Sampah meletup di Malioboro Yogya usai perayaan Tahun Baru, diangkut dengan truk 4 yard - WisataHits
Yogyakarta

Sampah meletup di Malioboro Yogya usai perayaan Tahun Baru, diangkut dengan truk 4 yard

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Yogyakarta (Pemkot) menyiapkan 4 truk sampah untuk mengangkut sampah di sepanjang Jalan Malioboro usai perayaan Tahun Baru.

Jalan Malioboro hingga titik nol kilometer di kota Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang digunakan oleh warga kota Yogyakarta dan juga wisatawan untuk menghabiskan akhir tahun 2022.

pemantauan Kompas.comKawasan kilometer nol menjadi lautan manusia, mereka duduk di zona pejalan kaki hingga meluap di pinggir jalan.

Baca Juga: Libur Tahun Baru 2023, Kapolda Jateng Himbau Warga Hindari Wisata Air

Warga sekitar yang duduk di trotoar biasanya menggunakan alas plastik, sehingga diperkirakan sampah akan menumpuk setelah perayaan tahun baru.

Penjabat (pj) Walikota Yogyakarta Sumadi mengatakan, sampah tersebut akan diangkut sepanjang Jalan Malioboro dengan menggunakan 4 truk sampah.

“Wah tidak dihitung ton, tapi di sepanjang Jalan Malioboro akan kita operasikan 4 truk pengangkut sampah”, Sabtu (31/1/2022).


Ia menambahkan, pada 1 Januari 2023, Pemerintah Kota Yogyakarta mengeluarkan peraturan larangan pembuangan sampah anorganik. Namun, saat ini menurutnya akan sulit memisahkan sampah setelah perayaan tahun baru.

“Kalau ini (limbah tahun baru) tidak memungkinkan, kita mulai dari rumah tangga. Kalau tidak disortir, tidak bisa dibuang,” katanya.

Baca Juga: Review People Point Malam Tahun Baru, Ridwan Kamil: Jaga Kebersihan, Jangan Halangi Pejalan Kaki

Sebelumnya, ribuan warga memadati kawasan Titik Nol Kota Yogyakarta untuk menunggu pergantian tahun.

Untuk mencegah pencopet dan komplotan di malam tahun baru, Polda DIY telah membentuk Satuan Tugas Penegakan Hukum (Gakkum).

Kapolres Yogyakarta Kombes Pol Idham Mahdi mengatakan, kondisi lalu lintas dan pergerakan masyarakat di sekitar Tugu Pal Putih, Malioboro, dan Keraton (Gumaton) saat ini masih terkendali.

Namun, karena banyaknya wisatawan yang datang ke Malioboro, Polda DIY mengantisipasi tindakan kriminalitas dengan menerjunkan Satgas Gakkum.

“Untuk mengantisipasi pencopetan, pendendam dan kejahatan lainnya, kami telah menerjunkan satgas gakum ke beberapa titik rawan dan jika tertangkap basah akan menindak,” ujarnya saat berpidato di Oemoem One March Attack di Mobumen, Kota Yogyakarta. Sabtu (31/12/2022).

Dikatakannya, ada beberapa tempat ramai di Kota Yogyakarta pada malam pergantian tahun, seperti Stadion Gumaton dan Stadion Mandala Krida.

“Jadi kebiasaan dan sering terjadi di beberapa titik seperti Tugu, Titik Nol dan Mandala Krida balap jalanan Ini akan menjadi tempat keramaian dan keramaian,” katanya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button