tiket masuk. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp 10.000 per orang.

Mengingat banyaknya pengunjung yang datang dari dalam dan luar kawasan, maka akan dikenakan biaya masuk sesuai ketentuan. Hal ini untuk pengelolaan yang lebih baik dan untuk memberikan fasilitas tambahan agar pengunjung lebih nyaman.

Untuk biaya parkir, Anda akan dikenakan biaya Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat atau bus wisata dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk biaya ojek di Pasar Kasui dikenakan biaya sekitar Rp 30.000 per orang.

Curup Gangsa sendiri buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB dan tutup pada pukul 18:00 WIB. Sebaiknya Anda berkunjung pada siang hari, karena saat itu Anda bisa merasakan kesejukan air terjun yang berpadu dengan terik matahari.

Kegiatan menarik dilakukan di Curup Gangsa

Hal yang Dapat Dilakukan di Curup GangsaKredit gambar: Twitter Fajrin Herris Gembel

1. Perkemahan

Setibanya di air terjun, pengunjung akan disambut oleh bumi perkemahan yang umumnya digunakan untuk berkemah. Terkadang banyak mahasiswa institusi pendidikan mengadakan acara camping di kawasan ini. Selain itu, banyak juga pengunjung dari luar daerah yang datang ke perkemahan.

Saat berkemah di sekitar Air Terjun Curup Gangsa, sebaiknya Anda membawa barang-barang yang Anda butuhkan. Seperti selimut, baju tebal, sepatu, dll. Karena pada malam hari udara di sekitar air terjun menjadi sangat dingin.

2. Mendaki

Selain bermain air, Anda juga bisa mendaki puncak bukit berbatu yang terdapat pura suci. Pura ini digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah. Dan ada juga Kentongan yang dihormati oleh penduduk setempat. Oleh karena itu dilarang bagi pengunjung untuk merusak atau memukulnya.

Saat sampai di puncak, Anda akan dimanjakan dengan panorama Bukit Munggur yang luar biasa. Dari atas Anda bisa melihat lokasi di kawasan air terjun dengan sangat jelas. Banyak pemandangan indah terlihat jelas dari atas.

3. Berburu spot foto

Ada banyak spot foto yang tersedia bagi Anda yang ingin mengabadikan momen liburan Anda. Seperti kawasan yang menjorok langsung ke air terjun, aliran sungai yang memiliki banyak bebatuan bertebaran di bawah air terjun, pemandangan hijau pepohonan di sekitar air terjun, hingga jembatan kayu yang membelah sungai.

Selain itu, ada juga spot foto lainnya yang wajib kamu coba. Seperti gambar cinta merah, gazebo, tangga pohon unik untuk dijadikan background.

4. Berenang

Kegiatan Curup GangsaKredit gambar: Google Maps Ranabumi

Selain hunting foto, Anda juga bisa berenang dan bermain air bersama di area sungai. Area ini dianggap lebih aman, sehingga bisa digunakan untuk bermain air. Namun Anda juga harus berhati-hati, sebagian besar bebatuan di sekitar sungai menjadi licin karena terkena air.

Hari demi hari, banyak pengunjung yang hanya datang untuk berenang dengan pemandangan air terjun dan pepohonan yang hijau. Jadi sebelum sampai ke air terjun, bawalah perlengkapan keselamatan berenang dan baju ganti.

5. Makan bersama

Kegiatan terakhir yang bisa kamu lakukan di Curup Gangsa adalah makan bersama. Setelah bermain air atau melakukan banyak hal, Anda dapat beristirahat dan makan bersama keluarga atau teman liburan Anda. Ada banyak tempat istirahat seperti gazebo yang bisa digunakan. Kebersihannya juga terjaga dengan baik sehingga menjadi nyaman untuk digunakan.

Anda bisa membeli makanan di area atraksi atau membawanya dari rumah. Tapi harap berhati-hati untuk tidak membuang sampah sembarangan atau meninggalkan sampah. Jaga kebersihan lingkungan agar tidak tercemar oleh sampah yang berserakan.

Fasilitas yang tersedia di Curup Gangsa Lampung

Kegiatan Curup Gangsa aKredit gambar: Facebook Addis

Fasilitas yang tersedia di Curup Gangsa masih minim. Jadi, jika Anda ingin berlibur di tempat wisata ini, persiapkan terlebih dahulu perlengkapan dan kebutuhan Anda sebelum tiba di sana. Namun objek wisata ini telah menyediakan beberapa fasilitas bagi pengunjung seperti toilet, terdapat banyak kantin yang menyediakan berbagai macam makanan dan kebutuhan lainnya.

Di objek wisata ini terdapat beberapa gazebo atau gubuk untuk Anda beristirahat setelah lelah bermain air dan mencari foto. Ada juga flying fox yang bisa Anda sewa, dan perasaan tegang pun bisa Anda rasakan. Instalasi ini sendiri membutuhkan biaya tambahan jika Anda ingin mencobanya.

Selain itu, Anda juga memiliki spot foto berupa gambar cinta berwarna merah dan jembatan ayun. Tersedia juga tempat parkir yang cukup untuk beberapa kendaraan roda dua pribadi, roda empat bahkan bus wisata.

Demikian informasi tentang Curup Gangsa. Bagi yang ingin menikmati akhir pekan yang menyenangkan, Anda bisa mengunjungi tempat wisata alam di Way Kanan ini. Saat berlibur di objek wisata ini, pengunjung dituntut untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button