Danau Toba siap sukses di F1 Powerboat 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

Danau Toba siap sukses di F1 Powerboat 2023

Danau Toba siap sukses di F1 Powerboat 2023

HARIANTERBIT.com – F1 PowerBoat atau F1H20 akan berlangsung pada 24-26 Februari 2023 di Danau Toba Sumatera Utara. F1H20 adalah kejuaraan dunia kompetisi balap perahu motor terbesar di dunia, mewakili kelas balap perahu motor kelas tertinggi di level yang sama dengan Formula 1 atau Moto GP.

“Danau Toba merupakan salah satu dari lima DPSP, dengan dipilihnya Danau Toba sebagai lokasi Powerboat F1 2023 untuk memperkenalkan budaya salah satunya suku Batak,” ujar Ricky, Head of Strategic Marketing and Customer Experience Journey Wirjan , di Genposting: Ajang Perahu Motor F1, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, Rabu (25/01/2023).

Baca juga: Prabowo ke Gibran: Maju ke Jateng atau Pilkada DKI

Ricky menjelaskan, dibandingkan dengan Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP), Danau Toba sudah lama dikenal masyarakat di luar negeri juga. Sedangkan destinasi wisata lainnya seperti Mandalika merupakan destinasi wisata baru.

Ricky memperkirakan dampak ekonomi penyelenggaraan F1 Powerboat atau FIH20 World Series di Danau Toba, Sumut bisa mencapai Rp 212 miliar yang berasal dari penyerapan tenaga kerja dan akomodasi transportasi.
Infrastruktur yang dibangun di Danau Toba untuk menampung Powerboat F1 nantinya juga bisa digunakan untuk olahraga air lainnya.

“Kami telah memperhitungkan studi awal bahwa dampak ekonomi dari implementasi ini diperkirakan mencapai Rp 212 miliar untuk provinsi Sumut karena tenaga kerja yang terserap,” jelasnya.

Baca juga: Rizal Ramli dan Habib Rizieq Bertemu, Minta Elit Politik Berhenti Main-Main Soal Agama

Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Ekonomi dan Kelautan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengatakan masyarakat Indonesia patut berbangga karena bisa menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Perahu Motor.

F1 Powerboat adalah kejuaraan perahu motor utama yang diadakan di 39 negara sejak 1984. Banyak negara telah menjadi tuan rumah mereka, termasuk Italia, Prancis, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan China.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button