Gili Nanggu, sebuah pulau tak berpenghuni dengan keindahan alam menakjubkan di sebelah barat Lombok - WisataHits
wisatahits

Gili Nanggu, sebuah pulau tak berpenghuni dengan keindahan alam menakjubkan di sebelah barat Lombok

Gili Nanggu, sebuah pulau tak berpenghuni dengan keindahan alam menakjubkan di sebelah barat Lombok
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 00.00-23.00 WITA, Alamat: Sekotong Barat, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Gili Nanggu adalah pulau kecil yang keindahannya nyaris sempurna. Pulau ini terletak di Lombok, lebih tepatnya di bagian barat daya. Bagi sebagian wisatawan, pulau ini merupakan tujuan wisata yang cukup terkenal. Namun tentu berbeda dengan yang lain, di sini tidak terlalu banyak pengunjung setiap harinya.

Bukan tanpa alasan, mungkin karena sulitnya akses dan juga minimnya promosi. Untuk mencapai pulau eksotis ini, hanya ada satu jalur yang harus ditempuh. Akses jalan yang dimaksud adalah melalui jalur laut. Anda bisa menggunakan perahu yang tersedia di pelabuhan atau menggunakan speedboat.

Lombok, Nusa Tenggara Barat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Bali. Ada banyak tempat wisata yang memiliki pesona alam yang indah. Keduanya bahkan didominasi oleh pantai, kemudian sebagian berupa pulau kecil. Meski begitu, mengunjungi semuanya dijamin tidak akan membosankan karena masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda.

Daya tarik Gili Nanggu

Daya tarik Gili NangguKredit gambar: Google Maps Urs Dreyer

Sebelum mengunjungi Gili Nanggu, ada baiknya Anda mengetahui apa saja objek wisata tersebut. Karena aksesnya cukup sulit dan memakan waktu, tentu sangat penting untuk mengetahui hal ini. Setidaknya Anda mendapatkan gambaran kecil dari beberapa ulasan daya tarik di bawah ini!

✦ Keindahan alam Gili Nanggu

Satu hal yang menarik wisatawan untuk mengunjungi wisata top Lombok ini adalah keindahan alamnya. Bisa dibilang nyaris sempurna, mulai dari hijaunya pepohonan di tengah pulau hingga air laut yang biru jernih. Berkunjung ke tempat ini dijamin tidak akan rugi, meski harus mengeluarkan biaya dan menghabiskan waktu di perjalanan.

Di sekitar Gili Nanggu banyak terdapat pepohonan yang rindang. Membuat suasana menjadi lebih tenang, berbeda dengan tempat lain yang pernah Anda kunjungi. Duduk santai di bawah pohon merupakan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan pengunjung. Sedangkan birunya air laut seakan menyatu dengan lembutnya pasir putih.

Di sisi lain, Anda juga mendapatkan pesona perbukitan eksotis di seberang pulau. Dilihat dari jauh, bukit-bukit yang tampak di sisi pulau terlihat seperti pegunungan. Warna hijau juga didapat dari semak-semak yang tumbuh subur disekitarnya. Saat langit cerah, pemandangan begitu sempurna memanjakan mata.

✦ Pantai bergelombang tenang

Hampir setiap pulau di Lombok memiliki pantai dengan ciri khasnya masing-masing. Hal ini juga berlaku untuk Gili Nanggu, tempat wisata yang penuh dengan keindahan. Selain memiliki pasir putih yang lembut dan halus, pantai ini juga memiliki ombak yang tenang. Sesekali datang gelombang tinggi, tapi sangat jarang.

Kondisi seperti ini terbukti menjadi daya tarik tersendiri, dimana banyak aktivitas air yang bisa dilakukan. Memang tidak bisa dijadikan tempat surfing dengan ombak yang datar. Namun, masih banyak aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan. Sebut saja snorkeling, Anda akan menyaksikan berbagai macam biota laut yang menakjubkan.

Pantai Gili Nanggu juga cocok untuk berenang karena cukup aman. Hanya saja harus diperhatikan kedalaman air lautnya, di pantai ini cukup dangkal bahkan bisa terlihat dasarnya. Namun sedikit di tengah, kedalamannya mungkin berbeda, dan ini harus menjadi perhatian setiap turis.

✦ Pulau Tak Berpenghuni

Dari sekian banyak pulau di Lombok, sebagian besar tidak berpenghuni. Tidak menakutkan, tapi justru itulah daya tarik utamanya. Karena suasana di sini sangat tenang dan damai. Anda juga bisa menggunakannya sebagai media penyembuhan untuk bersantai dari aktivitas sehari-hari.

Kawasan Gili Nanggu tidak begitu luas, hanya sekitar 12 hektar yang didominasi oleh hutan. Hanya ujungnya yang berupa pantai dengan segala keindahan dan pesonanya. Sepanjang Anda berjalan menuju lokasi, Anda akan melihat daratan kecil yang dikelilingi lautan. Di sekitarnya terdapat beberapa pulau lain yang juga patut untuk dikunjungi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gili NangguKredit gambar: Google Maps Benaiah Simeon

Wisata menawan di Lombok ini berbentuk pulau kecil, satu-satunya akses yang bisa diakses adalah melalui jalur laut, Anda bisa berangkat dari pelabuhan terdekat menggunakan kapal ferry atau kapal nelayan yang didesain khusus. Jarak dari Pelabuhan Lembar yang merupakan pelabuhan terdekat kurang lebih 7 kilometer.

Untuk menuju pelabuhan ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Selain itu, Anda bisa menuju Gili Nanggu dari Pantai Goa Landak yang jaraknya relatif lebih dekat. Hanya saja di pantai ini belum tersedia angkutan ferry. Alamatnya sendiri di Sekotong Barat, Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Harga tiket masuk dan jam buka

Mengunjungi objek wisata dengan pantai eksotis ini sebenarnya gratis. Anda bebas masuk kapan saja tanpa harus membeli tiket masuk. Biaya hanya diperlukan untuk menuju wisata ini atau untuk biaya transportasi. Jika menggunakan ferry, biaya yang harus dikeluarkan sekitar 100.000 rupiah.

Alternatif lain ke Gili Nanggu adalah speedboat. Namun sepertinya kurang efektif karena biayanya justru lebih mahal. Jika ingin lebih hemat, sebaiknya menggunakan kapal penyeberangan. Harga keberangkatan sekitar 350.000 rupiah dengan maksimal 10 penumpang, jadi hanya butuh 35.000 per orang.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik di Gili NangguFoto oleh Sectordua di Flickr

Gili dalam bahasa setempat berarti pulau kecil yang sebagian besar tidak berpenghuni. Bisakah Anda bayangkan apa yang bisa dilakukan di tempat. Semua kegiatan dijamin sangat menyenangkan, karena Anda bebas mengekspresikan diri dengan cara Anda sendiri.

1. Menikmati keindahan alam Gili Nanggu

Gili Nanggu memiliki keindahan yang patut diapresiasi, jadi sayang banget kalau tidak melakukan aktivitas ini. Meski terlihat sedang tidak melakukan apa-apa, sebenarnya aktivitas ini sangat bermanfaat. Salah satu manfaat yang dimaksud adalah menyegarkan pikiran. Wisatawan biasanya menggunakan pulau ini sebagai sarana penyembuhan.

2. Snorkling

Dengan air laut yang biru dan jernih, pulau Lombok yang indah ini cocok untuk kegiatan snorkeling. Selain itu, terdapat banyak biota laut di dasar pantai, seperti terumbu karang, ikan-ikan kecil, dan rumput laut. Semua pesona bawah laut bisa kamu lihat di sini, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen dengan foto atau video.

3. Berenang dan bermain air

Tidak semua wisatawan tertarik melakukan snorkeling saat berkunjung ke Gili Nanggu. Ada juga yang kurang berani atau tidak tahu harus berbuat apa. Anda tidak harus melakukan olahraga air ini, karena Anda bisa berenang atau bermain air. Ini merupakan alternatif pilihan yang cocok, mengingat ombaknya yang tenang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gili NangguFoto oleh Camille Bismonte di Unsplash

Pulau kecil tak berpenghuni, artinya jangan berharap banyak fasilitas tersedia. Di pulau ini, Anda tidak memiliki fasilitas apa pun, seperti musala, toilet, atau tempat parkir. Semua fasilitas adalah tempat Anda memulai perjalanan laut atau menyeberang.

Namun, bukan berarti Gili Nanggu tidak layak dikunjungi karena minimnya fasilitas. Anda bisa mempersiapkan diri dari rumah dalam hal ini, misalnya membawa perbekalan secukupnya dan baju ganti. Untuk toilet, disediakan kabin kecil. Meski tidak layak, tapi setidaknya sangat bermanfaat.

Liburan merupakan kegiatan yang sangat penting bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang sangat menyukai traveling. Di Lombok, ada banyak objek wisata yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Gili Nanggu dengan segala pesona keindahan alamnya. Dengan pembahasan ini, saya harap Anda mendapatkan sedikit gambaran tentang kondisi tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button