Gas! Pemkab Klaten Rilis Obyek Wisata Sambut Muktamar Muhammadiyah ke-48 - WisataHits
Yogyakarta

Gas! Pemkab Klaten Rilis Obyek Wisata Sambut Muktamar Muhammadiyah ke-48

clats

Pemerintah Kabupaten Klaten memberikan sejumlah tempat wisata gratis untuk memeriahkan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo pada 18-20 November mendatang. Pelaku kuliner di Klaten juga disarankan untuk tidak melakukannya meretih harga pengunjung yang ingin berkumpul.

“Kuliner di sepanjang Jalan Yogya Solo sudah kami siapkan, kami umumkan kepada para pengusaha kuliner karena momen ini tidak selalu terjadi dan sangat penting untuk promosi UKMK. ment (ngepruk), harganya jangan dinaikkan, harga standarnya biasa saja,” kata Bupati Klaten Sri Mulyani kepada wartawan usai rapat paripurna di DPRD, Jumat sore (11/4/2022).

Tidak hanya kuliner, jelas Sri Mulyani, pemerintah Klaten telah menyiapkan semua tempat wisata untuk peserta kongres. Atraksi khusus yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten ini gratis.

“Tempat wisata di kawasan Polanharjo, Rawa Jombor dan wisata air strategis lainnya sudah kami siapkan bersama Panitia Musyawarah. Tiket standar hanya gratis untuk yang milik Pemkab dan yang diurus desa tidak ditambah,” kata Mulyani.

Saat ini, kata Sri Mulyani, ada beberapa objek wisata Pemkab antara lain Mata Air Cokro, Mata Air Jolotundo, Rawa Jombor dan lain-lain.
Panitia Kongres terus aktif berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Klaten.

“Sekretaris Negara dan Panitia Koordinasi sangat aktif. Dari hampir 3 juta peserta Kongres, sekitar 8.600 orang akan tinggal di Klaten, nanti mereka bubar dan kami sudah siapkan,” lanjut Sri Mulyani.

Mulyani menjelaskan, posisi Klaten sangat strategis karena Bandara Yogyakarta juga sudah digunakan, meski ada pembatasan jenis pesawat. Soal makanan, semua yang ada di Klaten pasti enak.

“Semua kuliner di Klaten enak. Pokoke silahkan mampir, yang penting ojo menthung! Kalkulator jangan sampai rusak,” tutup Sri Mulyani.

Sekretaris Daerah Klaten Jajang Prihono menyatakan, setelah pemungutan suara terakhir dengan Panitia Kongres, jumlah peserta yang akan tetap di Klaten adalah 8.600 orang. Pemprov Klaten sudah berkoordinasi dengan seluruh BUMDes pariwisata.

“Kami mendorong koordinasi dengan optimalisasi BUMDes, mulai dari wisata, akomodasi, homestay. Kami minta peta dari mana kami buat wisata, akomodasi, UMKM, kuliner dan peta lainnya,” kata Jajang kepada wartawan.

Jajang mengatakan ada rencana untuk mendirikan rest area di Kabupaten Prambanan di perbatasan Yogyakarta. Untuk wisata, fokus pada wilayah utara.

“Wisata yang dibidik di sisi utara, wisata air, dan kita koordinasikan dengan BUMDes. Kalau yang diurus Pemkab gratis tapi desa, kita kembalikan ke desa,” kata Jajang.

Di bawah ini adalah lokasi wisata di wilayah Klaten Utara:

  1. Umbul Ponggok
  2. Pennant Pelem
  3. Manten panji
  4. Umbul Siblarak
  5. Umbul Besuki
  6. Panji Cokro
  7. Panji Jolotundo
  8. Area memancing Janti
  9. Rawa Yombor dan lain-lain.

Saksikan video “Sopir diteriaki maling panik, mobil terbalik di sungai”.
[Gambas:Video 20detik]
(aplikasi/sip)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button