Kedalaman Capai 9 Meter, Waduk Cengklik Jadi Andalan Irigasi dan Wisata Boyolali - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Kedalaman Capai 9 Meter, Waduk Cengklik Jadi Andalan Irigasi dan Wisata Boyolali – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Warga setempat menyaksikan matahari terbenam di Waduk Cengklik, Ngemplak, Boyolali, yang memiliki kedalaman 9,10 meter, Rabu (17/07/2013). Saat bulan puasa, Waduk Cengklik dipadati pengunjung menikmati suasana sore sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Solopos.com, BOYOLALI – Dengan kedalaman hampir 9,10 meter, Waduk Cengklik di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Boyolali menjadi andalan wisata pertanian Boyolali.

Tak hanya sedalam hingga sembilan meter, Waduk Cengklik Boyolali juga memiliki luas hampir 306 hektar.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Saking luasnya, tiga desa harus dibebaskan selama proses pembuatannya, yakni Desa Senthing, Kecamatan Sambi, Desa Ngargorejo dan Sobokerto, Kecamatan Ngemplak.

Dikutip dari situs resmi visitjawateng.jatengprov.go.idWaduk seluas 300 hektar ini memiliki sejarah panjang terkait dengan pemerintahan Belanda.

Waduk Cengklik dibangun pada masa penjajahan Belanda dan Candi Mangkunegaran antara tahun 1926-1928.

Baca Juga: Ini Harga Tiket dan Wahana Wisata Waduk Cengklik Park (WCP) Boyolali

Karya mahasiswa berjudul teknik sipil UNS Evaluasi kinerja waduk Cengklik dalam memenuhi kebutuhan pada tahun 2021 disebutkan bahwa tujuan utama Waduk Cengklik adalah untuk memenuhi kebutuhan air perkebunan tebu dan Pabrik Gula Colomadu.

Berdasarkan informasi dari uji geologi yang dilakukan, waduk ini terletak di tengah-tengah 3 gunung api yakni Merapi, Merbabu dan Lawu.

Waduk Cengklik, dengan kedalaman lebih dari 9 meter, memiliki tanah lanau dan lempung di sekitar lokasi. Waduk Cengklik melayani lahan irigasi seluas 1.578 ha dengan daerah tangkapan air (DAS) kurang lebih 10,69 km2.

Secara umum kawasan Waduk Cengklik beriklim tropis dengan 2 musim yaitu hujan dan kemarau.

Peneliti mengatakan Waduk Cengklik saat ini mengalami penurunan kapasitas air, salah satunya akibat munculnya sedimen berat yang diperkirakan mencapai 8,5 juta meter kubik.

Baca Juga : WISATA DI KAWASAN WADUK TENGKLIK

Seiring waktu, Waduk Cengklik Boyolali dengan kedalaman lebih dari 9 meter memiliki fungsi lain yaitu pengairan, perikanan dan pariwisata.

Waduk Cengklik tentunya menjadi salah satu destinasi wisata andalan. Lokasi sangat strategis, dekat dengan Bandara Adi Soemarmo, Asrama Haji Donohudan, lapangan golf dan kota Solo.

Bahkan, Waduk Cengklik mendapatkan pengakuan dari sudut pandang wisatawan. Salah satunya setelah adanya wahana baru Waduk Taman Cengklik.

Waduk Taman Cengklik menawarkan sensasi wisata baru di kompleks daerah irigasi yang cukup dalam dan juga menikmati senja senja.

Baca Juga: WISATA WADUK CENGKLIK: Disparta serahkan Rp 2,2 miliar ke pusat

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button