Endang S Thohari berbagi pengetahuannya tentang pembuatan pakan ikan | RADAR BOGOR - WisataHits
Jawa Barat

Endang S Thohari berbagi pengetahuannya tentang pembuatan pakan ikan | RADAR BOGOR

RADAR BOGOR, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Komisi IV Fraksi Gerindra Wilayah III Jawa Barat, Penanggung Jawab Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, DR.Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS., M.Si., disela-sela rehat ini beliau melanjutkan sosialisasi dengan memberikan bimbingan teknis dan langsung kepada Bimbingan Teknis (Bimtek) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di The Nice Pariwisata, Kabupaten Cianjur, Selasa (19.7.202).

Dalam paparannya Hj Endang menyampaikan bahwa pembuatan pakan mandiri merupakan salah satu cara untuk menekan biaya produksi budidaya ikan.

Gerakan Mandiri Pakan (GERPARI) bertujuan untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi dengan meningkatkan efisiensi pembiayaan pakan dalam budidaya ikan.

menerima mahasiswa baru di universitas bangsa nusa bogor

“Pakan ikan mandiri berbasis bahan baku lokal dengan menumbuhkan maggot (belatung) hewan serangga Black Soldier Fly (Hermetia illucens) dengan memanfaatkan limbah sampah organik sebagai media pengembangbiakan maggot beserta bahan organik lainnya,” kata Hj. Endang.

Oleh karena itu, program pelatihan produksi pakan ikan dirancang untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada para pembudidaya sehingga mereka dapat menghitung komposisi bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi pakan ikan.

Petani mampu menghasilkan pakan dengan kandungan protein yang memenuhi kebutuhan ikan, tambahnya.

Manfaatnya, lanjut Hj. Endang, yang mengurangi biaya pakan dan membawa lebih banyak manfaat bagi petani.

Hal ini juga mengurangi biaya produksi pakan ikan menjadi sekitar 30% dari total biaya produksi, sehingga petani dapat meningkatkan keuntungan mereka hingga 20%, kata Hj. Endang.

Source: www.radarbogor.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button