Gili Air Lombok – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Gili Air Lombok – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Gili Air merupakan salah satu pulau eksotik terpopuler di Lombok barat laut yang sudah terkenal keindahannya terutama pesona bawah lautnya. Sebuah kawasan wisata di Lombok yang bisa menjadi tujuan liburan terbaik.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp360.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Wisata bawah laut di Lombok, Nusa Tenggara Barat tidak pernah ada habisnya. Gili Air adalah salah satu dari tiga tembok laut di Pulau Lombok. Karakter gili ini berbeda dengan gili lainnya. Keunikannya juga berbeda dengan tanggul lainnya. Anda yang berwisata ke Pulau Lombok bisa singgah di tempat wisata ini karena paling dekat dengan wisata lainnya.

Suasana di sini lebih tenang dan nyaman dibandingkan seawall lainnya, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin sejenak menjauh dari kebisingan dan keramaian. Tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan asing dari berbagai negara seperti Inggris, Perancis, Australia, Italia dan negara lainnya, karena mereka merasa dimanjakan dengan suasana dan pemandangan alam yang ditawarkan.

Tidak hanya wisatawan asing yang berkunjung ke sini, namun juga banyak wisatawan lokal yang berkunjung ke kawasan wisata Gili Air. Air lautnya yang jernih sangat cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas snorkeling dan diving. Karena air lautnya yang jernih, pemandangan bawah lautnya pun terlihat jelas meski bisa dilihat dengan mata telanjang.

Tempat Wisata Gili Air Lombok

Aktivitas di Gili-Air-LombokKredit gambar: Google Maps AJ

Bagi Anda yang puas dengan pemandangan bawah laut yang eksotis, Gili Air bisa menjadi tujuan wisata Anda. Air lautnya yang biru jernih mampu memukau wisatawan yang berkunjung. Anda bisa mengajak semua anggota keluarga agar mereka juga bisa merasakan indahnya ciptaan Tuhan yang tiada tara.

1. Memiliki keindahan alam bawah laut yang mempesona

Bagi anda yang suka snorkeling dan diving, di tempat wisata ini terdapat tempat-tempat terbaik yang bisa anda jelajahi dengan menyelam di bawah laut, spot bawah laut terbaik di seawall ini bisa anda temukan dengan menuju ke timur pada kedalaman 1,5 hingga 3 meter. Anda akan menemukan biota laut yang lengkap dan beragam di tempat terbaik ini.

2. Dihuni oleh penduduk terbesar di antara Gilis

Gili ini merupakan kawasan wisata yang dihuni penduduk terbesar di tanggul lainnya, namun suasananya sepi dan tidak ramai. Daerah ini didominasi oleh penduduk suku Sasak dan Bugis. Hal inilah yang membuat Gili ini menarik karena dihuni oleh dua suku sekaligus, dimana perbedaan bahasa dan adat istiadat kedua suku tersebut menyatu dalam satu wilayah yang sama.

Masyarakat yang mendiami wilayah ini memiliki mata pencaharian utama sebagai nelayan, pedagang dan juga pemandu wisata. Keramahan penduduk setempat di sini membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di tempat ini. Warga sekitar juga akan siap membantu jika ada wisatawan yang membutuhkan bantuan.

3. Memiliki nama yang unik

Penduduk setempat di kawasan Gili Air menyebut tanggul laut itu “Central Aiq”, yang artinya “tengah laut”. Gili ini terletak di bagian paling timur dan paling dekat dari pulau Lombok. Karena terletak di tengah laut, wisatawan akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang indah berupa keanekaragaman hayati laut Indonesia yang selalu asri dan alami.

Alamat dan Rute Menuju Gili Air

Alamat dan Rute Menuju Gili AirKredit gambar: Google Maps Wedang Kopi

Gili ini paling dekat dengan pulau Lombok. Lokasi tepatnya berada di Desa Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Anda dapat mencapai pemecah gelombang ini dengan menyeberangi pelabuhan Bangsal menggunakan transportasi perahu motor/perahu. Waktu tempuh untuk menyeberang kurang lebih 25 menit.

Perlu diingat bahwa Anda harus memperhatikan waktu keberangkatan kapal motor/boat agar tidak terlambat. Jika Anda terlambat dan melewatkan jadwal keberangkatan Anda, Anda dapat menyewa kapal lain yang tersedia dengan tarif yang relatif lebih mahal. Dengan demikian, sangat penting untuk memperhatikan waktu keberangkatan perahu motor/perahu.

Sebelumnya, Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat untuk menuju Pelabuhan Bangsal. Pelabuhan Bangsal berjarak sekitar 225 kilometer dari pusat kota. Hitung sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan 4×4 tergantung pada kepadatan jalan dan arus lalu lintas.

Ada dua rute yang bisa Anda ambil untuk sampai ke Gili Air. Kedua rute ini akan memanjakan wisatawan dengan kelezatan keindahan alam Lombok yang akan Anda temui di sepanjang perjalanan. Garis pertama. melewati pegunungan Taman Nasional Gunung Rinjani. Sedangkan jalur kedua melintasi pantai menuju pelabuhan Bangsal.

Selain Pelabuhan Bangsal, Anda juga bisa menempuh jalur darat dari Lombok menuju Teluk Nara sebelum menyeberang ke tempat tujuan. Perjalanan dari Teluk Nara dapat ditempuh menggunakan speed boat untuk rombongan dengan waktu tempuh sekitar 5 menit saja.

Biaya Perjalanan ke Gili Air Lombok

Biaya Perjalanan ke Gili Air LombokKredit gambar: Google Maps Massimo Deriu

Waktu operasional dari Pelabuhan Bangsal adalah dari pukul 07:00 dengan keberangkatan terakhir pada pukul 16:00. Jadwal keberangkatan ferry dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Air setiap hari mulai pukul 08:00-11:00 WITA. Setelah pukul 11.00 WITA, direncanakan tidak ada lagi lintasan di tanggul tersebut.

Biaya penyeberangan dengan speedboat/boat dari pelabuhan Bangsal adalah Rp 12.000 per orang sekali jalan. Anda juga bisa menyewa perahu di sana seharga Rp 360.000 sekali jalan atau pulang pergi seharga Rp 700.000. Perjalanan dari Pelabuhan Bangsal ke lokasi sekitar 20-30 menit tergantung besar kecilnya ombak.

Tempat wisata ini terbuka untuk umum selama 24 jam sehingga Anda bisa leluasa mengunjungi tempat ini kapan saja. Gili dikelola dengan sangat baik, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 50.000 untuk berkunjung ke sini. Dengan tiket masuk, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan tanggul dan mengejar sunrise dan sunset.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Gili Air

Aktivitas Menarik Gili AirKredit gambar: Twitter GI: Triphemat

1. Nikmati keindahan pemandangan laut dengan snorkeling

Anda yang memiliki hobi snorkeling bisa mencoba melakukan aktivitas tersebut di tempat ini. Agar keanekaragaman biota laut di sini terlihat jelas, Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling saat ombak sedang tenang. Tempat terbaik untuk snorkeling di sini adalah di sebelah timur karena pemandangan bawah lautnya sangat indah.

Anda bisa menyelam hingga kedalaman 1,5 hingga 3 meter jika ingin snorkeling di pulau eksotis Gili Air. Tidak perlu takut untuk menyelam terlalu dalam karena ada rambu-rambu khusus yang menjadi batasan snorkeling. Ikan dan karang akan menemani Anda selama aktivitas snorkeling di tempat ini.

2. Jelajahi alam bawah laut dengan menyelam

Di tempat ini sudah ada pemandu profesional yang siap menemani Anda yang masih pemula dalam kegiatan menyelam untuk menjelajahi keindahan alam bawah laut. Anda dapat menemukan berbagai spesies laut di dunia bawah laut, seperti berbagai ikan, kura-kura, dan kuda laut.

Anda juga dapat mengunjungi 5 lokasi favorit penyelam antara lain Air Wall, Frogfish Point, Air Slope, Segaluh dan Malang Reef. Setiap tempat favorit memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing. Hampir semua spot ini akan menawarkan pemandangan bawah laut berupa ikan warna-warni dan terumbu karang yang indah.

3. Bermain selancar saat ombak sedang naik

Selain aktivitas snorkeling dan diving, Anda juga bisa bermain selancar di sini. Agar lebih seru, kamu harus menunggu waktu yang tepat untuk berselancar di sini. Waktu yang tepat adalah saat ombak sedang naik sehingga adrenalin Anda semakin terpompa saat ombak menaklukkan ombak.

4. Joging sambil menikmati pemandangan pantai

Aktivitas menarik di Gili AirKredit gambar: Google Maps nunung menjalaniyanto

Tidak perlu khawatir bagi anda yang memiliki hobi jogging karena di Gili Air anda juga bisa melakukan hobi ini. Di tanggul ini terdapat lintasan khusus bagi wisatawan yang ingin jogging. Jalur jogging dipagari dengan tanaman tropis. Jogging di sini sangat menyenangkan karena Anda bisa menikmati pemandangan pantai sambil jogging.

5. Naik sepeda atau menunggang kuda di pantai

Sama seperti dua tanggul lainnya, tanggul ini juga memberlakukan zona tidak bermotor agar tidak terjadi pencemaran. Di gili ini terdapat tempat persewaan sepeda, sepeda motor listrik, tetapi juga cidomo atau gerobak. Anda harus mewaspadai bulu babi atau teripang yang kandas saat bersepeda. Anda juga tidak menarik kendali terlalu keras saat mengendarai cidomo.

6. Perburuan Matahari Terbenam di Pantai

Menikmati sunset di pinggir pantai merupakan program wajib yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menggelar tikar untuk duduk-duduk di tepi pantai atau memasang hammock untuk bersantai sambil menikmati matahari terbenam. Anda juga bisa memesan es krim kelapa muda dan makanan ringan yang bisa Anda santap sambil menikmati matahari terbenam.

Akomodasi murah di sekitar Giri Air

Murah-Akomodasi-Sekitar-Giri-EauKredit gambar: Google Maps nunung menjalaniyanto

1. Mola2 Resort Gili Air Lombok oleh DHM Resort

Hostel ini berjarak sekitar 605 meter dari lokasi. Dengan tarif kamar per malam mulai dari Rp 413.044, Anda akan menikmati semua fasilitas yang ditawarkan oleh hostel bintang 4 ini. Fasilitas persewaan sepeda juga tersedia di sini.

2. Bungalo Sari Gili

Lokasi hostel ini hanya 272 meter dari tembok laut. Fasilitas hostel ini terbilang lengkap. Penyewaan sepeda tersedia dan bahkan tersedia area penitipan bayi berbayar.

3. Gili Air Bungalow yang Damai

Homestay bintang 3 ini terletak sekitar 927 meter dari tembok laut. Fasilitasnya lengkap dan pemilik homestay ini sangat ramah, anda akan dibuat sangat welcome selama menginap disini. Bahkan saat ingin pulang pun ditanya soal kenyamanan selama menginap di hostel.

Layanan yang tersedia di Gili Air Lombok

Fasilitas Gili Air di LombokKredit gambar: Google Maps Louis Fourie

Pengelola tempat wisata ini menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap. Fasilitas seperti tempat bersantai, persewaan hammock, ayunan tepi pantai, sepeda, sepeda motor listrik, cidomo atau gerobak, tempat ibadah, kafe, restoran, kamar mandi dan toilet tersedia di sini. Bagi Anda yang ingin bermalam, tersedia juga akomodasi dan hotel yang bisa Anda pilih sesuai budget.

Anda bisa mengunjungi Gili Air jika ingin tempat wisata yang tenang dengan penduduk yang ramah. Jangan lupa membawa kamera untuk mengejar gambar di pantai atau saat snorkeling atau di bawah laut.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button