INFO BMKG: Garut Gempa Baru Terasa di Bandung, Daryono Sebut Gempa Tadi Malam Akibat Lempeng Eurasia - WisataHits
Jawa Barat

INFO BMKG: Garut Gempa Baru Terasa di Bandung, Daryono Sebut Gempa Tadi Malam Akibat Lempeng Eurasia

DESKJABAR- Gempa yang baru terjadi di Garut tadi malam terasa di Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Cianjur, Sukabumi dan daerah Jawa Barat lainnya, membuat kaget masyarakat Jawa Barat.

Berdasarkan informasi gempa terbaru dirasakan pertama kali di Bandung dengan magnitudo 4,9 dan yang kedua kali dengan magnitudo 5,3 dengan pusat gempa di Garut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa Garut tadi malam terasa di Bandung dan wilayah Jawa Barat lainnya akibat pergerakan antara Lempeng Eurasia.

Baca Juga: Putra Bintang Korea Selatan Masih Masuk Skuat Qatar Untuk Piala Dunia 2022 Meski Cedera, Simak Jadwalnya!

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa di Garut selatan dipastikan tidak akan menimbulkan tsunami.

Jenis gempa di Garut bagian selatan adalah gempa tektonik. “Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki update parameter dengan magnitudo M5.1,” kata Daryono dalam siaran pers yang diterima DeskJabar, Minggu, 13 November 2022.

Lebih lanjut Daryono menjelaskan, pusat gempa berada pada koordinat 8,19° Lintang Selatan; 107,35° BT atau lebih tepatnya di laut pada jarak 60 km sebelah selatan Caringin, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 53 km.

Kemudian BMKG melalui Daryono menyampaikan bahwa setelah mengamati lokasi episentrum dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme swelling menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki mekanisme sesar geser.

Baca Juga: Wisata Kuliner di Bogor Yuk! Itulah 10 rekomendasi tempat sarapan enak nan lezat yang dijamin bikin ngiler

aksi seismik

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button