Pemda salurkan dana miliaran rupiah dan fokus selesaikan masalah sampah di Gunungkidul - KUPASS - WisataHits
Yogyakarta

Pemda salurkan dana miliaran rupiah dan fokus selesaikan masalah sampah di Gunungkidul – KUPASS

Patuk, (kupass.com) – Pemerintah Daerah Gunungkidul (Pemda) fokus mengucurkan dana pembangunan infrastruktur di Kalurahan pada 2023-2024. Salah satunya berupa septic tank individual, instalasi pengolahan limbah kota dan DAK TPS-3R untuk pembuangan limbah di TPS-3 Kapanewon Patuk yang diresmikan oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta pada Rabu (23/11/2022). .

“Kami akan fokus pada infrastruktur, salah satunya pengolahan sampah. Setiap kapanewon harus memiliki unit pengolahan,” jelas Bupati Sunaryanta.

Ke depan, masalah sampah ini akan semakin besar, apalagi terkait dengan potensi wisata yang akan menghasilkan banyak sampah.

“Pemborosan ini disebabkan oleh banyaknya pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata,” jelasnya.

Gunungkidul, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP), Irawan Jatmiko, mengatakan pihaknya telah membangun tempat pembuangan sampah (TPS3R), IPAL kota dan septic tank individu di beberapa lokasi di desa tersebut.

“Alokasi biaya untuk pembangunan saniter sendiri mencapai Rp 5 miliar,” jelas Irawan.

Sedangkan biaya pembangunan TPS3R mencapai Rp 2,165 miliar dengan rincian 5 desa. Di setiap titik, Kalurahan mendapat anggaran Rp 433 juta.
Menurutnya, pembangunan IPAL Pemkot dibangun di empat desa dengan total biaya Rp1,8 miliar dengan rincian Rp450 juta per desa.

“Untuk pembangunan septic tank individual menghabiskan biaya Rp 1,375 miliar di lima kecamatan dengan biaya Rp 275 juta per kelurahan,” imbuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button