Festival budaya menjadi tema utama pernikahan Kaesang dan Erina - WisataHits
Yogyakarta

Festival budaya menjadi tema utama pernikahan Kaesang dan Erina

PORTAL JOGJA – Festival budaya menjadi tema besar yang menggambarkan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Erick Thohir, dimana pernikahan ini akan menjadi salah satu upaya untuk menghidupkan kembali adat yang sudah ada di berbagai daerah di Indonesia.

“Apa yang akan kita lakukan di Pernikahan Kaesang – Erina adalah festival budaya. Kemana kita menjalin kembali pernikahan yang selama ini terbarat-baratkan, agar kita kembali pada adat kita. Jadi nanti (dalam prosesi Ngunduh Mantu Kaesang – Erina) diadakan di Loji Gandrung tempat prosesi biasa dilakukan. Sedangkan untuk Pura Mangkunegaran akan diadakan tasyakuran,” kata Erick.

Baca Juga: Kaesang Jawa dan Prosesi Pernikahan Adat Erina dan Maknanya

Rangkaian festival budaya ini dirancang untuk mengajak warga Solo terhanyut dalam keceriaan kedua mempelai.

Untuk itu, festival budaya ini berlangsung di tempat yang sering dikunjungi warga solo pada akhir pekan, dengan 9 panggung hiburan berbasis kesenian tradisional mulai dari gamelan hingga musik keroncong.

Memeriksa kesiapan salah satu lokasi festival budaya di Pasar Triwindu, Jalan Dipenogoro, Solo, Erick menunjuk lokasi arak-arakan pengantin yang akan dimulai dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran.

“Itu akan menjadikannya pesta rakyat di mana orang-orang berpartisipasi. Ini kan festival budaya, jadi Solo jadi daya tarik wisata,” ujarnya.

Erick menegaskan, budaya yang berkembang di setiap daerah, baik budaya daerah Solo maupun kota-kota di Sumatera, tidak boleh hilang, karena budaya lokal merupakan kekuatan Indonesia dalam pengembangan pariwisata. Setiap festival budaya perlu menemukan cara untuk ekonominya agar Indonesia menjadi negara budaya pop.

“Jika Korea bisa menjadi negara pop culture, kenapa kita tidak? Mayoritas warga negara kita adalah kaum muda. Generasi muda kita jangan dianggap enteng, mereka bukan ‘kalengan’, tugas kita membantu mereka,” kata Erick.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button