Tempat Wisata di Pulau Komodo, NTT dan Sekitarnya Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

Tempat Wisata di Pulau Komodo, NTT dan Sekitarnya Wajib Dikunjungi

Pulau Komodo adalah pulau yang dikenal sebagai habitat asli biawak raksasa/komodo. Pulau ini terletak di sisi timur Pulau Sumbawa yang berbatasan dengan Selat Sape. Masyarakat umum mengenal tempat ini sebagai Taman Nasional Komodo. Dan dalam sejarahnya, selain menyimpan makhluk purba, tempat ini dikenal dengan keindahan wisata alamnya. Dari hamparan rumput yang sangat luas, perbukitan, hingga wisata bahari yang luar biasa. Mungkin Anda pernah melihat video super keren di YouTube tentang keindahan alam Pulau Komodo, bagaimana menurut Anda?

6 Fakta Tentang Pulau Komodo

  1. Ada lebih dari 5000 komodo saat ini tinggal di Taman Nasional Komodo
  2. Menjadi tujuan kunjungan para ahli dan ilmuwan
  3. Destinasi wisata bagi wisatawan asing dan lokal
  4. Pengelola tidak memberi makan komodo secara langsung, tetapi melepaskan berbagai hewan ternak ke alam liar, dan komodo akan memburu mereka sendiri
  5. Memiliki pantai merah muda yang sangat populer
  6. Wanita yang sedang menstruasi dilarang memasuki kawasan Taman Nasional Komodo, karena komodo sangat sensitif terhadap bau darah

Padahal, ada 3 pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Tentunya lokasi ini membuat banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di lokasi ini selain melihat aktivitas komodo.

Apa yang bisa kamu lakukan di Pulau Komodo?

Perlu kita ketahui, di Pulau Komodo ternyata tidak hanya dihuni oleh flora dan fauna saja, ada komodo asli yang hidup dan tinggal di sana, nama tempat tersebut adalah desa wisata Komodo. Uniknya, Komodo Dragon tidak akan memangsa penduduk yang tinggal di sana, meski terkadang ada Komodo Dragon lepas di istananya.

Selain bisa mengunjungi desa wisata komodo, Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat komodo berjemur atau makan mengsanya ditemani oleh seorang pelatih. Ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan di pulau ini, tetapi Anda harus memiliki pemandu yang ahli. Karena orang biasa akan kesulitan mendeteksi ketika naga mendekat dan menyerbu kita.

Berapa biaya masuk ke Pulau Komodo?

Pasti banyak yang mengira tiket masuk ke Pulau Komodo itu mahal kan? Menurut sumber yang disebutkan oleh kompas.com, biaya masuk untuk saat ini adalah Rp 5.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp. 150.000 untuk turis asing. Namun ke depan harganya akan naik menjadi Rp 10.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp 250.000 untuk wisatawan asing. Kenaikan harga tersebut masih dalam kajian pengelola dan pemerintah setempat. Nah, biayanya tentu sangat murah bukan?

Tapi kamu tidak bisa masuk bebas untuk bergerak di sekitar Pulau Komodo, ada tambahan 80.000 untuk pemandu wisata Komodo. Jika dihitung, biayanya sangat murah, dibandingkan dengan ancaman keselamatan wisatawan dari serangan komodo. Waktu terbaik untuk berkunjung yang direkomendasikan oleh manajemen Pulau Komodo adalah pada bulan Maret hingga Juni, Oktober hingga Desember.

Disini kamu bisa tidur, bisa menginap beberapa hari, karena sudah ada tempat khusus yang disediakan pengelola untuk wisatawan yang ingin singgah di tempat ini.

Ringkasan di Pulau Komodo
Tonton komodo, makan, buat video musik, pelajari sejarah, pelajari karakteristik hewan purba, dan banyak lagi.
Jam buka 24 jam
Harga tiket Rp 5.000 lokal | IDR 150,000 internasional
waktu terbaik Maret hingga Juni, Oktober hingga Desember.
Akomodasi

Jika bosan dan puas melihat komodo, Anda bisa melanjutkan explore wisata lain di sekitar Pulau Komodo, yaitu Pulau Rinca dan Pulau Padar. Berikut kami rangkum beberapa tempat wisata yang juga sering dikunjungi wisatawan setelah menikmati komodo.

Wisata di sekitar Pulau Komodo

Desa Wisata Komodo

Desa Wisata Komodo

Desa Wisata Komodo adalah tempat tinggal bagi penduduk asli Pulau Komodo. Tempat ini dinamakan wisata karena setiap pengunjung yang datang dapat menikmati jajanan yang disiapkan langsung oleh warga sekitar, seperti hidangan seafood atau oleh-oleh dari patung komodo.

Pulau Moringa

Pulau Moringa

Tempat dimana anda bisa melakukan aktivitas snorkeling di alam. Pulau kecil yang memiliki lebih dari 200 jenis karang dan ribuan biota laut ini sangat populer di kalangan wisatawan mancanegara. Pulau ini terletak di sebelah timur Pulau Komodo, beberapa menit dari Pulau Komodo.

Gili Laba

Jika kalian melihat video di atas, tentu saja itu adalah pemandangan alam milik Indonesia, sangat indah bukan? Tempat itu bernama Gili Labu. Untuk bisa mendaki bukit ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit, dan Anda sudah bisa menikmati keindahan rerumputan, hembusan angin, serta pemandangan laut yang sangat indah.

Pantai merah/merah muda

Pantai Merah

Pantai Merah menjadi destinasi wajib bagi wisatawan di Pulau Komodo atau Labuan Bajo. Pantai ini menyuguhkan pemandangan air laut yang sangat biru dengan pasir pantai berwarna pink atau pink. Tidak diragukan lagi, tempat ini menjadi dambaan para turis asing.

Buaya Loh

Buaya Loh

Buaya Loh merupakan pusat habitat biawak/komodo. Di tempat ini, ribuan komodo hidup dan dilestarikan. Sedangkan di Pulau Komodo dan Pulau Padar, jumlah komodo hanya ratusan. Untuk sampai ke sini, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Labuan Bajo. Anda harus membawa pemandu jika ingin mengunjungi tempat ini.

Jadi gimana? Tertarik untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo? Semoga informasi ini membatu, jangan lupa di share.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button