Gua Cerme Yogyakarta, Rasakan sensasi sungai dan air terjun di perut bumi - WisataHits
Yogyakarta

Gua Cerme Yogyakarta, Rasakan sensasi sungai dan air terjun di perut bumi

JAKARTA, iNews.id – Gua Cerme Yogyakarta merupakan gua indah yang menarik perhatian wisatawan. Gua Cerme juga memberikan perasaan seru karena sungai dan air terjunnya berada di dalam bumi.

Gua Cerme terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, dan ujungnya di Dusun Ploso, Giritirto, Panggang, Gunungkidul. Gua ini berada di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut dan memiliki panjang sekitar 1200 meter.

Gua Cerme tidak hanya memiliki stalaktit dan stalagmit yang indah, tetapi juga air terjun dan sungai bawah tanah yang mengalir di sepanjang gua dan memiliki nilai sejarah dalam perkembangan Islam di Jawa.

Selain itu, Gua Cerme secara rutin menjadi tempat wisata seperti upacara Jodhangan yang diselenggarakan oleh masyarakat Srunggo Selopamioro. Upacara ini berlangsung setiap hari Minggu di bulan besar Pahing atau Sura dalam penanggalan Jawa.

Sejarah Gua Cerme
Gua Cerme merupakan gua yang bersejarah karena sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Menurut cerita yang diyakini masyarakat, keberadaan goa ini ditemukan oleh Sunan Kalijaga. Ia menjadikan goa tersebut sebagai tempat khotbah atau ceramah, oleh karena itu goa ini dinamakan “Cerme”.

Di Gua Cerme itulah lahir ide pembangunan Masjid Agung Demak. Sejak saat itu, Gua Cerme menjadi gua yang sering dijadikan tempat meditasi untuk mencari ketenangan batin. Gua Cerme juga sudah dikenal sebagai objek wisata sejak tahun 1980-an. Selain untuk menyambut para peziarah, pecinta alam juga datang ke goa ini.

Penerbit : Ainun Najib

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button