Dukungan sekolah diperlukan untuk pelaksanaan proyek Indonesia Pintar: KSP - WisataHits
Jawa Timur

Dukungan sekolah diperlukan untuk pelaksanaan proyek Indonesia Pintar: KSP

Kebijakan ini tertanam kuat dalam kebijakan dan rencana. KSP menyambut baik kesempatan ini untuk bekerja sama

JAKARTA (ANTARA) – Wakil Staf Presiden (KSP) V Jaleswari Pramodawardani menyambut baik peluang kerja sama kemanusiaan antara Pemerintah Indonesia dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

Pramodawardani menyoroti pentingnya kolaborasi multi-stakeholder dalam memberikan jaminan keamanan dan bantuan kemanusiaan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk melindungi warganya.

Menurut siaran pers yang diterima pada hari Jumat, Pramodawardani mengatakan pada pertemuan dengan ICRC pada hari Kamis bahwa nilai-nilai dan semangat kerja kemanusiaan telah menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo.

“Arah ini jelas tertanam dalam kebijakan dan program seperti moderasi beragama, pembangunan kesejahteraan dan pembangunan yang berpusat di Indonesia. KSP menyambut baik kesempatan kerja sama ini,” ujarnya.

Berita Terkait: KSP tekankan pentingnya ketahanan pangan di setiap daerah

Menurut Pramodawardani, Indonesia Timur, khususnya wilayah Papua, akan menjadi peluang kerjasama strategis dengan norma-norma yang mendukung percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat, sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan ICRC.

Ia menjelaskan, ICRC saat ini fokus pada empat wilayah kerja di Indonesia: Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Kelompok ini bekerja sama dengan kementerian dan lembaga seperti Kementerian Kesehatan, khususnya pada vaksin Covid-19.

Dia menekankan bahwa ICRC terus mendukung pemerintah dalam menanggapi bencana dan konflik kemanusiaan dan efektivitasnya sudah lama tertunda.

Deputi menilai pertemuan dengan ICRC akan menjadi titik awal untuk mengembangkan kerjasama, khususnya di wilayah Papua, yang akan dibahas lebih lanjut dalam pertemuan khusus nanti.

Berita Terkait: KSP menggarisbawahi pentingnya mewujudkan ekosistem Halal

Disebutkan bahwa ICRC adalah organisasi netral dan independen yang bergerak di bidang kemanusiaan, menghormati hukum humaniter internasional yang telah ada di Indonesia sejak tahun 1942.

Ia mencatat bahwa ICRC secara aktif berbicara tentang mitra strategis KSP di bidang nilai-nilai kemanusiaan adat di Indonesia.

Ketua Delegasi Regional ICRC untuk Indonesia dan Timor-Leste, Alexandre Fait, mengatakan sebagian besar kiprah partainya pada nilai-nilai kemanusiaan sejalan dengan apa yang telah dilakukan KSP selama ini. Untuk itu, dia menilai perlu mengkaji kemungkinan kerjasama.

Berita Terkait: Departemen Perdagangan Percepat Distribusi Minyak: KSP

Ia mengatakan ICRC sering bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara (Polri) dan Kementerian Kesehatan dalam pekerjaan kemanusiaan, terutama dalam mendukung bencana dan proyek sosial lainnya. Topik seperti program vaksinasi dan peningkatan kapasitas PMI di bidang kemanusiaan.

Berita Terkait: Saatnya Lulus UU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga: KSP

Berita Terkait: KSP tekankan peningkatan akses SIM bagi penyandang disabilitas

Source: mediautama.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button