F1 Powerboat 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara Pariwisata semakin meningkat - WisataHits
Yogyakarta

F1 Powerboat 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara Pariwisata semakin meningkat

F1 Powerboat 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara Pariwisata semakin meningkat

SUMUTPOS.CO – Salah satu destinasi wisata andalan Indonesia, Danau Toba menjadi tuan rumah perlombaan Kejuaraan Dunia F1Powerboat (F1H2O) yang bergengsi. Agenda ini juga diyakini akan menjadi tujuan jutaan wisatawan pada tahun 2023.

“Targetnya 1,3 juta perjalanan ke Danau Toba, baik domestik maupun internasional,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Usman Kansong, dalam siaran pers di Jakarta, Kamis ( 12/1) malam.

Menurut Usman, tahun ini memang menjadi tahun penting dalam upaya Indonesia membalikkan kondisi ekonomi pasca pandemi Covid-19. “Sektor pariwisata secara khusus digalakkan melalui program unggulan ‘Bangga Berwisata di Indonesia’. Salah satu pendorongnya adalah ajang F1 Powerboat,” ujarnya.

Selain keindahan alamnya, Danau Toba umumnya menjadi andalan kehidupan masyarakat di beberapa kabupaten sekitarnya seperti Simalungun, Dairi, Karo, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Pakpak Bharat dan Humbang Hasundutan.

Oleh karena itu, pemerintah pun meyakini pengembangan kawasan Danau Toba tidak hanya akan mengharumkan nama Indonesia dengan keindahan alamnya di dunia, tetapi juga mendorong perekonomian masyarakat sekitar, terutama melalui sektor pariwisata.

Sebagai keinginan untuk memanfaatkan event internasional seperti F1H2O, Usman mengatakan pemerintah telah mendorong sekitar 30 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memasuki era Teknologi 4.0 melalui berbagai program, termasuk para pemain di sekitar Danau Toba. Mereka diharapkan bisa memanfaatkan event nasional dan internasional untuk mempromosikan berbagai keunggulan produknya.

“Itu akan kami dorong. Kami membantu mereka untuk mempromosikan produk mereka melalui media sosial misalnya, selain mempromosikan Danau Toba sendiri sebagai tujuan prioritas utama,” katanya.

Kejuaraan Dunia F1H2O di Danau Toba, Sumatera Utara dijadwalkan berlangsung pada 24-26 Februari 2023. Melalui acara ini, diyakini pariwisata Indonesia, termasuk UMKM yang terwakili di dalamnya, siap kembali ke level dunia pasca Covid-19. 19 pandemi. Oleh karena itu, seperti pada event-event sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan infrastruktur telekomunikasi, termasuk layanan komunikasi publik.

“Untuk layanan komunikasi publiknya, Kominfo bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk berkomunikasi secara internal maupun eksternal dengan berbagai media, baik televisi, media online, media sosial bahkan media luar,” kata Usnan.

Sementara soal kecepatan dan kekuatan jaringan internet misalnya, dipastikan juga akan menjadi layanan saat diadakan lomba air kelas dunia. “Selain pengunjung dan penonton, UMKM di sekitar Danau Toba tentunya akan mendapatkan keuntungan karena dapat mempromosikan hasil atau produknya bahkan hingga ke pelosok dunia sekalipun,” kata Usman.

Usman mengatakan penting untuk menyiapkan infrastruktur telekomunikasi, terutama jaringan internet 4G di lokasi acara F1H2O nanti, salah satunya, misalnya kegiatan promosi bisa datang langsung dari Danau Toba.

“Pak Luhut (Menteri Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan) sudah komunikasi dengan Menkominfo (Menkominfo Johnny G Plate) agar kita bisa menyiapkan infrastruktur telekomunikasi agar komunikasi berjalan lancar dan promosi dilakukan secara langsung bisa dari Danau Toba,” jelas Usman.

Meski demikian, Usman menekankan bagaimana mempersiapkan masyarakat termasuk UMKM khususnya di kawasan Danau Toba dan sekitarnya menjadi tuan rumah yang baik bagi tamu atau wisatawan. “Kami ingin di tingkat daerah bisa merata. Misalnya sama seperti di Bali, Jogja dan beberapa daerah di Indonesia yang sudah menjadi tujuan wisata,” kata Usman.

IMI Sumut memberikan dukungan

Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut menyambut baik F1 Power Boat (F1H20) Danau Toba yang akan digelar pada 24-26 Februari 2023. IMI siap mendukung kesuksesan sport tourism bertaraf internasional ini.

Hal itu disampaikan Ketua Pengprov IMI Sumut, H. Harun Mustafa Nasution, Jumat (13/1). Dikatakannya, IMI Sumut memiliki program untuk mendorong pengembangan objek wisata di Sumut, khususnya di kawasan sekitar Danau Toba. Harun mengungkapkan powerboat dan reli F1 memiliki potensi besar untuk menempatkan destinasi unggulan wisata Danau Toba itu di mata dunia pada ajang olahraga internasional. “Ini sudah lama kami lakukan. Baik melalui event lokal seperti Tourism Rally atau Time Rally maupun melalui event internasional seperti Lake Toba Rally 2022,” ujar Harun.

Harun mengatakan, penyelenggaraan dua putaran Kejuaraan Reli Nasional (Kejurnas) dan Asia Pacific Rally Championship (APRC) Danau Toba 2022 lalu memberikan kontribusi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata dan promosi di tingkat nasional dan internasional.

“Kita bisa melihat bagaimana event (unjuk rasa) ini akan mempromosikan pariwisata Danau Toba tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Karena pembalap dari luar negeri juga ikut Reli Danau Toba 2022 kemarin,” kata Harun didampingi Ketua Pelaksana Rudi Siregar, Sekjen Ahmad Syauki, Bendahara T Rinel, Ketua Panpel Dana Toba Rally 2022.

Harun mengatakan, ajang reli bukan hanya soal kompetisi. Namun, juga membangkitkan UMKM lokal. Baik dari segi kuliner maupun oleh-oleh yang digemari wisatawan.

“Meski Reli Danau Toba 2022 yang juga merupakan Asian Pacific Rally Championship (APRC) Putaran ke-4 dan Kejurnas Putaran ke-2 kemarin, merupakan inisiatif Anggota Dewan IMI Sumut dengan dukungan Pemprov Sumut. (Pemprov),” ujar Harun.

Harun yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sumut memperkirakan even sport tourism seperti F1H20 dan Rally dapat mendorong lebih banyak wisatawan untuk mengunjungi Danau Toba untuk menikmati keindahan alamnya di masa mendatang.

“Sementara menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Danau Toba 2023 merupakan pekerjaan pemerintah pusat dengan menerjunkan sejumlah kementerian. Kita bisa membayangkan efek positif yang akan dicapai. Baik dalam promosi pariwisata maupun ekonomi masyarakat di kawasan Danau Toba dan Sumut pada umumnya,” ujar Harun. Selain itu, lanjut Harun, IMI Sumut bersiap menggelar dua putaran APRC di tahun 2023 yang akan digelar di Danau Toba. , dengan tujuan Danau Toba akan menjadi tuan rumah World Rally Championship (WRC) yang dapat mengulang efek positif saat Sumut menjadi tuan rumah pada 1996-1997.

“Ini sebagai bentuk dukungan kami (IMI Sumut) terhadap pengembangan potensi wisata yang digagas pemerintah pusat,” jelas Harun.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Reli Danau Toba Mahyudanil mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam menggelar Reli Danau Toba 2022. Hal ini untuk memastikan suksesnya acara tersebut.

“Kami juga berterima kasih kepada Ditlantas Polda Sumut yang sangat membantu dalam menciptakan kelancaran arus lalu lintas, tidak ada kemacetan di kawasan wisata Danau Toba selama pelaksanaan kegiatan. Sehingga baik masyarakat maupun pengendara yang melintas merasakan manfaat dari Lake Toba Rally 2022 kemarin juga,” kata Mahyudanil.(jpc/gus)

Keterangan Foto: Ketua Pengprov IMI Sumut, H. Harun Mustafa Nasution (BAGUS SYAHPUTRA/SUMUT POS)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button