Endah Laras membawa keroncong ke dunia dan mendapat penghargaan dari HIPMI Solo - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Endah Laras membawa keroncong ke dunia dan mendapat penghargaan dari HIPMI Solo – Solopos.com

Endah Laras membawa keroncong ke dunia dan mendapat penghargaan dari HIPMI Solo – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pengurus Besar Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Cabang Solo memberikan penghargaan kepada seniman keroncong Endah Laras, Selasa (31/01/2023). (HIPMI Istimewa/Solo).

Solopos.com, SOLO — Pengurus Besar Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Cabang Solo mengakui seniman Keroncong Endah Laras sebagai sosok inspiratif dalam seni atas kiprahnya dalam membawa musik tradisional ke dunia internasional.

Penghargaan tersebut diserahkan Selasa (31/1/2023) langsung oleh Ketua Umum HIPMI Solo, Guruh Adi Novianto, beserta jajarannya di Kediaman Endah Laras, Gatak, Sukoharjo.

Special Offers Penawaran spesial yang menarik, menginap di Loa Living Solo New Bisa nonton Netflix sepuasnya!

Guruh melihat Endah Laras sebagai sosok multitalenta yang patut dibanggakan, khususnya masyarakat Solo. Menurutnya, kegigihan seniman tradisi di tengah era saat ini patut mendapat pengakuan.

“Bentuk apresiasi HIPMI Solo adalah memberikan penghargaan kepada Ibu Endah Laras yang sangat menginspirasi kita sebagai anak muda,” kata Guruh usai acara penyerahan penghargaan.

Pos tunggal EMagz

“Dia adalah seorang seniman, seniman, penyanyi, terutama dalam musik tradisional. Dan untuk membawa keroncong tidak hanya lokal tapi juga nasional bahkan internasional,” lanjutnya.

Selain penyerahan penghargaan, HIPMI solo mengundang Endah Laras untuk menjadi tamu di ajang IX. Konferensi Industri (Muscab) digelar pada Sabtu (2/4/2023) di The Sunan Hotel Solo.

Sementara itu, Endah Laras mengaku senang menerima penghargaan yang dipersembahkan oleh HIPMI Solo. Ia yakin momentum ini bisa mengobarkan semangatnya untuk terus berkarya di bidang seni.

“Saya merasa beruntung, terharu dan bangga menerima apresiasi ini. Dan itu menjadi penyemangat, cambuk bagi saya untuk terus berkarya,” kata Endah Laras dikutip dari keterangan yang dikirim ke media, Rabu (2/1/2023).

Endah Laras berharap dapat memenuhi misi melestarikan budaya dan terus menyebarkan energi positif kepada penikmat seni. “Khususnya generasi muda yang ingin belajar, menghargai dan juga belajar tentang budaya,” pungkasnya.

Solopos interaktif

Selama berkarier sebagai penyanyi profesional, Endah Laras antara lain telah merilis 12 album Kewalahan oleh kelucuan (1996), Jangkrik Genggong (1997), Lela Ledhung (1997), kecubung (1998), Lega (1998) dan Keroncong Koe (2010).

Kegigihan Endah Laras di bidang musik tradisional juga telah membawanya ke kancah internasional, seperti mengunjungi beberapa negara Asia, Amerika, dan Eropa pada World Economic Forum 2016 di Davos, Swiss.

Sebelumnya, HIPMI Solo juga menganugerahkan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X dengan penghargaan Tokoh Inspiratif.

Pasalnya, raja yang akrab dipanggil Gusti Bhre ini berhasil menjadikan Pura Mangkunegaran sebagai destinasi wisata paling ramai dikunjungi dan viral di tahun 2022.

Rencananya HIPMI Solo akan memberikan penghargaan kepada Kaesang Pangarep atas keberhasilannya naik tahta klub sepak bola Persis Solo di Liga 1 dalam waktu dekat.

iklan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button