Pantai Sobo, pantai yang indah dengan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di Banyuwangi - WisataHits
wisatahits

Pantai Sobo, pantai yang indah dengan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di Banyuwangi

Pantai Sobo, pantai yang indah dengan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di Banyuwangi

Liburan di Banyuwangi belum lengkap tanpa mengunjungi Pantai Sobo, pantai ini terkenal memiliki fenomena sunrise yang indah dan pemandangan yang luar biasa.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sobo, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Tidak salah jika kota Banyuwangi dijuluki The Sunrise of Java. Memang, kota ini merupakan daerah pertama yang terkena dampak terbitnya matahari di Pulau Jawa. Hal ini pula yang membuat pantai Banyuwangi menjadi istimewa, termasuk pantai Sobo. Mengingat pantai pasir hitam ini berada di ujung Kabupaten Banyuwangi.

Pantai cantik ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, yaitu hanya berjarak sekitar 5 km saja. Akses jalan juga cukup memadai dan dapat diakses oleh kendaraan bermotor. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu khawatir jika berencana mengunjungi kawasan wisata alam tersebut. Hanya saja karena letaknya di kawasan perkampungan, pengunjung mungkin harus bertanya kepada warga setempat.

Berkunjung ke Pantai Sobo bisa menjadi pilihan alternatif terbaik untuk melepas penat dan penat dari aktivitas sehari-hari yang cenderung membosankan. Selain suasana pantai yang tenang dan hening, angin sepoi-sepoi di pantai juga dapat membuat badan dan pikiran terasa lebih segar, sehingga lebih siap menghadapi hari-hari mendatang.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Sobo

Objek Wisata Pantai SoboFoto: Google Maps/Jeshen Ham

Banyuwangi dikenal dengan pantainya yang indah dan kemampuannya mengejutkan semua orang. Namun, jika Anda mencari pantai indah yang murah dan mudah ditemukan, maka Sobo adalah jawabannya. Meski namanya tak sepopuler pantai lain, namun pesonanya tak bisa disepelekan.

Tak heran jika banyak yang penasaran dengan pantai ini. Lantas apa saja objek wisata yang dimiliki Pantai Sobo? Cari tahu alasannya di bawah ini!

✦ Pantai pasir hitam yang eksotis

Eksotisme pantai ini tidak perlu diragukan lagi. Saat memasuki kawasan pantai, wisatawan akan disambut oleh hamparan pasir hitam dengan tekstur yang sangat lembut. Selama ini, lautan biru dan deburan ombak yang mengguyur buih putih di pantai akan menjadi pemandangan yang luar biasa indah. Wisatawan tidak mungkin melupakan fenomena ini.

✦ Pemandangan gunung

Saat cuaca cerah, wisatawan bisa melihat barisan pegunungan yang menjulang tinggi di kejauhan. Pastinya akan membuat pemandangan menjadi lebih indah dan menarik. Apalagi bagi yang suka berfoto, tentunya ini adalah waktu yang tepat untuk berpose di pantai dengan latar belakang laut dan pegunungan. Karena hasilnya dijamin memuaskan.

✦ Deretan perahu nelayan

Karena Pantai Sobo tidak jauh dari perkampungan nelayan, terkadang pengunjung bisa melihat deretan perahu kayu milik nelayan yang berjejer rapi. Jika diambil dari sudut yang tepat, tentunya bisa menghasilkan foto yang bagus. Selain itu, perahu-perahu tersebut dicat dengan warna berbeda yang menarik dan estetis.

✦ Dermaga kayu

Salah satu ikon Pantai Sobo yang pasti menarik perhatian pengunjung adalah adanya dermaga kayu. Posisinya yang menjorok ke tepi lautan memungkinkan menghadirkan nuansa keindahan. Juga, sebelum matahari terbit atau terbenam. Namun, karena relatif tua dan tidak terawat, wisatawan harus berhati-hati jika ingin naik ke dermaga.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai SoboFoto: Google Maps/Jeshen Ham

Pantai indah ini terletak di Desa Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi – Jawa Timur. Area berada di kawasan pemukiman nelayan, dekat dengan tempat penjemuran hasil laut dan tambak udang. Jadi sebenarnya tidak akan sulit untuk menemukannya. Karena turis bisa bertanya kepada penduduk setempat jika tersesat.

Jika anda start dari pusat kota banyuwangi tepatnya perempatan bank bni 46 anda bisa mengambil arah timur hingga mentok di pertigaan kemudian ambil arah kanan. Ikuti saja jalan lurus sampai Anda mencapai pertigaan dengan menara radio. Setelah itu, belok kiri dan ikuti jalan tersebut hingga menemukan area pemukiman.

Pantai Sobo belum terkelola secara optimal, sehingga wisatawan yang datang tidak akan dipungut biaya apapun atau biaya masuk. Selain itu, pantai ini buka 24 jam sehari. Jadi bisa dikunjungi kapan saja. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi pengunjung, karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk menikmati keindahan pantai.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai SoboFoto: Google Maps/Golobok Go

Dengan segudang atraksi yang dimiliki, wisatawan pun memiliki pilihan yang lebih beragam terkait aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Pantai Sobo. Jadi tidak hanya melihat pantai dan laut, mengecek dan memotret, lalu pulang. Di pantai eksotis ini, pastikan untuk menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang luar biasa.

Jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan di pantai, berikut beberapa rekomendasi aktivitas seru yang bisa membuat liburan Anda lebih berwarna:

1. Mainkan air

Salah satu tujuan utama dari pantai tidak diragukan lagi untuk bermain air. Apalagi di Pantai Sobo, ombak yang bergulung dan air laut yang jernih dijamin membuat siapapun tergiur untuk langsung merasakan kesejukannya. Pantai ini relatif bersih, jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin terjun dan bersenang-senang bermain air bersama orang tersayang.

2. Bersepeda di Pantai Sobo

Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga bisa meregangkan otot dengan bersepeda menyusuri pantai. Mengingat letak pantai yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi, pengunjung bisa langsung bersepeda dan menjelajah pantai. Dijamin capek akan langsung terbayar.

3. Kamp

Pesisir pantai yang relatif datar memudahkan wisatawan untuk bermukim di lahan yang tersedia. Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas outdoor dan ingin bermalam di pantai ditemani deburan ombak dan bintang yang indah, bisa langsung menuju ke Pantai Sobo. Jangan lupa kalau camping disini juga gratis.

4. Perburuan Matahari Terbit

Siapa yang bisa menyangkal keindahan matahari terbit? Jika tujuan ke pantai ini untuk menikmati pesona matahari terbit yang magis, maka Anda tidak perlu berpikir dua kali sebelum mengunjungi Pantai Sobo. Karena berada di sisi paling timur, keindahan matahari terbit di pantai pasir hitam ini tidak diragukan lagi. Pasti bisa bikin mata pusing.

5. Belanja oleh oleh

Jika Anda berasal dari luar daerah, Anda juga bisa membeli oleh-oleh di pantai ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lokasi pantai ini sangat strategis yaitu di sekitar kawasan perkampungan nelayan. Jadi, dalam perjalanan pulang, wisatawan bisa sekaligus membeli makanan laut dan udang yang dibudidayakan di tambak. Harganya juga jauh lebih murah.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai SoboFoto: Google Maps/Joy Serapat

Meski wisatawan tidak membayar tiket masuk, bukan berarti tidak ada fasilitas umum sama sekali di Pantai Sobo. Karena semua hal yang diperlukan dapat dengan mudah ditemukan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda membutuhkan sesuatu. Lalu apa saja fasilitas yang ada di Pantai Sobo? Beberapa dari mereka adalah:

  • Toilet
  • Stan pinggir jalan
  • Tempat parkir
  • Akomodasi

Anda sedang berkunjung ke Banyuwangi tapi tidak punya banyak waktu untuk mengunjungi tempat wisata yang jaraknya terlalu jauh? Pantai Sobo mungkin menjadi pilihan yang paling tepat. Selain hanya berjarak 15 menit dari pusat kota, pantai eksotis ini juga menawarkan keindahan alam yang membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati panorama.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button