Tidak perlu pakai Pesugihan, tinggal di 5 daerah terkaya di Jawa Timur sudah bisa beli mobil setahun - WisataHits
Jawa Timur

Tidak perlu pakai Pesugihan, tinggal di 5 daerah terkaya di Jawa Timur sudah bisa beli mobil setahun

Tidak perlu pakai Pesugihan, tinggal di 5 daerah terkaya di Jawa Timur sudah bisa beli mobil setahun

SurabayaNetwork.id – Jawa Timur merupakan provinsi terbesar di pulau Jawa yang terdiri dari 38 kota, salah satunya merupakan daerah terkaya di Jawa Timur.

Selain merupakan provinsi terluas di Pulau Jawa, ternyata Jawa Timur juga merupakan provinsi terpadat kedua di Indonesia dengan jumlah penduduk 40.665.696 jiwa yang juga memiliki wilayah terkaya di Jawa Timur tersebar di Jawa.

Jawa Timur disebut sebagai daerah terkaya karena telah mencapai PAD (Pendapatan Asli Daerah) dengan nilai nominal Rp 15,426 triliun pada tahun 2021.

Tercatat ada beberapa daerah di Jawa Timur yang telah mencapai Pendapatan Domestik Bruto (BRDP) per kapita yang tinggi sehingga daerah tersebut termasuk yang terkaya di Jawa Timur.

Mengutip dari BPS dan sumber lainnya, ada 5 kota dan kabupaten di Jawa Timur yang termasuk daerah terkaya, yaitu:

1. Kota Kediri

Tak disangka, ternyata kita, Kediri, menempati urutan pertama sebagai daerah terkaya di Jawa Timur. Mengutip dari data BPS, Kota Kediri memiliki angka PDRP per kapita tertinggi yakni Rp 462.199.000, angka yang fantastis untuk Kota Kediri.

Kemudian pada tahun 2021 jumlahnya meningkat menjadi Rp 491.270.000. Kota Kediri berkembang pesat di segala bidang antara lain pendidikan, pariwisata, perdagangan, birokrasi pemerintahan dan olahraga. Pusat perbelanjaan mulai dari pasar tradisional hingga mal modern sudah beroperasional di Kota Kediri.

Industri penimbunan garam berperan penting dalam perkembangan ekonomi kota Kediri, penghasil rokok terbesar di Indonesia. Inilah alasan utama mengapa kota Kediri berkembang pesat dari segala sisi.

2. Kota Surabaya

Siapa sangka ternyata kota Surabaya yang kita kenal sebagai kota terkaya di Jawa Timur justru menempati urutan kedua. Angka PDRB Kota Surabaya tahun 2020 mencapai Rp 193.010.000.

Meski berada di urutan kedua, angka tersebut masih memiliki selisih yang jauh dibandingkan dengan Kabupaten Gresik yang berada di urutan ketiga. Surabaya adalah ibu kota provinsi Jawa Timur, pusat pemerintahan Jawa Timur.

Oleh karena itu, Surabaya merupakan hub komersial untuk wilayah Jawa Timur, Kalimantan, dan Indonesia Timur serta wilayah metropolitan yang merupakan pusat penting kegiatan ekonomi, keuangan, dan bisnis.

3. Kabupaten Gresik

Kabupaten Gresik menempati urutan ketiga sebagai daerah terkaya di Jawa Timur dengan pendapatan mencapai Rp 102.623.000 pada tahun 2020 dan meningkat menjadi Rp 109.373.000 pada tahun 2021.

Kabupaten Gresik memiliki luas kurang lebih 1.194 kilometer persegi. Wilayah Kabupaten Gresik juga meliputi Pulau Bawean yang terletak 150 km dari Laut Jawa. Pada tahun 2020, Kabupaten Gresik berpenduduk 1.311.215 jiwa dengan kepadatan penduduk 1.098 jiwa/km².

Kabupaten Gresik terkenal dengan kawasan industri terpenting di Jawa Timur menjadikan Gresik sebagai daerah terkaya ketiga.

Namun tidak hanya sektor industri, Gresik juga terkenal dengan sektor kelautan yang cukup besar, baik perikanan laut, tambak, maupun perikanan darat.

4. Kabupaten Sidoarjo

Peringkat keempat sebagai daerah terkaya di Jawa Timur dengan angka PDRP Rp 94.818.000 per kapita naik lagi menjadi Rp 100.694.000 pada tahun berikutnya.

Kabupaten Sidoarjo berbatasan di sebelah utara dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik seluas 714,24 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 2.033.764 jiwa pada tahun 2020.

Perekonomian yang mendominasi Kabupaten Sidoarjo adalah perikanan, industri dan jasa serta segudang tempat wisata yang banyak diincar oleh wisatawan mancanegara maupun lokal.

5. Kabupaten Pasuruan

Kabupaten Pasuruan dengan luas wilayah 1.474,02 kilometer persegi dan jumlah penduduk 1.637.682 jiwa, ternyata Produk Domestik Bruto per kapita daerah ini pada tahun 2020 adalah Rp 90.747.000 per kapita.

Berbatasan dengan Sidoarjo dan Laut Jawa di sebelah utara, kabupaten ini terkenal dengan kawasan industri dan pertanian serta beragam tempat wisata.

Kompleks gunung tengger dengan gunung bromo merupakan objek wisata andalan di kabupaten pasuruan. Hal inilah yang menjadi daya tarik perekonomian masyarakat Kabupaten Pasuruan.***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button