Giri Tirta Kahuripan, tempat asyik untuk liburan keluarga di Purwakarta - WisataHits
wisatahits

Giri Tirta Kahuripan, tempat asyik untuk liburan keluarga di Purwakarta

Giri Tirta Kahuripan merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Purwakarta. Di tempat ini kita bisa berenang, mencicipi aneka buah, naik wahana dan bermalam resor tepi laut mewah.

giri-tirta-kahuripan-purwakartavia instagram.com/chizna_onye

Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
Tiket masuk: Rp25.000
Nomor telepon: (0264) 8641414
Aktivitas: Berenang, berfoto, naik wahana, mengenal binatang, dll.
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Topi, air minum, ransel, kamera, baju ganti
Larangan: Jangan dibuang
Alamat: Desa Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Fasilitas umum: Tempat parkir, toilet, kamar mandi, mushola, tempat makan, dll.
Akses jalan: Baik (Menggunakan kendaraan pribadi)
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Liburan panjang akan segera tiba. Saatnya Anda mencari tempat wisata yang bisa menghilangkan penat dan menyegarkan kembali semangat Anda.

Jika Anda warga Purwakarta atau ingin berwisata ke Purwakarta, ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda pilih di antaranya Giri Tirta Kahuripan.

Juga bagi anda yang berniat menginap beberapa hari di tempat wisata sudah ada resor tepi laut yang menawarkan berbagai akomodasi dengan fasilitas khusus.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang Giri Tirta Kahuripan, kami telah menyiapkan ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sekilas tentang Giri Tirta Kahuripan

Bagi kita yang sempat mengunjungi tempat wisata Eling Bening di Semarang, sekilas akan merasakan perasaan yang sama saat mengunjungi tempat wisata ini.

Sama halnya dengan Eling Bening, tempat ini juga terletak di dataran tinggi sehingga suasananya begitu sejuk dan menenangkan.

Bedanya Eling Bening tidak menyediakan resor tepi laut untuk menampung pengunjung yang ingin menginap. Sedangkan Giri Tirta selain wisata tamasya juga tersedia berbagai macam bentuk akomodasi mulai dari Vila ke barak yang bisa menampung puluhan anggota keluarga.

Objek wisata ini tepatnya berada di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Di dalamnya ada kolam renang yang menjadi menu utama sekaligus ikon tempat wisata ini.

Kekhasan kolam renang, lokasinya yang berada di ketinggian membuat suasana semakin eksklusif dimana kita akan merasakan sensasi berenang diatas awan. Ini juga yang membuat kolam ini dikenal sebagai skypool atau kolam renang luar ruangan.

Objek wisata

Tentunya masih banyak hal lain selain kolam renang yang bisa kita nikmati di tempat ini. Beberapa dari mereka adalah:

kebun

Kebun buah-buahan di tempat ini memiliki banyak koleksi buah-buahan. Hampir setiap jenis buah dapat ditemukan dan dicicipi di tempat ini.

Beberapa buah menggoda yang patut dicoba adalah manggis, belimbing, dan mangga. Namun karena gratis, kita diperbolehkan mencicipinya tanpa harus membawanya pulang.

kebun binatang mini

Tidak hanya kebun buah, tempat wisata ini juga memiliki kebun binatang mini sebagai tempat berkumpulnya berbagai jenis hewan seperti kijang, kera, kera dan siamang.

Selain itu, ada juga beberapa jenis burung ikan langka bernama Araipama yang bisa kita hargai dan amati kehidupannya.

Kebun binatang mini ini sangat disarankan sebagai salah satu cara untuk mengenalkan jenis hewan kepada anak.

Taman bunga

Bagi pecinta anggrek, jangan lupa untuk mengunjungi taman bunga ini. Di sini ada berbagai bentuk dan warna bunga anggrek yang siap memanjakan mata.

Selain anggrek, di daerah ketat Taman bunga ini juga memiliki berbagai jenis bunga lainnya yang tak kalah cantik dan cocok sebagai background foto.

Namun, agar tidak ditegur, Anda harus bertanya dulu kepada pengelola daerah mana saja yang bisa disita.

Karena menjaga keberlangsungan budidaya anggrek, di taman bunga ini terdapat beberapa area yang tidak boleh dimasuki oleh pengunjung.

Perjalanan keluar

Di jalan keluar
Dengan cara ini kita bisa bersenang-senang dan menikmati berbagai wahana. Selain rental sepeda gunung disini juga ada wahana rubah terbang
dan jembatan timbang bagi kita yang ingin menguji adrenalin.

Selain itu, bagi yang suka memancing, di keluar ada juga kolam pemancingan yang diisi dengan ikan yang siap untuk diburu.

Selain wahana diatas, masih ada beberapa wahana lainnya untuk mengisi liburan kita di Giri Tirta Kahuripan. Di sekitar lokasi juga ada pusat futsal dan wahana air seperti perahu angsa dan sepeda air.

Yang cukup menarik dan unik adalah tempat wisata ini telah menyediakan fasilitas mobil tersenyum untuk mengantar pengunjung ke berbagai wahana yang ada.

Mobil tersenyum ini memiliki banyak unit dan masih Bersiap di pintu masuk situs. Jadi walaupun kawasan wisata ini sangat luas, Anda tidak perlu khawatir akan lelah karena di sana kita bisa berkeliling menggunakan mobil tersenyum.

Akomodasi

Tempat wisata ini tidak hanya terkenal dengan wahananya tetapi juga fasilitas akomodasi yang tersedia.

Untuk menampung wisatawan yang ingin menginap, berikut beberapa pilihan bentuk hunian mulai dari Vila di barak.

Untuk akomodasi berupa Vila tarif per malamnya sekitar 2 juta lebih. Adapun akomodasi berupa Pondoktarifnya lebih murah, sekitar 1 juta lebih.

Yang paling murah adalah hunian yang pas rumah kayu dengan tarif mulai dari Rp 600.000 per malam.

Kemudian, bagi pengunjung yang datang secara rombongan dan membutuhkan hunian yang lebih luas, di sini juga tersedia akomodasi berupa barak dengan tarif sekitar 7-7,5 juta per malam.

Jam buka

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore. Jika Anda hanya ingin menikmati wahana tanpa menghabiskan malam, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada hari kerja antara pukul 10 pagi hingga 3 sore.

Hari Jam buka
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Pasalnya, selain lebih tenang bagi pengunjung, pada saat-saat tersebut suasana juga akan lebih nyaman karena tidak ada kabut.

Sedangkan dari segi udara, tempat ini sebenarnya selalu nyaman karena akan tetap sejuk meski di siang hari.

Biaya masuk

Biaya masuk ke tempat ini sebenarnya tidak terlalu mahal. Namun karena masih ada wahana indoor yang tidak gratis, Anda hanya perlu menyiapkan dana yang cukup untuk liburan.

Tiket masuk dijual dengan harga Rp 25.000 per orang. Adapun bisa berenang di wahana skypoolkita harus menambah biaya lagi sebesar Rp 60.000.

Harga tiket lengkap dan harga sewa wahana dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Jenis tiket/naik Harga
Tiket masuk Rp25.000
Kolam renang Rp 60.000
pusat futsal Rp 125.000 per jam
Skating Rp 10.000
MTB Rp30.000 per 15 menit
perahu angsa Rp15.000 per 15 menit
rubah terbang Rp25.000
sepeda air Rp15.000 per 15 menit
Kereta luncur Rp 10.000 (tersedia hanya di akhir pekan)

Alamat

Alamat lengkap tempat wisata ini berada di Desa Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Lokasinya berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Purwakarta dan dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar 30 menit jika tidak terjadi kemacetan.

Selain mengunjungi tempat ini, jika ada waktu jangan lupa juga untuk mengunjungi beberapa tempat wisata lain yang tidak jauh dari tempat tersebut. Tempat wisata tersebut antara lain Air Mancur Sri Baduga, Waduk Jatiluhur, Sendang Geulis Kahuripan, dan Taman Cikao.

Fasilitas umum

Sebagai tempat wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi pengunjung, tempat wisata ini tentunya juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum gratis. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Toilet
  • ruang sholat
  • dan tempat makan

Untuk tempat makan sendiri di tempat ini terdapat beberapa restoran yang menjual berbagai jenis masakan mulai dari menu kuliner Indonesia hingga mancanegara.

Pertanyaan dan jawaban

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban tentang Giri Tirta Kahuripan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:

Penutupan

Giri Tirta Kahuripan sangat disarankan bagi anda yang ingin menghabiskan liburan di tempat yang sejuk, menyejukkan dan menentramkan. Apalagi bagi Anda yang ingin menginap bersama keluarga, tempat wisata ini merupakan salah satu yang terbaik di Purwakarta.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button