Ganjar mengundang pedalaman akhir tahun, menawarkan wisata wali songo dan jip solo - WisataHits
Jawa Barat

Ganjar mengundang pedalaman akhir tahun, menawarkan wisata wali songo dan jip solo

TEMPO.CO, jakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak masyarakat untuk berwisata di dalam negeri saat libur akhir tahun atau saat liburan Natal dan Tahun Baru. Menurutnya, hal tersebut harus merevitalisasi sektor pariwisata Tanah Air sejak merebaknya pandemi Covid-19.

“Kita sedang membangun optimisme dan beberapa waktu lalu Pak Presiden mengatakan, ‘Ayo kita piknik ke pedesaan’,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Senin, 5 Desember 2022.

Ganjar bahkan mempromosikan wisata di Jawa Tengah untuk dikunjungi. Menurutnya, ada paket wisata di daerahnya yang bisa dipilih wisatawan, antara lain Wisata Religi Ziarah Walisongo, One Day Tour Solo Jeep Adventure and Shopping, dan Private Trip Gunung Merbabu.

“Saya senang diajak berdiskusi dan mempromosikan tiga provinsi di setiap provinsi sebagai destinasi wisata daerah. Pak Wisnu atau paket wisata nusantara,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, pemda bisa bekerja sama dengan daerah lain untuk menawarkan paket wisata. Misalnya, ia bekerja sama dengan Jawa Timur untuk memperkenalkan paket wisata religi ziarah Wali Songo.

“Tentu saja tidak sendiri, Jawa Tengah, tapi kami bekerjasama dengan lokasi lain. Misalnya, kami biasa mempersembahkan sunan yang ada kepada mereka yang beragama. Dari Cirebon, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur, satu paket,” kata Ganjar.

Dengan paket wisata nusantara, atau Pak Wisnu, menurut Ganjar, heboh liburan Natal dan Tahun Baru akan terasa. “Jadi menurut saya itu bagian dari kita untuk menyemangati diri jelang hari raya Nataru dan piknik di Indonesia saja,” ujarnya.

Imbauan Jokowi dan Sandiaga

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengimbau kepada pemerintah daerah untuk mengajak masyarakat berwisata di dalam negeri agar tidak terjadi defisit di sektor pariwisata. “Tolong undang masyarakat sekali lagi. Gubernur, Bupati, Wali Kota, ajak masyarakat berwisata hanya di dalam negeri,” ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno berharap pengelola pariwisata dapat memanfaatkan peluang dalam dinamika liburan Natal dan Tahun Baru yang sebentar lagi tiba, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan domestik.

Menurut Sandiaga, potensi pergerakan nasional pada libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023 sebesar 22,4 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 60,6 juta orang. Jumlah tersebut cukup besar dan perlu ditangkap oleh para pemangku kepentingan pariwisata guna menyiapkan inovasi yang dapat menarik minat wisatawan. “Kami mengarahkan destinasi wisata populer dan hub industri kreatif untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi karena situasi krisis masa lalu kini telah tergantikan dengan suasana potensi cuaca ekstrem,” ujarnya.

Baca juga: Libur akhir tahun, 5 tempat wisata ini bisa jadi pilihan

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button