BPOB akan menjadikan Jawa Timur sebagai destinasi wisata yang setara dengan Bali - WisataHits
Yogyakarta

BPOB akan menjadikan Jawa Timur sebagai destinasi wisata yang setara dengan Bali

Jumat, 26 Agustus 2022 – 08:53 WIB

perjalanan VIVA – Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) akan menjadikan Jawa Timur sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia yang menyamai kawasan Bali. BPOB, lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, bertujuan menyelaraskan destinasi pariwisata.

Presiden BPOB Indah Juanita mengatakan, pengembangan pariwisata sedang dilakukan untuk empat kota/pemerintah di Jawa Timur, yaitu Ngawi, Magetan, Ponorogo dan Pacitan.

Mereka bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya untuk meningkatkan sumber daya manusia di daerah.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 46 Tahun 2017 tentang Kewenangan Pengelolaan Kawasan Wisata Borobudur. Mereka memiliki tugas mengkoordinasikan sinkronisasi dan pendampingan pengembangan pariwisata di 30 kota/kabupaten.

Wilayah koordinasi tersebut berada di tiga destinasi pariwisata nasional, yaitu Yogyakarta-Borobudur, Semarang-Karimunjawa, dan Solo-Sangeran.

Dua turis asing menikmati panorama kawah Gunung Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu, 6 April 2019.

Dua turis asing menikmati panorama kawah Gunung Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu, 6 April 2019.

Foto:

  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

“Empat kabupaten/kota di Jawa Timur ini berada di Solo-Sangeran, yaitu Solo Raya, Salatiga, Boyolali, Karanganyar, Gunungkidul, Ponorogo, Ngawi dan Magetan.” ujar Juanita di UB Malang, Kamis 25 Agustus 2022.

Juanita mengatakan, 4 kawasan di Jatim akan saling terintegrasi sebagai penyangga pariwisata di sekitar Candi Borobudur, seperti Bali yang memiliki kawasan wisata hampir merata.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button