Pantai Bunaken, pesona pantai eksotis dan spot diving terbaik di Manado - WisataHits
wisatahits

Pantai Bunaken, pesona pantai eksotis dan spot diving terbaik di Manado

Pantai Bunaken, pesona pantai eksotis dan spot diving terbaik di Manado
Harga Tiket Masuk Pantai Bunaken : Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kecamatan Wori Kota Manado Kab. Minahasa, Sulawesi Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu kota di provinsi sulawesi utara yang memiliki banyak keindahan wisata yaitu kota manado. Di kota Manado inilah nantinya Anda akan menemukan Pantai Bunaken yang menjadi salah satu tempat wisata yang paling populer dan banyak dikunjungi wisatawan.

Taman Nasional Bunaken sendiri merupakan perwakilan dari ekosistem laut Indonesia dan terdiri dari ekosistem padang rumput, laut, pesisir dan terumbu karang. Luasnya sendiri mencapai 890,65 kmĀ². Luas daratannya hanya 3%, antara lain Pulau Bunaken, Pulau Nain, Manado Tua, Pulau Siladen dan Mantehage.

Pantai Bunaken masuk dalam daftar tempat wisata yang harus Anda kunjungi, terutama jika Anda berada di provinsi Sulawesi Utara. Bagi pecinta kegiatan diving tentunya akan sangat senang berwisata ke Pulau Bunaken.

Penawaran Pantai Bunaken

Pantai BunakenKredit gambar: Google Maps Simon Rajagukguk

1. Wahana banana boat

Pantai Bunaken memang sangat terkenal akan keindahannya, selain itu taman ini juga digemari oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Nantinya, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru di taman nasional ini.

Salah satu daya tarik Taman Nasional Laut Bunaken adalah wahana berupa banana boat. Bagi Anda yang sangat menyukai olahraga air, sangat disarankan untuk mencoba wahana yang ada di Bunaken ini.

Namun perlu diingat bahwa wahana air ini cukup membuat tegang. Oleh karena itu, bagi Anda yang kurang berani, sebaiknya berpikir dua kali sebelum memainkan wahana ini.

Wahana Banana Boat memiliki kapasitas maksimal 5 orang. Anda tidak perlu khawatir akan jatuh nanti. Karena kendaraan ini telah dilengkapi dengan perangkat keamanan, sehingga Anda dapat bermain dengan tenang.

2. Menyelam di lokasi

Pantai Bunaken juga memiliki keanekaragaman hayati atau biodiversitas laut yang sangat tinggi. Bahkan dianggap sebagai salah satu yang tertinggi di dunia. Oleh karena itu tidak mengherankan jika aktivitas utama yang dilakukan di Bunaken adalah snorkeling dan scuba diving.

Mayoritas wisatawan yang datang ke tempat ini memang untuk menikmati keindahan panorama bawah laut melalui dua aktivitas menarik tersebut.

Setidaknya ada 20 titik penyelaman yang bisa Anda temukan di Bunaken dan kedalaman titik penyelaman ini berbeda-beda. Untuk titik penyelaman terdalamnya yaitu mencapai 1344 m.

Di antara 20 titik penyelaman yang ada, 12 di antaranya sejajar dari tenggara hingga barat laut. Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba salah satu dari dua belas titik penyelaman.

Penting untuk Anda ketahui bahwa di titik penyelaman Pantai Bunaken Anda dapat menemukan area bawah laut Great Walls. Istilah tersebut tentunya mewakili dinding karang raksasa yang menjulang vertikal dan melengkung ke atas.

3. Wisata konservasi dan pendidikan

Taman Nasional Bunaken selain dijadikan sebagai kawasan wisata, tempat ini juga merupakan kawasan konservasi yang penting. Ekosistem terumbu karang yang bisa Anda temukan di taman ini sangat membantu dalam mendukung keberlangsungan spesies laut yang ada.

Taman nasional ini merupakan taman laut pertama di Indonesia dan resmi berdiri pada tahun 1991. Taman nasional laut ini mengalami sedikit degradasi.

Ini karena penambangan terumbu karang, penangkapan ikan dengan bom, kerusakan jangkar, aktivitas penyelaman, sampah yang dibuang sembarangan, dll.

Kerusakan ini akhirnya mulai membaik seiring berjalannya waktu. Salah satunya setelah mendapat bantuan konservasi. Upaya konservasi yang dilakukan antara lain patroli yang kemudian berhasil mengurangi penggunaan bom dalam penangkapan ikan di kawasan ini.

Pulau yang menjadi bagian dari Pantai Bunaken ini berpenduduk hingga 35.000 jiwa dan tersebar di 20 desa. Penduduk Bunaken sendiri mayoritas adalah penghasil kelapa, ubi jalar, dan rumput laut. Beberapa adalah nelayan. Sebagian lainnya bekerja di sektor pariwisata atau sebagai guide di pondok-pondok.

4. Aneka produk kuliner dan souvenir

Di tempat ini pula nantinya Anda bisa menemukan berbagai kuliner khas dan hidangan yang lezat. Nantinya, Anda bisa mencicipi Sambal Roa, Cakalang Fufu, Tinutuan dan berbagai menu lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati seafood segar yang dipadukan dengan berbagai makanan khas Manado.

Di sinilah Anda juga bisa berburu oleh-oleh di Pusat Oleh-Oleh Manado. Dengan cara ini, Anda bisa pulang dengan membawa oleh-oleh untuk keluarga, kerabat, atau teman Anda di rumah.

Alamat dan rute perjalanan menuju lokasi

Alamat Pantai BunakenKredit gambar: Google Maps T Xymox

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Pantai Bunaken, Anda bisa menggunakan jalur udara dan darat di Bandara Sam Ratulangi Manado. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Teluk Manado. Perjalanan ini akan menempuh jarak kurang lebih 16 km dengan durasi 30 menit jika menggunakan taksi.

Kemudian anda juga harus menempuh perjalanan laut, jika ingin cepat sampai disini anda bisa memilih menggunakan speedboat. Menggunakan speedboat, budget yang dibutuhkan sekitar Rp 800.000 hingga Rp 1.300.000. Kapasitasnya sendiri mencapai 6-30 orang.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa menggunakan taksi air yang harganya hanya Rp30.000 per penumpang. Sesampainya di Pulau Butiket, Anda bisa menggunakan ojek. Tarif moto taxi sendiri bervariasi dan berkisar Rp 15.000.

Harga Tiket Masuk Pantai Bunaken

Bagi anda yang ingin masuk ke Pantai Bunaken akan dikenakan biaya tiket. Tiketnya sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu tiket sekali masuk dan tiket satu tahun.

Tiket satu tahun ini sangat cocok bagi Anda yang sering mengunjungi tempat tersebut. Pengunjung yang membeli tiket satu tahun juga akan menerima lencana. Tiket masuk dapat dibeli di taman nasional. Anda juga bisa membelinya di konter di Desa Siladen atau Desa Liang.

Tiket masuk untuk wisatawan domestik adalah Rp 5.000. Sedangkan untuk tiket masuk wisatawan mancanegara atau mancanegara adalah Rp 150.000. Anda dapat dengan bebas mengunjungi Pulau Bunaken di waktu senggang Anda, karena tidak ada jam buka. Pantai buka 24 jam sehari, setiap hari.

Kegiatan seru dan menarik untuk dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai BunakenKredit Gambar: Saluran Ettapedia Google Maps

1. Jelajahi keindahan pantai

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat Anda mengunjungi Pantai Bunaken. Salah satunya adalah menikmati keindahan panorama alam yang disajikan pulau tersebut. Anda dapat melakukan island hopping di waktu luang Anda. Anda juga dapat menjelajahi area menarik di tempat itu.

Sebagai indikasi, waktu terbaik mengunjungi pantai indah ini adalah pada bulan Mei hingga Agustus. Bagi yang ingin pergi dari Juli hingga Agustus, pastikan Anda memiliki resor terlebih dahulu, karena pada bulan-bulan tersebut banyak pengunjung yang berdatangan.

2. Tonton Festival

Kegiatan selanjutnya yang juga bisa dilakukan adalah menonton Festival. Setiap tahun, pemerintah kota Manado menyelenggarakan Festival Bunaken yang selalu diminati banyak wisatawan. Festival ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung pengembangan pariwisata di Taman Nasional Laut Bunaken.

Keindahan taman laut menjadi salah satu incaran para pengunjung lokal maupun mancanegara. Kunjungan wisatawan selalu sangat ramai setiap tahunnya, terutama saat festival. Kemeriahan festival tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

3. Menyelam

Bagi Anda yang ingin melihat keindahan bawah laut taman nasional ini, menyelam adalah hal yang wajib dilakukan. Namun bila ingin melakukan aktivitas diving ini, sangat disarankan untuk datang pada bulan Mei hingga Agustus.

4. Bermain Pantai Bunaken

Selain menjelajahi keindahan laut di Taman Nasional Bunaken, Anda juga bisa bermain di pesisir pantai. Di sinilah Anda bisa mengagumi indahnya pemandangan pantai sambil bersantai.

Menjelajahi garis pantai bersama keluarga, teman atau pasangan merupakan kegiatan yang menarik untuk dilakukan.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai BunakenKredit gambar: Google Maps Simon Rajagukguk

Fasilitas yang tersedia di Pantai Bunaken sangat memadai. Anda dapat menemukan berbagai jenis akomodasi termasuk hotel atau hostel dengan fasilitas lengkap dan harga menarik.

Tapi usahakan ketika ingin memesan kamar di hotel, lakukan jauh-jauh hari. Bagi Anda yang merencanakan liburan ala backpacker, Anda juga bisa menyewa rumah dari penduduk setempat.

Biaya sewanya sendiri berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Jumlah biaya tergantung pada durasi dan fasilitas. Perlu diketahui bahwa harga sewa juga dapat berubah. Apalagi kalau di sini mau disuapi oleh pemilik rumah.

Itu tadi ulasan lengkap pantai bunaken di manado dari segi daya tarik, fasilitas, harga tiket, aktivitas menarik, dll. Bagi Anda yang berkunjung ke kota Manado, jangan lewatkan kesempatan untuk datang ke pantai ini. Karena dijamin nanti kamu bakalan seru banget disana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button