PANTAI ANYER: tiket, aktivitas, dan wahana - WisataHits
wisatahits

PANTAI ANYER: tiket, aktivitas, dan wahana

PANTAI ANYER: tiket, aktivitas, dan wahana

Harga tiket masuk Pantai Anyer : Rp 10.000 – Rp 800.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Raya Anyer, Bandulu, Serang, Banten, Indonesia, 42112.

Pantai Anyer merupakan objek wisata pantai yang terletak di sebelah timur provinsi Banten. Pantai berpasir bersih dengan panorama laut menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, berbagai wahana dan fasilitas mendukung berbagai kegiatan wisata.

Sedangkan pantainya selalu ramai dikunjungi wisatawan yang sebagian besar merupakan wisatawan domestik. Terutama dari daerah ibu kota. Pasalnya, padatnya kunjungan wisatawan kerap menimbulkan kemacetan lalu lintas di dekat pantai. Namun para wisatawan ini rela hidup dalam kemacetan untuk mencapai kawasan wisata Anyer.

Harga tiket masuk Pantai Anyer

Di kawasan wisata Anyer terdapat beberapa pantai. Namun yang paling ramai dikunjungi adalah pantai Sambolo Anyer. Tarif masuk ke pantai ini relatif mahal untuk ukuran resort.

Harga tiket masuk Pantai Sambolo Anyer
Tiket masuk tanpa kendaraan per orang Rp 10.000
Tiket masuk sepeda motor termasuk orang Rp 25.000
Tiket Masuk Sedan / Kijang Termasuk Orang Rp 100.000
Tiket masuk elf dengan orang Rp 250.000
Tiket masuk bus kecil termasuk orang Rp 500.000
Tiket masuk bus panjang dan sedang termasuk orang Rp600.000
Tiket Masuk Bus Besar Termasuk Orang Rp 800.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Pantai Tanjung Lesung

Jam buka

Kawasan wisata Anyer memiliki jam buka 24 jam.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Aktivitas dan wahana di Pantai Anyer

turis bermain di pantai mana sajaKeindahan pantai ini layak dijadikan tujuan liburan keluarga atau sekedar menghabiskan akhir pekan. Foto: Google Maps/ ISKANDAR COD

Segera setelah gelombang pasang Selat Sunda, berbagai pihak gencar melakukan perbaikan dan pemugaran. Termasuk upaya mendukung kebangkitan pariwisata di kawasan Pantai Anyer yang terdampak aktivitas Gunung Krakatau. Berbagai kegiatan diselenggarakan, misalnya Sepeda yang menyenangkan di Anyer Urban Festival.

Saat ini, rata-rata 1.000 wisatawan per hari mengunjungi pantai tersebut. Bahkan aktivitas wisata sudah berjalan normal seperti sediakala. Selain itu, puluhan penjaga pantai mengamankan area tersebut dan memasang tanda di sepanjang pantai. Bagi wisatawan agar tetap aman saat bermain di pantai. Bagi yang berencana berlibur ke sini, berikut beberapa aktivitas menarik di sekitar pantai:

Jelajahi area pantai

Jika ingin bersantai menyusuri keindahan kawasan Pantai Anyer, wisatawan bisa memanfaatkan jasa persewaan sepeda. Selain itu, Anda juga bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai menyaksikan panorama pantai yang eksotik. Jika tak ingin jalan-jalan menyusuri pantai, Anda tetap bisa menikmati keindahan Anyer. Yang harus Anda lakukan hanyalah menggelar karpet atau menyewa kabin yang tersedia.

Kegiatan menarik lainnya adalah kunjungan ke mercusuar. Di kawasan sekitar pantai terdapat mercusuar setinggi 16 lantai. Kemudian, dari atas, wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai dari atas. Pemandangan langsung hamparan laut lepas yang luas dengan Anak Krakatau sebagai latar belakang.

Selain itu, wisatawan juga bisa bersantai dengan mengarungi perairan tepi pantai menggunakan perahu.

Berenang, menyelam, dan snorkeling

wisatawan melakukan aktivitas snorkeling di laut pantai AnyerJernihnya air laut memungkinkan wisatawan melakukan aktivitas snorkeling di laut sekitar Ayer. Foto: Instagram/nizafebrisa

Air laut di kawasan Pantai Anyer selalu bersih dan alami. Jadi aktivitas tuba cukup populer dan banyak yang melakukannya.

Di sudut pantai lain yang cukup aman, wisatawan juga bisa berenang. Namun di bagian pantai yang berbatu, aktivitas berenang tentu saja tidak diperbolehkan karena alasan keselamatan dan keamanan. Perairan di kawasan ini juga banyak digunakan wisatawan untuk menyelam.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Carita Pulau Kelapa

Permainan air dan pasir

Bagi wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati pantai, aktivitas bermain pasir bisa menjadi pilihan. Terutama untuk wisatawan dengan keluarga dengan anak-anak. Bermain air dan mengejar ombak juga merupakan permainan yang populer.

Berselancar

Ombaknya yang cukup tinggi memudahkan pengunjung untuk berselancarOmbaknya yang cukup tinggi sangat mendukung aktivitas selancar di pantai sekitar Anyer. Foto: Instagram/mohammad_hashemi_rafsanjani

Pantai Anyer memiliki ombak yang cukup besar. Karena sangat mendukung aktivitas berselancar di daerah pantai. Surfing adalah salah satu kegiatan pemacu adrenalin yang kerap dilakukan di sini.

berjemur

Layaknya wisata pantai lainnya, Pantai Anyer menjadi spot favorit wisatawan untuk berjemur di pesisir pantai. Kegiatan ini menyerap manfaat sinar matahari, terutama oleh wisatawan mancanegara.

MTB

bermain sepeda gunung di pantaiWisatawan dapat menjelajahi area berpasir di dekat pantai menggunakan ATV. Foto: Instagram/tuty7899

Pantai Anyer menawarkan berbagai wahana, salah satunya adalah sepeda gunung. Wahana ini digunakan sebagai sarana untuk menambah keseruan kegiatan liburan. Pengunjung dapat menyewa sepeda gunung yang tersebar di sekitar pantai. Setelah itu, aktivitas menyusuri kawasan pantai berpasir bisa dilakukan.

perahu pisang

Wahana banana boat sangat populer di kalangan wisatawan yang datang ke sini. Wahana yang memacu adrenalin ini rata-rata dapat menampung hingga enam orang. Bersama-sama, wisatawan bisa merasakan sensasi mengarungi perairan laut.

pesona matahari terbenam

matahari terbenam di pantai manapunPantai Anyer merupakan salah satu tempat untuk menikmati keindahan momen sunset. Foto: Instagram/keykochaniago

Pantai Anyer merupakan salah satu tempat untuk menikmati keindahan sunset. Di penghujung sore, pantai ini menyuguhkan keindahan sunset dengan rona jingganya. Panorama laut lepas yang juga menampilkan siluet Anak Krakatau sebelum langit akhirnya menggelap.

11 pantai di kawasan wisata Anyer

Matahari terbenam di Pantai Anyer FloridaMatahari terbenam di Pantai Anyer Florida. Foto: Google Maps/Dian Ratna

Anyer memiliki banyak pantai dengan ciri khasnya masing-masing, antara lain:

  1. Pantai Marbella, menampilkan pemandangan teduh dengan cabana dan gubuk bagi wisatawan untuk bersantai. Di sekitar pantai ini terdapat hotel dengan nama yang sama untuk menikmati pemandangan laut.
  2. pantai jambu, merupakan pantai yang bersih dengan akses yang mudah. Menyaksikan keindahan sunset di sini paling enak dari bebatuan.
  3. Karang Bolong, memiliki bongkahan batu raksasa dengan lubang di tengahnya seperti terowongan. Pantai ini memiliki lokasi yang ditinggikan dengan anak tangga untuk mendapatkan pemandangan yang lebih baik.
  4. Pantai Floridamemiliki berbagai atraksi dan pasir lembut dengan pantai biru.
  5. marina, menawarkan banyak wahana olahraga, seperti parasailing, perahu guntur, perahu pisangdan kekuasaan.
  6. Pantai Cibeureumterkenal sangat nyaman karena banyaknya pohon kelapa yang rindang.
  7. Sambolo, merupakan tempat yang sangat sering dikunjungi oleh wisatawan. Menyuguhkan pemandangan pantai yang eksotik untuk dinikmati dengan parasailing, banana boat dan ATV.
  8. cerita, populer di kalangan wisatawan karena pantai pasir putihnya. Pantai ini adalah salah satu yang selalu penuh dengan wisatawan.
  9. Pulau Merakdengan vegetasi pantai yang subur, dapat diakses dengan perahu melintasi pulau Merak.
  10. Pantai Pulau Sanguangterletak di Selat Sunda, wisatawan bisa naik perahu untuk menyeberang dan mengelilinginya.
  11. Pantai Pulau Umangsangat eksotis dengan akses skapal cepat dan perahu. Di pantai ini wisatawan juga bisa berenang dan tuba.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan di TN Ujung Kulon

Menghabiskan malam

Di sekitar pantai terdapat beberapa penginapan. Ada berbagai pilihan akomodasi seperti, homestay, resor, cottagewisma, untuk jenis hotel.

Selama musim liburan, hostel ini akan lebih ramai dari biasanya. Apalagi saat malam pergantian tahun.

Acara wisata di kawasan Pantai Anyer

Pada masa puncak kunjungan wisatawan, kawasan wisata di sekitar pantai kerap mengadakan kegiatan dan pertunjukan. Sejumlah acara seni dan budaya tradisional Banten ditampilkan untuk menyambut wisatawan. Di antaranya, tari Rampak Bedug, Debus dan Banten serta “pesta pantai Jamaika” serta kelompok lokal.

Selain itu, dalam upaya mendorong pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten juga menyelenggarakan “Media Fam Trip”. Hal itu bertujuan untuk memantau sejumlah objek wisata di Banten.

Reda

Karena merupakan tujuan wisata yang populer, Pantai Anyer telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk keamanan dan kenyamanan wisatawan. Beberapa di antaranya adalah pusat informasi, tempat parkir, perkemahan, paviliun wisata, restoran, dan toko suvenir.

Ada lusinan yang tersedia kehidupanpenjaga dan pemandu wisata. Di daerah ini juga disiapkankolam lautlapangan futsal, voli pantai, wahana rubah terbang.

Lokasi dan akses menuju Wisata Pantai Anyer

Wisata pantai alami ini terletak di Jl. Raya Anyer, Bandulu, Serang, Banten 42112. Pantai Anyer berjarak sekitar 160 km dari Jakarta dengan jarak tempuh berkendara sekitar 2 jam. Sedangkan dari kota Serang jaraknya hanya sekitar 35 km. Rutenya melalui tol Jakarta-Merak, keluar di tol Cilegon Barat lalu ke Anyer.

Saat musim liburan, kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Karena itu, kawasan ini identik dengan kemacetan saat hari raya.

Maka sebagai antisipasi, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan moda transportasi kereta api untuk mengurangi waktu tempuh. Dari Jakarta, wisatawan bisa menggunakan jalur KRL Tanah Abang-Rangkasbitung. Kemudian menggunakan kereta lokal Rangkasbitung-Merak. Wisatawan kemudian turun di Stasiun Krenceng dan naik angkot sekitar 10 menit menuju pantai.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button