GfbV Trisakti menyelenggarakan "USI UNESCO Chair Summer School 2022" mempromosikan pariwisata berkelanjutan - WisataHits
Jawa Tengah

GfbV Trisakti menyelenggarakan “USI UNESCO Chair Summer School 2022” mempromosikan pariwisata berkelanjutan

KOMPAS.com – Sekolah Pariwisata Trisakti menyelenggarakan “USI UNESCO Chair Summer School 2022” pada tanggal 16-23 Agustus 2022 bertajuk “IMAGINE – ICTs to Promote Sustainable Heritage Tourism in Indonesia”.

Summer school ini diikuti oleh 28 peserta dari tujuh negara yaitu Indonesia, Italia, Peru, Serbia, Swiss, Thailand dan Amerika Serikat. Peserta dari Indonesia mewakili beberapa provinsi yaitu DKI Jakarta, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

Sebagai informasi, Summer School mempertemukan peserta dengan para ahli dari akademisi, industri dan praktik, dimana peserta dapat belajar lebih banyak tentang beberapa elemen warisan Indonesia yang sangat kaya.

Dari sana kami berharap peserta dapat memikirkan bagaimana media digital dapat diimplementasikan dan diatur untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan dan pemahaman yang lebih baik tentang warisan budaya.

Fokus khusus sekolah musim panas tahun ini adalah pada warisan tekstil batik, yang dinyatakan sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO pada tahun 2009.

Kunjungan lapangan meliputi empat kota (Jakarta, Bogor, Solo dan Yogyakarta), dua situs Warisan Dunia (Kompleks Candi Prambanan dan Kompleks Candi Borobudur), dua keraton (Mangkunegaran dan Yogyakarta), Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi, serta museum, seperti seperti Museum Tekstil, Museum Nasional, Museum Danar Hadi dan Museum Radya Pustaka.

Apresiasi Menkoparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyambut para peserta melalui pesan video dan menyampaikan apresiasi atas kegiatan GfbV Trisakti.

Sandiaga juga berharap kegiatan summer school ini dapat memberikan pembelajaran yang kaya dan pengalaman praktis untuk mendukung pariwisata dunia khususnya di Indonesia.

Baca Juga: Pariwisata Berkelanjutan Jadi Tren Pasca Pandemi, Sandiaga Uno Puji Program Desa Sudaji

Pada kesempatan yang sama, Ketua STP Trisakti Fetty Asmaniati berharap para peserta dapat berbagi praktik terbaik dan mendorong kolaborasi yang lebih beragam antar peserta untuk mengembangkan dan mempromosikan pariwisata berkelanjutan di situs Warisan Dunia UNESCO melalui penggunaan teknologi komunikasi.

Para peserta juga disambut oleh Moe Chiba, Kepala Departemen dan Spesialis Program Kebudayaan di Kantor UNESCO Jakarta. Anda juga belajar tentang inisiatif pelibatan masyarakat yang penting oleh Diana Setiawati dari Departemen Kebudayaan Indonesia UNESCO.

Selain pelatih dari Trisakti dan Presiden USI UNESCO, pembicara utama dalam kegiatan ini antara lain:

  • Hendro Wicaksono (Direktorat Pengelola Koleksi Ilmiah BRIN)
  • Prof. Eni Harmayani (Dekan Fakultas Teknik Pertanian UGM)
  • Mayor Jenderal TNI Budi Pramono (Dosen Universitas Pertahanan Republik Indonesia)
  • Sisca Soewitomo (Pakar Kuliner)
  • Didiet Maulana (Pendiri Ikat Indonesia)
  • Hokky Situngkir (peneliti dan pendiri Perpustakaan Budaya Digital Indonesia)
  • Ade Kadarisman (Pendiri & Peneliti Sustainable Development Goal Center)

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button