Kafe menjamur di Jogja • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Kafe menjamur di Jogja • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Salah satu industri kuliner yang mulai mendapat perhatian adalah kopi. Persiapan dan hidangan disukai oleh anak muda. Dalam beberapa tahun terakhir, bahkan kopo telah menjadi gaya hidup. Kehadiran kafe mulai menjamur di kota Yogyakarta.

Kepala UPT Pusat Layanan Bisnis UMKM DIJ Hellen Phornica mengatakan, awalnya kopi biasanya hanya diminum di pagi hari. Namun kini telah berubah menjadi gaya hidup, khususnya bagi anak muda, termasuk masyarakat Jogjakarta. “Oleh karena itu, tak heran jika banyak kafe atau kafe di kota pelajar ini yang sangat mudah ditemukan,” ujarnya kepada Radar Jogja kemarin (5/10).

Toko-toko tidak hanya mengandalkan rasa kopi, mereka sekarang mulai membuat varietas kopi yang berbeda. Seiring dengan berkembangnya tren penggunaan media sosial, kedai kopi saling berlomba untuk membuat interior semenarik mungkin. “Untuk menghidupkan kafe mereka,” katanya.

Kepala Biro Pariwisata Kota Jogja (Dispar) Wahyu Hendratmoko secara mandiri meyakini kedai kopi memiliki potensi wisata. Karena kebutuhan akan kopi sudah menjadi gaya hidup di Kota Gudeg. “Itu juga kita perhatikan pada HUT ke-266 Jogja,” katanya.

Wahyu mencatat ada sekitar 400 pengusaha kedai kopi di Kota Jogja. Untuk itulah ia menggelar berbagai kuliner kelas atas di kota pelajar itu untuk memeriahkan HUT ke-266 Jogja. “Genre yang ditampilkan berbeda-beda, salah satunya kuliner. Kami juga akan melayani para pecinta kopi dengan event-event yang akan kami selenggarakan,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa, Umar, mengaku kopi merupakan kebutuhan wajib. Kopi mendukung promosi kreativitas. Pasalnya, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini kerap begadang dan tidur larut malam. “Begitu juga obat tidur,” katanya.

Menurutnya, kopi juga merupakan tempat keakraban. Umar sering berbagi secangkir kopi yang dia pesan untuk diminum dengan teman-temannya ketika dia sedang berdebat. “Makanya kafe jadi tempat yang asik untuk berdiskusi,” ujarnya. (tebal/sebelumnya)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button