Gili Ketapang, tempat terbaik untuk pecinta snorkeling di Probolinggo - WisataHits
wisatahits

Gili Ketapang, tempat terbaik untuk pecinta snorkeling di Probolinggo

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp2.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Gili Ketapang, Sapia, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Gili Ketapang merupakan kawasan wisata berupa pulau di sekitar Laut Utara Kabupaten Probolinggo. Saat mengunjungi tempat wisata ini, Anda akan dimanjakan dengan panorama keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan, yaitu keindahan bebatuan karang dan berbagai bentuk biota laut yang luar biasa indahnya.

Selain terkenal dengan keindahan bawah lautnya, tempat wisata ini juga memiliki keindahan lain yang tidak kalah menarik. Keindahannya misalnya keberadaan pasir putih yang membentang di kawasan pesisir pulau. Ditambah dengan indahnya hamparan laut dengan warna biru muda yang bisa memanjakan mata.

Tempat wisata Gili Ketapang ini sangat cocok menjadi pilihan tempat liburan yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, teman atau pasangan. Ombak di kawasan pantai pulau ini juga cukup tenang, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keselamatan saat berenang atau bermain di laut di kawasan ini.

Atraksi Gili Ketapang

Aktivitas di Gili KetapangKredit gambar: Hanya Google Maps Masta

1. Keindahan pemandangan pantai pulau

Terletak di kawasan Pulau Gili Ketapang, Anda bisa menikmati keindahan pemandangan pantai di tempat ini. Pulau ini memiliki pesona pasir putih yang tidak hanya indah tetapi juga lembut dan halus, karena area di sini sangat bersih. Maka tidak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk berlibur di tempat ini.

Tidak hanya hamparan pasir putihnya yang indah, namun luasnya laut biru yang muncul juga menambah keindahan kawasan wisata ini. Pastikan mengabadikan momen dengan berfoto di kawasan wisata ini, karena sayang sekali jika melewatkan keindahan di sini.

2. Keindahan dunia bawah laut

Tak hanya hamparan pasir putih dan lautan yang memiliki keindahan yang luar biasa. Tempat wisata ini juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang terdapat disini.

Berbagai jenis ikan dan tumbuhan laut yang lucu dan cantik dengan warna yang unik bisa Anda nikmati sambil menjelajah dan menyelam di area bawah laut tempat ini. Selain itu, keindahan terumbu karang yang menampung berbagai ikan kecil juga memiliki pesona yang sangat indah.

Jika Anda pernah melihat film Finding Nemo, Anda pasti tahu ikan Nemo yang menjadi tokoh dalam film tersebut. Anda bisa langsung bertemu dengan ikan badut yang berperan sebagai Nemo sambil menjelajahi kawasan bawah laut kawasan wisata ini.

3. Gelombang Tenang

Daya tarik Gili Ketapang selanjutnya adalah ombak laut yang relatif tenang. Hal ini dikarenakan pulau ini terletak di antara deretan pantai selatan Jawa yang memang sudah terkenal dengan ombaknya yang tenang. Dengan ombak yang tenang ini, Anda akan merasa lebih bebas dan aman saat bermain air atau berenang di pantai pulau ini.

Selain itu, karena ombaknya yang cukup tenang, kawasan bawah lautnya memiliki keindahan alam yang memukau berupa terumbu karang dan biota laut yang beragam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gili KetapangKredit gambar: Google Maps Fanta Dhea

Gili Ketapang adalah sebuah pulau sekaligus desa kecil yang memiliki luas sekitar 70 hektar. Kawasan wisata pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Akses jalan yang akan Anda tempuh untuk menuju ke tempat wisata ini cukup mudah dan tidak akan memakan banyak energi. Ada dua rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju tempat wisata ini. Jika Anda memulai perjalanan dari Surabaya, Malang atau sekitarnya, Anda dapat mengambil jalan menuju Probolinggo melalui Kabupaten Pasuruan.

Begitu sampai di Probolinggo, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menuju ke Jalan Pantura. Jalan ini akan membawa Anda ke Pelabuhan Tembaga. Dari pelabuhan ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menyeberangi lautan dengan perahu dan tiba di kawasan Pulau Gili Ketapang.

Dan jika Anda datang dari Jember, Lumajang atau sekitarnya, Anda bisa mengambil jalan menuju pusat kota atau Alun-Alun Probolinggo. Kemudian Anda dapat menuju ke utara sampai Anda tiba di Pelabuhan Tembaga.

Waktu tempuh yang akan Anda lalui kurang lebih dua hingga tiga jam menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Selain itu, untuk saat ini Anda dapat memanfaatkan jalan tol yang tersedia untuk tujuan Probolinggo Barat yang hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau Gili KetapangKredit gambar: Google Maps Rio Wija

Untuk masuk ke kawasan wisata Gili Ketapang tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, saat melewati pelabuhan tersebut, Anda harus membayar biaya yang masih sangat murah, yakni hanya Rp 2.000 per orang. Sedangkan untuk menyeberangi lautan dari pelabuhan menuju lokasi pulau, Anda akan dikenakan biaya Rp 20.000.

Biaya lain di kawasan wisata ini adalah biaya parkir kendaraan Anda di pelabuhan. Biaya yang dikenakan untuk parkir mobil ini diperkirakan hanya Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Jika Anda ingin menikmati keindahan pulau ini secara berkelompok, baik bersama keluarga atau teman, disarankan untuk menggunakan perjalanan yang terorganisir. Dengan menggunakan paket wisata yang tersedia di sini, Anda dapat menekan pengeluaran dengan memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Paket liburan di sini tersedia mulai dari Rs 95.000 hingga Rs 150.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Gili Ketapang

Aktivitas di Gili KetapangKredit gambar: Google Maps frans sinatra

1. Berkemah sambil menikmati keindahan matahari terbenam

Saat berkemah di kawasan Pulau Gili Ketapang, Anda bisa merasakan berbagai pengalaman yang tentunya sangat seru. Sambil menunggu sore hari, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang begitu indah di kawasan pulau ini. Warna langit yang jingga berpadu dengan hamparan laut biru yang memantulkan warna langit terlihat begitu eksotis.

Anda bisa membangun tenda di pinggiran pantai yang indah dan menikmati indahnya matahari sore. Jika Anda tidak ingin repot membawa perlengkapan camping, Anda bisa menyewanya dari rental perlengkapan camping yang tersedia di lokasi ini.

2. Jelajahi area pulau

Aktivitas menanjak selanjutnya yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata ini adalah, jika Anda mudah bosan hanya dengan satu spot pemandangan saja. Anda dapat melakukan aktivitas di sepanjang area pulau, karena pulau ini memiliki area yang cukup luas.

Bahkan di sini juga terdapat gua bernama Gua Kucing yang bisa Anda temukan di kawasan pulau ini. Kegiatan ini pasti akan menambah keseruan liburan dengan menikmati keindahan pulau dari sudut yang berbeda.

3. Snorkeling

Aktivitas menarik di Gili KetapangKredit gambar: Google Maps Agung Nugraha

Berwisata ke Pulau Gili Ketapang rasanya kurang tepat jika belum melakukan aktivitas snorkeling. Karena kawasan bawah laut tempat ini memiliki keindahan yang sangat menawan dan eksotis. Anda dapat menjelajahi keindahan bawah laut ini dengan menyelam atau snorkeling.

Keindahan terumbu karang dan berbagai hewan laut berupa ikan-ikan kecil di kawasan bawah laut zona ini begitu menakjubkan.

Apalagi di area bawah laut tempat ini juga terdapat berbagai spot foto menarik yang dibuat oleh warga sekitar tanpa mengganggu berbagai biota laut yang ada. Spot foto tersebut misalnya spot foto dengan tulisan balok berupa “kapan masih mau ke Gili”.

4. Buat video sinematik

Jika Anda ingin mendokumentasikan liburan Anda di Gili Ketapang, Anda bisa memanfaatkan jasa beberapa pihak yang menawarkan produksi video sinematik di lokasi wisata ini. Video ini dibuat dengan menggunakan teknologi mutakhir berupa perekam drone.

Untuk bisa mendapatkan layanan ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 500.000 yang sudah termasuk dji phantom drone, dslr, drone pilot, professional editor, cinematographer, original files, serta movie files. edition selama youtube dan instagram.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di dekat Pulau Gili KetapangKredit gambar: Google Maps Bee Jay Bakau Resort

1. Resor Bee Jay Bakau

Hotel bintang 4 ini dilengkapi dengan berbagai spot menarik untuk berfoto. Selain itu, pada malam hari Anda dapat melihat pemandangan indah dari berbagai warna lampu di beberapa sudut di luar hotel ini. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, mulai dari parkir, sarapan pagi dan wifi gratis, kafe hingga kolam renang juga tersedia di sini.

2. Rumah Syariah Wahidin

Hostel ini menikmati lokasi yang strategis, hanya sekitar 2 km dari stasiun kereta api Probolinggo dan hanya 3 km dari taman wisata studi lingkungan. Bisa dikatakan kamar yang tersedia di hostel ini tergolong standar, namun tidak mengurangi keindahannya. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain wifi, restoran, ruang permainan dan lain-lain.

3. pendamping homestay OYO 1316

Hostel bergaya modern dan santai ini terletak di Gang Hijah. Meski hostel sederhana, fasilitas yang tersedia di sini cukup memenuhi semua kebutuhan pengunjung. Beberapa di antaranya adalah area parkir kendaraan, wifi gratis, AC dan masih banyak fasilitas lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Gili KetapangKredit gambar: Google Maps N3Y

Mengunjungi tempat-tempat wisata yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap tentunya akan dapat mendukung berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di tempat-tempat wisata tersebut. Di tempat wisata Gili Ketapang sendiri terdapat beberapa sarana dan prasarana yang bisa disebut cukup lengkap.

Fasilitas tersebut mulai dari area parkir kendaraan, toilet umum yang bersih, hingga berbagai spot menarik untuk dijadikan spot foto. Selain itu, ada juga beberapa warung makan yang terletak di sekitar pantai. Anda bisa mampir ke warung-warung ini untuk menghilangkan rasa lapar.

Karena objek wisata pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa, maka ada fasilitas persewaan yang menyediakan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk kegiatan snorkeling. Dengan fasilitas ini, Anda tidak perlu lagi membawa peralatan snorkeling jika ingin menjelajahi dan menikmati segala keindahan bawah laut pulau ini.

Berkunjung ke Gili Ketapang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang hobi snorkeling. Sebab, di tempat wisata ini Anda bisa melihat terumbu karang yang indah yang berasosiasi dengan berbagai biota laut yang semakin menambah keindahan bawah lautnya. Tempat ini tentunya bisa menjadi daftar wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Probolinggo.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button