Melihat Kembali Surga Di Atas Awan, Inilah Lokasi Desa Wae Rebo - WisataHits
Jawa Barat

Melihat Kembali Surga Di Atas Awan, Inilah Lokasi Desa Wae Rebo

Bogordaily.net – Desa Wae Rebo di Flores menawarkan keindahan surgawi di atas awan di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Berikut ini adalah gambaran dan lokasi Desa Wae Rebo.

Dibutuhkan sekitar 3 hingga 4 jam untuk mencapai desa ini dan menikmati pemandangan alam berupa deretan pegunungan dan 7 rumah tradisional tua berbentuk kerucut.

Desa ini juga memiliki 7 rumah adat yang menjadi ikon Wae Rebo yaitu Mbaru Niang yang berbentuk kerucut.

Di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, desa kecil ini terasa terpencil dan seolah menyatu dengan alam. Kabut sering menyelimuti desa karena desa ini terletak di lembah pegunungan yang mengelilinginya.

Sebagian besar suhu udara turun, tetapi dalam suhu dingin, Waerebo mempertahankan kehangatannya sendiri. Bukan karena sinar matahari atau kompor yang menyala, tapi karena masyarakat Wae Rebo itu sendiri.

Hamparan rerumputan hijau yang dikelilingi pegunungan berkabut juga menjadi daya tarik desa ini. Untuk membuatnya tampak ajaib tapi damai, tenang dan makmur.

Ada juga mata air dari pegunungan yang digunakan oleh penduduk desa untuk mandi, mencuci dan minum sehari-hari. Sumber sumber ini disebut Sosor, yang di antaranya ada dua jenis Sosor Pria dan Sosor Wanita.

Budaya di Wae Rebo masih kental. Yaitu, ada upacara adat yang disebut Ritus Upacara Penti. Upacara ini merupakan bentuk rasa syukur perusahaan kepada Tuhan dan arwah leluhur atas segala bentuk harapan yang diterima selama satu tahun terakhir.

Desa wisata Wae Rebo juga menawarkan berbagai kesenian seperti Rangku Alu. Permainan dan tarian ini dilakukan oleh empat orang yang memegang empat batang bambu, membentuk salib dengan tongkat dan menggerakannya. Sedangkan yang lain harus melompati celah agar tidak terjepit oleh bambu.

Lokasi Desa Wae Rebo

Dikutip dari siaran resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Desa Wisata Wae Rebo terletak di pegunungan terpencil di Desa Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button