Gempa bumi baru-baru ini mengguncang Bayah dan pantai barat, berikut data BMKG - WisataHits
Yogyakarta

Gempa bumi baru-baru ini mengguncang Bayah dan pantai barat, berikut data BMKG

Gempa bumi baru-baru ini mengguncang Bayah dan pantai barat, berikut data BMKG

TEMPO.CO, jakarta – Catatan BMKG gempa bumi baru-baru ini Guncangan yang dirasakan terjadi di Bayah, Banten. Gempa berkekuatan 4,4 Magnitudo tepatnya terjadi pada Kamis malam, 2 Februari 2023 pukul 19.45 WIB.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono menduga gempa tersebut dipicu aktivitas sesar Cimandiri yang berlanjut ke laut (Samudera Hindia). Klaim didasarkan pada pusat gempa yang terletak di laut 40 kilometer barat daya Bayah. Kedalamannya, 25 kilometer.

“Gempa jenis ini dangkal,” katanya dalam keterangan tertulis yang dibagikan usai gempa.

Dampak gempa terasa di wilayah Bayah, Malingping, Ciracap dan Surade dengan guncangan skala Intensitas III MMI. Ini sesuai dengan getaran nyata yang bisa dirasakan di dalam rumah, seperti truk yang lewat. BMKG telah memetakan dampak gempa lemah di wilayah Sukabumi, Cianjur, Pelabuhan Ratu, Cipanas, dan Lebak.

“Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut,” kata Daryono dalam keterangannya. Begitu pula dengan gempa susulan yang tercatat hanya pada pukul 20.00.

Gempa di Bayah, Banten, terjadi hanya 25 menit setelah gempa di pantai barat, Lampung, terekam BMKG. Kekuatannya M4.7, juga paling getar di skala III MMI. Pusat gempa ini berada di laut, 57 kilometer tenggara Kabupaten Pesisir Barat, pada kedalaman 25 kilometer.

Selalu Memperbarui info terbaru. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik gabung. Kamu harusUntuk memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button