"Garut Dinoland" fasilitas wisata unik yang disebut "Hewan Purba" atau "Dinosaurus" – dara.co.id - WisataHits
Jawa Timur

“Garut Dinoland” fasilitas wisata unik yang disebut “Hewan Purba” atau “Dinosaurus” – dara.co.id

Destinasi wisata lainnya hadir di Kabupaten Garut. Berbeda dari yang lain, tempat wisata baru ini memiliki keunikan karena mengusung tema lama bertajuk “Garut Dinoland”.

PERAWAN – Tempat wisata yang menampilkan aneka satwa purba atau dinosaurus ini terletak di Desa Cibolerang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Agus Ismail, mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Garut, khususnya Disparbud Garut, pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan masyarakat sekitar dan PT Galexia Wisata Indonesia untuk menghadirkan nuansa baru berkreasi. Sektor pariwisata di Kabupaten Garut dengan menghadirkan objek wisata edukasi yaitu Dinoland.

Garut Dinoland” Tempat wisata yang menampilkan aneka satwa purba atau dinosaurus ini terletak di Desa Cibolerang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut (Foto: Istimewa)

“Sungguh luar biasa kerjasama yang begitu sinergis sehingga selama ini Garut sudah terkenal dengan pariwisatanya. Dan sebagian besar wisata di Garut adalah wisata alam, baik itu wisata pantai, gunung, hutan, laut, air terjun dan lain sebagainya,” kata pria yang akrab disapa Agis itu, Jumat (26/8/2022).

Agis pun mengaku bersyukur karena Dinoland Garut, khususnya Garut bisa menikmati nuansa objek wisata baru bernama Dinoland, yang sebelumnya hanya ada di kota-kota besar, yakni Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta dan Jatim Park di Jawa Timur.

Ia berharap kehadiran PT Galexia Wisata Indonesia membawa Dinoland ke Garut membawa angin segar bagi Kabupaten Garut untuk menciptakan daya saing baru.

“Bagaimana kita bisa memperkaya keragaman pariwisata di Kabupaten Garut,” ujarnya.

Menurut Agis, objek wisata di Kabupaten Garut ini bisa memberikan multiplier effect, sehingga Pemkab Garut menjadikan pariwisata sebagai core business di daerahnya. Dikatakannya, pariwisata sebagai salah satu program pembangunan yang paling penting, dapat menarik pengunjung sehingga pasar dapat terbuka secara otomatis dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Orang yang berjualan tidak harus datang ke pasar, pasar datang dengan sendirinya. Yang datang kepada kita. Oleh karena itu, pemerintah daerah khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sekarang mengapresiasi atas nama kami bagaimana (Dinoland) dapat berkembang lebih jauh dan kemudian bekerjasama dengan kerjasama wisata yang sudah ada,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Komisaris PT. Galexia Wisata Indonesia, Anwar Sanusi mengatakan di era modern seperti sekarang ini, tentunya masyarakat membutuhkan tempat wisata yang dapat menjernihkan pikiran setelah memupuk rasa penat dari aktivitas sehari-hari.

“Jauh dari kehidupan sehari-hari, kami juga memberikan informasi kepada pengunjung. Dengan dukungan pemangku kepentingan terkait, diharapkan pembukaan Garut Dinoland dapat memberikan kesempatan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Anwar mengatakan selain pendidikan, pengembangan tempat wisata ini juga memiliki arti yang sangat penting dari segi ekonomi, yaitu dapat membuka peluang usaha atau lapangan kerja bagi masyarakat. Ia berharap dengan adanya Garut Dinoland dapat menarik wisatawan untuk mengetahui semua potensi wisata yang ada di Garut.

“Dan Garut Dinoland juga diharapkan menjadi kebanggaan warga Garut,” ujarnya.

Anwar juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan warga yang mendukung berdirinya Dinoland Garut.

Penerbit: Denkur

Source: www.dara.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button