Pesona Danau Uter, Destinasi Wisata Alam Eksotis di Maybrat - WisataHits
wisatahits

Pesona Danau Uter, Destinasi Wisata Alam Eksotis di Maybrat

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Korom, Aitinyo, Kab. Maybrat, Papua Barat; Kasus: Cek lokasi

Wilayah Papua memiliki banyak destinasi yang masih alami dan indah seperti dulu. Bahkan, siapa sangka Anda bisa menemukan surga yang tersembunyi di balik lebatnya hutan Papua Barat. Permata wisata itu berupa danau yang dikenal dengan Danau Uter di Kabupaten Maybrat. Apa yang menarik dari danau yang indah ini? Yuk simak ulasan berikut ini.

Mengenal indahnya danau Maybrat

Danau yang indah di MaybratKredit gambar: Google Maps Andi Bxd

Danau Uter adalah sebuah danau yang berada di tengah hutan belantara Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Hutan di sekitar danau membuat air tetap bersih dan jernih, terutama karena daerah ini belum tercemar sampah atau tanah. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa danau ini merupakan danau terjernih di tanah air.

Di balik keindahannya, danau ini juga menyimpan cerita rakyat yang diturunkan dari generasi ke generasi tentang asal usulnya. Konon, pada zaman dahulu, ada seorang pemuda yang berburu di kawasan danau. Pemuda ini berburu dengan tombak dan parang bersama anjingnya.

Sebelum pemburu sampai ke sumber danau, pemburu ini telah berhasil menangkap babi hutan. Ketika pemuda itu sedang berjalan membawa babi yang ditangkapnya, dia mendengar suara anjingnya menggonggong. Pemuda ini kemudian mendekati anjingnya yang sedang mencoba menggali tanah di bawah kota kayu.

Karena penasaran, pemuda itu kemudian mengeluarkan tombak dan menggantung babi yang telah ditangkapnya, lalu menggali bersama anjingnya. Saat menggali akar kayu, pemuda itu menemukan siput, pasir, dan batu-batu kecil di sana. Apalagi dia merasa lantai mulai basah.

Ketika pemuda itu terus menggali, seekor tikus muncul dari batang kayu dan secara spontan membuat anjing itu mengejarnya. Setelah itu, tiba-tiba air keluar dari arah pencarian pemuda tersebut bersama anjingnya. Ketakutan, pemuda itu kemudian berlari ke arah yang sama dengan tikus dan anjingnya.

Air yang keluar dari galian terus mengalir mengikuti jejak tikus, anjing, dan pemuda itu. Namun karena air menggenang seperti air bah, tak lama kemudian pemuda itu dan anjingnya terendam air. Hanya ada satu tikus yang kemudian terus berlari hingga memasuki lubang batu yang jaraknya lebih dari 8 kilometer. Di sinilah kemudian menjadi batas dari danau Maybrat yang menawan ini.

Atraksi Danau Uter

Atraksi Danau UterKredit gambar: Google Maps Andreas Bimar Setiari

1. Danau terbersih di Indonesia

Terletak di tempat yang tersembunyi dan dikelilingi oleh hutan pohon yang lebat, Danau Uter memiliki air yang sangat jernih, dan suasana di sekitarnya juga sangat asri. Danau ini belum terkena polusi, sehingga disebut sebagai salah satu danau terbersih di Indonesia.

Danau ini sangat jernih sehingga Anda dapat melihat sampai ke dasar danau dan melihat berbagai jenis ikan berenang di sana. Yang paling indah, warna air danau yang jernih memiliki sedikit gradasi warna biru. Siapapun yang melihatnya akan terpesona dan takjub.

2. Sedikit pengunjung

Karena lokasi Danau Uter berada di tengah hutan belantara, tempat wisata ini masih tergolong sepi dikunjungi wisatawan. Namun hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Terutama bagi mereka yang ingin berlibur sambil mencari ketenangan.

Tidak ada keramaian, tidak ada keributan dan tidak ada antrian panjang juga. Anda tidak akan menemukan apa pun selain ketenangan yang mempesona di tengah keindahan alam ciptaan Tuhan. Ditemani dengan udara yang sejuk dan sejuk, berkat banyaknya pepohonan yang rimbun di sekitar area danau.

3. Tebing batu kapur yang tampak mengapung

Danau berbentuk cekung yang berisi air tawar di Kecamatan Aitinyo, Kabupaten Maybrat ini tak hanya dikelilingi alam liar. Namun, danau ini juga memiliki tebing tinggi dari batu kapur di sekitarnya. Dimana kelimpahan batugamping terlihat seperti gugusan pulau yang tersebar.

Meski tebingnya tampak gersang karena hanya beberapa rerumputan kering yang tumbuh di sekitar sudut tebing, pemandangannya semakin unik. Memang, warna tebing yang didominasi warna coklat muda hingga coklat tua sangat kontras dengan warna air danau yang jernih dengan nuansa biru atau hijau.

Perpaduan tersebut memberikan tampilan yang sangat eksotis dan sangat memanjakan mata. Beberapa wisatawan yang pernah berkunjung dan melihat langsung pemandangan tersebut bahkan mengatakan bahwa tebing tersebut tampak mengambang. Sementara itu semakin mempercantik tampilan keindahan danau yang megah ini.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Danau Uter MaybratKredit gambar: Google Maps Joko sulistyo

Danau Uter berada di balik lebatnya hutan Papua yang masih rimbun. Tepatnya alamat di Desa Korem, Kecamatan Aitinyo, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Dari kota Sorong jaraknya sekitar 200 kilometer dan dari bandara Kambuaya sekitar 30 kilometer.

Jika Anda tiba di bandara Kambuaya, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai ke sana. Untuk mencapai danau itu sendiri, Anda harus terlebih dahulu melewati serangkaian hutan sekunder dan perkebunan milik masyarakat. Menjelang tepi danau, sudah ada jalan semen yang dibuat untuk mengakses pemandian bagi pengunjung.

Setelah danau ini dikenal oleh beberapa wisatawan dari luar wilayah Papua, akhirnya objek wisata ini mulai memungut biaya tiket untuk membantu perekonomian rakyat. Harga tiket masuk berlaku dalam 3 jenis, sekitar Rp 15.000 untuk kendaraan roda 4, Rp 5.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 3.000 hanya untuk yang tidak membawa kendaraan.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Danau Uter

Kegiatan menarik di Danau UterKredit gambar: Google Maps Andreas Bimar Setiari

1. Trekking di danau

Hiking atau menjelajah alam merupakan salah satu aktivitas menarik yang wajib Anda coba di kawasan Danau Uter, mengingat keindahan kawasan tersebut. Di sekitar danau itu sendiri, sudah ada jalan setapak yang bisa Anda daki untuk menikmati keindahan alam yang ada di luar sana.

2. Berenang untuk merasakan kesegaran danau

Danau ini memiliki tingkat kedalaman yang berbeda-beda, ada yang cukup dangkal di dekat tepinya dan ada pula yang lebih dari 5 meter. Penduduk setempat sendiri banyak berenang di area danau. Jadi kamu bisa mencoba kesejukan danau sebening kristal ini asalkan kamu masih berhati-hati.

3. Lakukan perjalanan perahu di sekitar danau

Aktivitas di Danau UterKredit Gambar: Instagram Nilam

Penduduk setempat biasanya menyiapkan perahu di tepi danau untuk disewakan kepada pengunjung. Jadi Anda bisa menikmati keindahan Danau Uter Maybrat lebih dekat tanpa basah kuyup. Perahu-perahu yang digunakan masih digerakkan dengan tangan dan dioperasikan sendiri oleh warga, menambah suasana tenang saat berjalan-jalan di sepanjang danau.

Fasilitas di Danau Uter masih kalah dengan berbagai tempat wisata sukses lainnya. Namun soal keindahan dan panorama alam yang bisa disuguhkan, destinasi yang satu ini bisa dibilang juara. Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai danau terbersih di Indonesia, karena kejernihan dan keindahan kawasannya yang belum terkena polusi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button